pengertian Pangan Asal Hewan (Food of Animal Origin)

Pangan Asal Hewan (Food of Animal Origin)

Elysetiawan.com Daging, telur dan susu merupakan bahan pangan asal hewan yang berkualitas tinggi karena mengandung protein yang tersusun dari asam amino essensial yaitu asam amino yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh ataupun tidak dapat digantikan oleh sumber makan lain atau protein nabati.
bahan pangan sehat
bahan pangan sehat

pangan asal hewan dibutuhkan manusia sebagai sumber protein hewani yang didapat dari susu, daging dan telur. Protein hewani merupakan zat yang penting bagi tubuh manusia karena mengandung asam amino yang berguna untuk meningkatkan metabolisme tubuh serta pembakaran energi
bahan pangan asal hewan
bahan pangan asal hewan
 namun demikian Pangan asal hewan memiliki potensi mengandung bahaya biologis, kimia, dan atau fisik yang dapat mengganggu kesehatan manusia. Pangan asal hewan juga dapat membawa kuman penyebab penyakit hewan (bakteri, protozoa, protozoa) dan prion yang dapat menular ke manusia atau yang dikenal dengan zoonosis, antara lain antraks, salmonelosis, bruselosis, toksoplasmosis,
sistiserkosis, dan sapi gila (bovine spongioform encephalopathy) yang disebabkan oleh prion.

data bahan pangan asal hewan menurut WHO

Menurut WHO, sekitar 75% penyakit-penyakit infeksi yang baru muncul (emerging infectious diseases) yang menyerang manusia disebabkan oleh kuman-kuman penyebab penyakit (patogen) yang berasal dari hewan atau produk hewan. Dengan demikian, pangan asal hewan lebih berpotensi berbahaya dibandingkan dengan pangan nabati karena dapat menyebabkan penyakit zoonotik (penyakit hewan yang dapat menular ke manusia) pada konsumen. Oleh sebab itu, aspek keamanan pangan asal hewan perlu mendapat perhatian dan penanganan khusus.

Bidang kedokteran hewan yang menekuni pangan asal hewan adalah Kesehatan Masyarakat Veteriner (KESMAVET) atau Veterinary Public Health (VPH). Istilah VPH kali pertama diperkenalkan oleh WHO pada tahun 1950. Higiene Pangan direkomendasikan oleh World Organization for Animal Health atsu OIE nenjadi salah satu Kompetensi Khusus Dokter Hewan atau yang dikenal „Day-1 Graduate Competency“.

bahan pangan asal hewan di indonesia

Di Indonesia, pangan asal hewan segar dan pangan asal hewan olahan yang masih memungkinkan membawa bibit oenyskit zoonotik menjadi urusan atau tugas fungsi Kementerian Pertanian, khususnya Direktorat Kesehatan Masyarakat Veteriner (Eselon 2) di bawah Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Eselon 1).
Direktorat Kesehatan Masyarakat Veteriner
Direktorat Kesehatan Masyarakat Veteriner

pengertian ASUH

Pangan asal hewan yang diedarkan untuk masyarakat di Indonesia sesuai dengan Peraturan Perundangan harus memenuhi syarat "Aman (safe), Sehat (healthy), Utuh (wholesome), dan Halal" atau ASUH. Halal di sini tentunya untuk yang dipersyaratkan.
pengertian asuh bahan pangan
pengertian asuh
Aman berarti tidak mengandung penyakit dan residu, serta unsur lain yang dapat menyebabkan penyakit dan mengganggu kesehatan manusia.
Sehat berarti mengandung zat-zat yang berguna dan seimbang bagi kesehatan dan pertumbuhan tubuh.
Utuh berarti tidak dicampur dengan bagian lain dari hewan tersebut atau dipalsukan dengan bagian dari hewan lain.
Halal  berarti disembelih dan ditangani atau diproses sesuai dengan syariat agama Islam.

Leave a Reply to "pengertian Pangan Asal Hewan (Food of Animal Origin)"

Post a Comment

silakan berkomentar dengan sopan yah :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel