Latest Posts

warna daging segar yang baik

Warna Daging segar


Warna daging menjadi salah satu kriteria penilaian konsumen untuk membeli daging.
Warna daging segar
Warna daging segar
Selain itu, warna daging menjadi salah satu kriteria kualitas daging yang ditentukan industri daging atau asosiasi.
daging merah dan daging putih
daging merah dan daging putih


Daging dalam pengertian teknis sehari-hari adalah otot dari hewan sehat yang disembelih dan layak dikonsumsi manusia.
warna daging merah yang segar
daging merah segar
Warna daging ditentukan terutama oleh kandungan dan reaksi yang terjadi pada mioglobin (zat warna daging yang mirip dengan hemoglobin dalam darah). Status mioglobin antara lain dipengaruhi oleh oksigen, pH daging, pemanasan, dan adanya zat atau senyawa lain yang dapat berikatan dengan mioglobin.

Warna daging setiap jenis hewan pun bervariasi. Selain itu, warna daging juga dipengaruhi oleh umur hewan, jenis otot, dan beban kerja otot. Secara umum, warna daging dikategorikan menjadi "daging gelap/ merah"(dark meat) dan "daging putih"(daging putih).

daging ayam merupakan contoh daging putih
daging ayam merupakan contoh daging putih

Daging gelap biasanya berkaitan dengan fungsi otot yang banyak bergerak dan sebaliknya. Sebagai contoh, daging paha ayam berwarna lebih gelap dibandingkan dengan daging dada ayam, sehingga daging paha ayam dikategorikan sebagai daging gelap sedangkan daging dada ayam sebagai daging putih.
baca juga proses kerusakan telur
proses-pasteurisasi-pada-susu-cair-uht
bangsa-bebek-atau-itik-lokal-indoensia

Daging sapi berwarna merah terang (bright cherry red), daging kerbau berwarna merah agak gelap (dark red), daging babi berwarna merah muda keabu-abuan (greyish pink), daging kambing dan domba berwarna merah terang hingga merah bata (light red to brick red), dan daging ayam berwarna mirip daging babi tetapi agak terang hingga merah (grey white to dull red).
proses mioglobin pada daging
mioglobin pada daging
Daging yang berwarna gelap biasanya dinilai konsumen sebagai daging yang sudah lama. Daging sapi yang baru disembelih terlihat berwarna merah gelap, namun beberapa menit kemudian (20-30 menit setelah penyembelihan dan terpapar oleh udara) maka warna daging menjadi merah cerah. Hal tersebut terkait dengan reaksi antara oksigen dan mioglobin otot. Reaksinya dikenal sebagai oksigenasi dan status mioglobin menjadi oksimioglobin.

Beberapa jam setelah penyembelihan atau bila daging dikemas (tertutup) maka warna permukaan daging menjadi merah kecoklatan. Hal ini karena terjadinya reaksi oksidasi pada oksimioglobin. Status mioglobin yang teroksidasi menjadi metmioglobin.
Chroma Meter untuk membedakan warna daging
Chroma Meter.

Untuk membuktikan apakah daging yang berwarna merah kecoklatan tersebut masih segar, maka sayatlah permukaan daging dan lihat bagian dalamnya apakah warna daging masih merah segar.
Warna daging dapat dinilai menggunakan kartu warna atau dengan alat Chroma Meter.




Mas Ely
Ely setiawan asal banyumas, seorang mahasiswa peternakan, pemilik blog elysetiawan.com dan elyjawa.blogspot.com

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter