Latest Posts

membangun pertanian dan peternakan dengan indigofera

Elysetiawan.com indigofera di indonesia masih belum banyak di budidayakan, padahal tanaman ini sangat menjanjikan kerana memiliki potensi untuk dikembangkan dalam membangun pertanian dan peternakan dengan indigofera. berikut penjelasannya.

Indigofera

Indigofera merupakan tumbuhan yang sudah lama dikenal oleh masyarakat Indonesia, khususnya di pulau Jawa. indigofera sangat potensial untuk dikembangkan. salah satunya Daun indigofera  dari spesies Indigofera tinctoria dan Indigofera suffruticosa digunakan sebagai pewarna khususnya batik.
daun indoigofera sebagai pewarna batik
daun indoigofera sebagai pewarna batik

Selama ini belum banyak yang menggunakan Indigofera untuk keperluan lain, padahal peluang pemanfaatannya di sektor pertanian sangat besar, misalnya sebagai tanaman hias, untuk konservasi tanan dan pakan ternak.
tumbuhan indigofera sangat potensial dalam membagun pertanian
tumbuhan indigofera sangat potensial dalam membagun pertanian
.sampai saat ini tercatat sekitar 700 spesies Indigofera yang diidentifikasi di dunia, namun baru beberapa spesies saja yang sudah dapat dimanfaatkan, selebihnya masih merupakan tumbuhan liar.
potensi tanaman indigofera
potensi tanaman indigofera
sebagian besar spesies Indigofera merupakan semak atau perdu, sebagian kecil Iainnya berupa pohon kecil dengan tinggi sekitar 2 m, namun ada juga yang tingginya mencapai 5-6 m.

baca juga cara menanam hijauan pakan dengan stek
hijauan pakan kaliandra sp
rumput-brachiaria-humidicola
 Di antara yang sudah dimanfaatkan adalah spesies- spesies yang di Timur Tengah digunakan sebagai obat sakit kepala, sakit gigi, dan obat luka akibat gigitan serangga (antiinf/amantory).
Indigofera_australis_Eastwood
Indigofera_australis_Eastwood

Di Australia ada spesies Indigofera. yang tergolong gulma dan tumbuhan yang berbahaya bagi ternak karena beracun sehingga pemerintah Australia berusaha untuk mengendalikannya

syarat penanaman dan tumbuh indigofera 

syarat tumbuh Indigofera dapat tumbuh dengan baik pada kondisi cahaya penuh, namun juga cukup toleran terhadap naungan. Tanah yang diperlukan adalah tanah liat atau lempung berliat dengan pH 5-7,7, namun beberapa spesies bisa tumbuh balk pada tanah berpasir dan pH di bawah 4 sampai 8,5.
Dalam hal kesuburan tanah, Indigofera toleran terhadap tanah dengan unsur fosfat yang rendah.
penamanam dan tumbuh indigfera
penamanam dan tumbuh indigfera

Di Ekuador, tumbuhan ini tumbuh balk pada ketinggian2.800m di atas permukaan laut, dengan suhu udara antara 13 sampai 27°C.Di negara dengan empat musim, Indigofera biasanya berbunga pada akhir musim panas atau awal musim gugur dan berbuah pada awal atau pertengahan musim semi

pentingnya menanam tanaman indigofera 


bidang  Perkebunan

Dua spesies Indigofera yaitu indigofera. spicata dan Indigofera hendecaphylla ditanam sebagai tanaman penutup tanah, pupuk hijau, dan pengendali erosi di perkebunan kopi, teh, dan karet di daerah-daerah tropis khususnya di Afrika.
indigofera di perkebunan kopi
indigofera di perkebunan kopi

Konservasi tanah

Tumbuhan indigofera sangat baik karena dapat menyuburkan tanah dan menahan erosi. Di Afrika Selatan, Indigofera vicioides mampu tumbuh baik pada kondisi kekeringan, sementara Indigofera arrecta cukup balk walaupun tidak sebaik  Indigofera vicioide. Indigofera Lamorphoides relatif peka terhadap kondisi kekeringan, sementara I. vicioides masih bisa tumbuh baik pada kondisi kekeringan. Indigofera arrecata boleh dikatakan berada di antara keduanya . Perlu dipelajari Iebih lanjut mengenai pengaruh kekeringan terhadap Indigofera di wilayah Indonesia.
konservasi lahan dengan indigofera
konservasi lahan dengan indigofera

Indigofera dapat digunakan sebagai tanaman pionir program penghijauan. Tumbuhan ini bila berasosiasi dengan bakteri tanah rhizobium mampu memfiksasi N2 dari udara,yang merupakan sumber nitrogen dalam bentuk tidak tersedia untuk tanaman dan mengubahnya menjadi NO3 atau NH4 yang merupakan bentuk nitrogen tersedia untuk tanaman. Tumbuhan ini juga bisa memperkaya kandungan nitrogen di dalam tanah.

 baca juga menghitung kapasitas tampung lahan hijauan pakan
cara membuat silase pakan
kandungan nutrisi limbah jagung
 Di Vietnam indigofera tyesmani digunakan sebagai tanaman pionir dalam penghutanan kembali, sebagaimana halnya Iamtoro di Filipina (Mbrlc,1992;Palmer,1998). Indigofera spicata yang merupakan Indigofera merambat mempunyai perakaran yang kuat sehingga cocok untuk ditanam ditampingan teras sebagai tanaman konservasi tanah.

Hortikultura

Beberapa spesies indigofera merupakan tanaman hias yang banyak ditanam di Australia
(indigofera australis)dan Amerika (indigofera kirilowi).
Indigofera_australis sebagai tanaman hias
Indigofera_australis sebagai tanaman hias
Tanaman ini dikenal dengan bunganya yang indah. Warna bunganya bukan warna yang biasa, melainkan merah muda yang lembut sehingga sangat menarik perhatian. Lengkungan tangkai bunganya juga sangat indah. Biasanya bunga mekar setiap saat antara September hingga November
pada musim semi yang sejuk.

peternakan

 Indigofera sp. sangat balk dimanfaatkan sebagai hijauan pakan ternak dan mengandung protein kasar 27,9%, serat kasar 15,25%, kalsium 0,22% dan fosfor 0,18%. Leguminosa Indigofera sp. memiliki kandungan protein yang tinggi, toleran terhadap musim kering, genangan air dan tahan terhadap salinitas (Hassen et al., 2007).
baca juga rumput-brachiaria-ruziziensis
apa-itu-program-pakan-biotek-ppb
indigofera dimanfaatkan sebagai pakan ternak kambing maupun sapi
indigofera dimanfaatkan sebagai pakan ternak

 Disubsektor peternakan, penelitian di Afrika Selatan menunjukkan bahwa pertumbuhan dan kualitas pakan daun indigofera dipengaruhi oleh musim selain oleh spesies


sumber: Indigofera Sebagal Pakan Ternak  Haryono Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian

Mas Ely
Ely setiawan asal banyumas, seorang mahasiswa peternakan, pemilik blog elysetiawan.com dan elyjawa.blogspot.com

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter