Prinsip One Health dalam Keamanan bahan Pangan peternakan

Prinsip One Health

Elysetiawan.com Prinsip One Health dalam Keamanan Pangan Kesehatan manusia dan hewan sangat dipengaruhi oleh kesehatan dan keamanan pangan (manusia) dan pakan (hewan) yang dikonsumsinya. Oleh sebab itu, keamanan pangan sangat esensial dalam penyediaan pangan untuk konsumsi manusia. Begitu pula keamanan pakan untuk hewan (ternak) perlu mendapat perhatian.
Prinsip One Health dalam Keamanan Pangan
Prinsip One Health dalam Keamanan Pangan

Pakan hewan yang mengandung aflatoksin 

Pakan hewan yang mengandung aflatoksin(racun yang dihasilkan oleh kapang atau dikenal mikotoksin) akan mempengaruhi kesehatan hewan dan keamanan produk hewan yang nantinys akan dikonsumsi manusia.
contoh pakan mengandung aflatoksin atau racun
contoh pakan mengandung aflatoksin atau racun
Selain itu, bakteri Salmonella pada pakan juga akan terbawa ke produk hewannya.

Konsep One Health

Konsep One Health kali pertama dimunculkan pada simposium yang diselenggarakan The Wildlife Concervation Society pada tahun 2004 yang mendiskusikan tentang penyakit-penyakit antara manusia, satwa liar, dan populasi hewan domestik.
contoh daging mengandung aflatoksin atau racun
contoh daging mengandung aflatoksin
 Simposium ini menghasilkan suatu prioritas dengan pendekatan internasional dan interdisiplin untuk memerangi secara bersama ancaman kesehatan manusia dan hewan.

 Definisi One Health

 Definisi One Health adalah usaha kolaborasi dari berbagai disiplin ilmu kesehatan, bersama dengan disiplin ilmu dan institusi yang terkait - bekerja lokal, nasional, dan global - untuk mewujudkan kesehatan manusia, hewan domestik, satwa liar, tumbuhan, dan lingkungan kita secara optimal. Intinya adalah kolaborasi berbagai disiplin ilmu yang bekerja lokal, nasional, dan global untuk mewujudkan kesehatan.
konsep One Health bahan pangan asal peternakan
konsep One Health bahan pangan asal peternakan

Mengingat keamanan pangan sangat esensial dalam mewujudkan kesehatan manusia, maka kolaborasi berbagai disiplin ilmu dan instansi yang terkait sangat penting. Konsep safe from farm to table  tentunya perlu kolaborasi yang harmonis dan berkelanjutan. Beberapa disiplin ilmu yang terkait keamanan pangan misalnya teknologi pangan, gizi, kedokteran, kedokteran hewan, farmasi, pertanian, peternakan, perikanan, sosial ekonomi, dan antropologi.

Sudah saatnya kita tidak selalu berpikir ego sektor dan disiplin ilmu tertentu. Dengan kolaborasi kita dapat mewujudkan keamanan pangan. Sekalipun „mungkin“ kata kolaborasi mudah ditulis dan sulit dipraktikkan, namun perlu dimulai dan dicoba.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Prinsip One Health dalam Keamanan bahan Pangan peternakan"

Post a Comment

silakan berkomentar dengan sopan yah :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel