TERHINDAR DARI SIFAT BENCI DAN DENDAM

Apa itu dendam dan kebencian

elysetiawan.com Apa itu dendam? mengapa kita ingin balas dendam ? Dendam adalah suatu keinginan keras untuk membalas kejahatan orang lain.
mengatasi benci dan dendam dalam islam
mengatasi benci dan dendam dalam islam
Jika Seseorang menyimpan dendam terhadap orang lain biasanya dia akan menginginkan orang lain merasakan seperti apa yang ia rasakan. sedangkan kebencian adalah  merupakan emosi yang sangat kuat dan melambangkan ketidaksukaan, permusuhan, atau antipati untuk seseorang, sebuah hal, barang, atau fenomena. Hal ini juga merupakan sebuah keinginan untuk, menghindari, menghancurkan atau menghilangkannya.
balas dendam
balas dendam

dalam islam kita tidak bloeh mempunyai rasa dendam, terutama sesama manusia. Lalu, Bagaimana Cara Agar Terhindar Dari Benci Dan Dendam? berikut adalah caranya.

 Cara Agar Terhindar Dari Benci Dan Dendam

Allah Ta'ala Berfirman dalam al-quran  :
"Hai manusia, sesungguhnya telah datang kepadamu pelajaran dari Tuhanmu dan penyembuh bagi penyakit-penyakit (yang berada) dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang-orang yang beriman. (QS. Yunus: 57).

menjauhi sifat benci
menjauhi sifat benci
Saudaraku, di dalam Ayat ini sudah jelas bahwa Allah menyebut Al-Quran sebagai,
• Mau’idzah (nasehat) dari Rabb kita
• Syifa’ (penyembuh) bagi penyakit hati
• Huda (sumber petunjuk)
• Rahmat bagi orang yang beriman.

Di dalam ayat ini juga disebutkan Penyakit dalam dada apa maksudnya. Didalam dada kita itu ada ego dan emosi, ada nafsu-nafsu kita. Dari nafsu-nafsu kita inilah akan dapat muncul berbagai penyakit.

Nafsu ingin dihargai oleh orang lain secara berlebih akan muncul mudah tersinggung, sakit hati, marah/ngomel jika nasehatnya tidak didengar, kita marah kalau orang lain menganggap kita kurang pandai, marah jika pendapatnya/usul/sarannya tidak dipakai, dari hal itu munculah rasa benci dan dendam.

Cobalah kita cermati lebih jauh, jika ego dan emosi kita tidak dikendalikan, maka kita akan merugi.
Padahal sudah jelas bahwa Allah menyebut Al-Qur’an sebagai Obat/penyembuh maksudnya jika kita pelajari dengan benar dan kita ikuti petunjuk-petunjuknya maka insya Allah kita terhindar dari penyakit yang awalnya dari ego dan emosi seperti benci dan dendam.

Banyak petunjuk dalam Al-Qur’an yang sering kita lupakan, seperti :
• Jadilah engkau pemaaf (Al-A’raaf :199), (Asy-Syura : 40)
• Perbanyak Berdzikir (Ar-Ra'd : 28)
• Bersabar (Al-Baqarah : 153)
• Ikhlas Dan Tawakal (Al-Falaq :1-5)
• Berprasangka Baik (Al-Hujuraat : 12)

Dan Cara terbaik untuk melupakan  balas dendam dalam Islam adalah dengan menjadi seseorang yang berjiwa pemaaf dan penyabar.
“Dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan“. (Quran Surat Ali Imran:134)

Di dalam Al-Qur’an, tertulis sifat menahan marah kemudian baru memaafkan, “Orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang”. Yakni memaafkan diletakan setelah menahan marah dikarenakan orang yang tak mampu menahan marah tak mungkin dapat memaafkan. Tapi bagi orang yang mampu menahan marah maka ada peluang untuk memaafkan. Seseorang itu tidak cukup hanya sekedar menahan marah saja sebab orang yang menahan marah belum tentu memaafkan.
Semoga Bermanfaat..

0 Response to "TERHINDAR DARI SIFAT BENCI DAN DENDAM"

Post a Comment

silakan berkomentar dengan sopan yah :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel