Memilih Telur Konsumsi yang Baik

Elysetiawan.com Telur merupakan pangan asal hewan yang memiliki masa simpan yang relatif lebih lama dibandingkan dengan daging dan susu.



telur konsumsi
telur konsumsi
namun telur dapat mengandung bibit penyakit yang berasal dari induk unggas yang terinfeksi, seperti bakteri Salmonella.

Bakteri Salmonella tersebut bila terkonsumsi oleh konsumen dapat menyebabkan sakit pada konsumen. Penyakit yang disebabkan oleh Salmonella melalui telur karena induk unggas terinfeksi Salmonella dikategorikan sebagai “foodborne zoonosis”.
.
ciri telur konsumsi sehat
telur konsumsi sehat
Selain itu, telur dapat tercemar kuman-kuman dari permukaan kulit telur atau lingkungan sekitar telur yang masuk melalu “celah” retakan kulit telur, sekalipun retakan tersebut sebesar helaian rambut yang sangat halus dan rekatif sulit terlihat oleh mata kita.
. Oleh sebab itu, konsumen harus waspada dalam membeli telur konsumsi.

Anjuran dalam memilih telur yang baik antara lain:

1. Pilih telur yang relatif bersih. Kotoran yang ada pada permukaan kulit telur nanti saat sampai di rumah dapat dibersihkan menggunakan lap kering atau basah (gunakan air bersih).
contoh telur dengan Nomor Kontrol Veteriner (NKV)
contoh telur dengan Nomor Kontrol Veteriner (NKV)
2. Pilih telur yang tidak retak kulitnya. Jika sesampai di rumah ditemukan telur yang retak, segera masak atau olah telur dengan pemanasan yang matang.
3. Belilah telur yang dikemas dan telah mendapat Sertifikat Nomor Kontrol Veteriner (NKV) yang dapat dikenali tandanya pada kemasan.

Anjuran penanganan telur di rumah antara lain:

anjuran penanganan telur konsumsi
bagian telur
1. Amati dan pisahkan telur yang kotor dan retak. Telur yang kotor dibersihkan menggunakan lap kering atau lap basah (menggunakan air bersih) dan lapnya kerap dicuci/dibilas untuk setiap telur. Telur yang retak harus segera dimasak matang atau diolah matang.
2. Simpan telur pada lemari pendingin (kulkas) dengan posisi bagian tumpul berada di atas (menghadap ke atas) dan bagian yang runcing berada di bawah (menghadap ke bawah). Simpan telur pada rak telur dalam kulkas.
3. Penyimpanan telur yang dianjurkan pada kulkas adalah maksimum 4 minggu, sedangkan jika telur disimpan pada suhu kamar maka masa simpannya maksimum 10 hari.
.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Memilih Telur Konsumsi yang Baik"

Post a Comment

silakan berkomentar dengan sopan yah :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel