Latest Posts

mengapa harus membeli daging ayam dingin?

Elysetiawan.com mengapa kita harus membeli daging ayam yang dingin ? jawabannya kerana Daging merupakan makanan yang mudah cepat busuk.
daging ayam di supermarket
daging ayam di supermarket

membeli daging ayam dingin

Jika kita biarkan daging mentah disimpan pada suhu (udara) biasa, tanpa pendinginan daging ayam , lebih dari 6 jam, maka akan tercium bau busuk. Selain itu, warna daging berubah menjadi relatif gelap. Ini lah yang disebut pembusukan daging ayam.


 Daging Ayam

.
Daging ayam merupakan daging yang mudah dimasak (panggang, bakar, goreng, tumis, dan rebus) dan tidak masalah dengan keempukan, serta harganya relatif lebih murah daripada daging sapi.
daging ayam sehat
daging ayam sehat
Kandungan gizinya pun sangat baik dan bahkan lebih sehat dibandingkan dengan daging merah karena kandungan kolesterolnya yang lebih sedikit.
baca juga membantah-isu-telur-palsu
mengenal-proses-fermentasi
membedakan ayam bangkai dan segar
Sayangnya ada beberapa berita salah dan menyesatkan tentang daging ayam, antara lain ayam disuntik hormon, beberapa bagian ayam dapat menyebabkan kanker, dan daging ayam menularkan penyakit flu burung. Tentunya berita itu tidak benar sama sekali dan sangat menyesatkan masyarakat.

daging ayam dingin
daging ayam dingin
Daging ayam saat ini lebih banyak berasal dari ayam broiler, selain itu dapat berasal dari ayam kampung (ayam non-ras) atau ayam petelur jantan.

Pembusukan pada daging tersebut disebabkan oleh pertumbuhan kuman-kuman (bakteri) pada daging dan akibat aktivitas enzim-enzim yang secara alami terdapat dalam daging. Enzim-enzim dalam daging akan “merombak” terutama protein dan lemak.
Bau busuk diakibatkan oleh terbentuknya senyawa-senyawa dari perombakan protein (terutama) daging oleh kuman dan enzim, serta perombakan lemak pada daging.
penyimpanan daging yang baik
penyimpanan daging yang baik

Pertumbuhan kuman-kuman dan aktivitas enzim pada daging dapat dihambat oleh suhu dingin di bawah 4 derajat Celcius. Pendinginan dapat mempertahankan kesegaran daging.
baca juga cara-mengukur-kadar-air-pakan-ternak
mikroorganisme-bakteri-pada-daging-ayam
cara-membedakan-kualitas-daging 
.
Tidak ada pengaruh buruk dari pendinginan terhadap kandungan gizi daging dan penampilan fisik daging. Justru daging yang disimpan dingin adalah daging yang sangat baik serta dipertahankan kesegarannya dan kandungan gizinya.
.
Jika ingin disimpan dingin (pada kulkas atau lemari es), daging tetap harus dikemas (bungkus) atau dimasukkan dalam wadah tertutup.
.
Daging yang disimpan dingin ada batas waktunya. Penyimpanan dingin untuk daging sapi, kambing/domba maksimum 5 hari dan untuk daging ayam maksimum 3 hari.

memilih daging ayam yang baik

Bagaimana memilih daging ayam yang baik berikut adalah tipsnya ?
- Belilah daging ayam di kios atau tempat penjualan yang resmi
- Sebaiknya belilah daging ayam yang disimpan pada pendingin.
- Warna kulitnya putih segar dan dagingnya putih kemerahan.
- Tidak ada bercak-bercak darah pada daging.
- Bagian pangkal sayap tidak ada warna kebiruan
- Tidak ada bau sangat amis atau busuk.
Logo NKV Nomor Kontrol Veteriner
Logo NKV Nomor Kontrol Veteriner
- Lebih baik lagi jika daging ayam dihasilkan dari Rumah Potong Hewan Unggas (RPH U) yang sudah disertifikasi Nomor Kontrol Veteriner (NKV). Logo NKV tercantum pada label kemasan.

Belilah daging segar yang disimpan dalam suhu dingin atau beku. Selsin itu, diusahakan yang ada logo Nomor Kontrol Veteriner (NKV).
contoh produk dengan Logo NKV Nomor Kontrol Veteriner
contoh produk dengan Logo NKV Nomor Kontrol Veteriner

Mas Ely
Ely setiawan asal banyumas, seorang mahasiswa peternakan, pemilik blog elysetiawan.com dan elyjawa.blogspot.com

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter