debat tiada akhir Telur atau ayam lebih dahulu?

permasalahan telur atau ayam mana yang lebih dahulu

Elysetiawan.com permasalahan telur atau ayam mana yang lebih dahulu sering sekali dibahas oleh banyak orang, dan banyak sekali versi jawaban mana yang lebih dahulu. versi jawaban Bagaimana ayam tercipta, dimulai dari telur dahulu atau langsung jadi ayam? sungguh ini sangat membingungkan. berikut adalam penjelasan mana yang lebih dahulu telur atau aya yang lebih dahulu.

teori ayam atau telur  yang tercipta lebih dahulu
teori ayam atau telur  yang tercipta lebih dahulu
logika orang orang yang umum adalah telur dapat menjadi ayam. sedangkan ayam dapat menciptakan telur. begitu terus sampai tiada akhir. Setelah saya saring ada 2 jawaban versi yang menurut saya logis,
versi pertama penciptaan ayam atau telur yaitu ilmuwan Pada musim panas di tahun 2010 di inggris mengatakan bahwa dalam pembentukan cangkang ayam dibutuhkan sebuah protein. Protein ini tidak bisa dibuat jika tidak ada ovarium ayam betina itu sendiri. nama protein dalam mana ayam atau telur yang lebih dahulu adalah Protein ovocledidin-17 Jadi ayam ini harus ada duluan.
teori ayam yang tercipta lebih dahulu
teori ayam yang tercipta lebih dahulu


versi kedua yaitu versi Stephen Hawking dia berteori bahwa ayam dilahirkan dari hewan non-ayam melalui perubahan sedikit dalam DNA si non-ayam. Nah karena perubahan DNA tersebut terjadi waktu si ayam ini masih berupa telur, maka telur ada duluan.
 
telur-atau-ayam yang duluan
telur-atau-ayam-duluan

setelah saya membaca baca masalah mana yang lebih dahulu merupakan sebuah masalah yang tiada akhir.  mengapa saya berkata begitu? ini bukan sekadar permasalahan literally antara telur dan ayam, tapi secara general merupakan permasalahan penting dalam logika yang dikenal sebagai infinite regress. 

 APA itu infinite regress dalam penciptaan telur dan ayam? 
 Infinite Regress adalah suatu rantai pernyataan yang tidak berujung, karena memang tidak ada yang memutusnya.
Infinite regress dalam penciptaan ayam atau telur lebih dahulu
Infinite regress dalam penciptaan ayam atau telur lebih dahulu
Misalkan, karena segala sesuatu haruslah diciptakan dari hal lain, maka hal lain itu juga tentu juga diciptakan dari hal lainnya lagi. Rantai ini bisa terus terjadi sampai tak hingga. Infinite regress sering dianggap suatu anomali yang tidak bisa diterima dalam logika.
contoh infinite-regress
contoh infinite-regress
Banyak yang kemudian menggunakan infinite regress untuk berargumen bahwa alam semesta ini pastilah punya pencipta. Meskipun begitu, bukan berarti infinite regress adalah hal yang salah. Status kebenarnanya bahkan tidak bisa dibuktikan alias undecidable. Ia hanya sering ditolak karena sukar masuk akal manusia, meskipun tidak masuk akal bukan berarti ia tidak benar.

ayam telur yang lebih dahulu infinite regress
ayam telur yang lebih dahulu infinite regress
Masalah telur-ayam merupakan salah satu bentuk infinite regress yang berupa causality dilemma, dimana dua kejadian sulit ditentukan mana yang sebab mana yang akibat. Contoh lain dari causality dilemma adalah ekonomi-pendidikan. Mana yang menyebabkan yang mana, pendidikan yang baik mengakibatkan ekonomi yang baik atau ekonomi yang baik mengakibatkan pendidikan yang baik? Jika keduanya adalah sebab sekaligus akibat, maka yang pertama kali memulai yang mana?

Banyak causality dilemma bisa dijawab dengan bantuan temuan-temuan sains seperti masalah ayam-telur di atas, namun untuk hal-hal yang bersifat metafisis, seringkali yang muncul hanyalah asumsi-asumsi.

kesimpulan mana yang lebih dahulu ayam atau telur?



saya menyimpulkan  dari teori yang ada adalah benar, mengapa begitu ? saya melihat dari semua sudut pandang benar dan memiliki dasarnya masing masing teori terciptanya ayam. tetapi jika jawaban ini dianggap tidak memberikan rasa puas maka inilah anernatifnya.

jika anda penganut teori Penciptaan  seperti yang diajarkan dalam agama, maka jawabannya adalah ayam duluan, mungkin sepertinya halnya dengan manusia pertama maka juga ada yang namanya Ayam pertama, yaitu Ayam Jantan dan Betina yang diciptakan sempurna seperti ayam dewasa yang kita lihat sekarang ini (tidak harus menetas dari telur) kemudian kedua ayam tersebut kawin dan berkembang biak dengan cara bertelur hingga jumlah ayam menjadi banyak. dari awal ayam tetaplah ayam
ayam tetaplah ayam sejak awal penciptaan
ayam tetaplah ayam sejak awal penciptaan


Jika anda penganut teori evolusi seperti Charles Darwin maka semua jenis unggas termasuk ayam merupakan evolusi dari Dinosaurus, Dinosaurus sendiri hasil evolusi dari reptil, reptil hasil evolusi dari ikan dan seterusnya hingga organisme terkecil.
ayam atau telur yang lebih dahulu versi dinosaurus
ayam atau telur yang lebih dahulu versi dinosaurus
dikarenakan Dinosaurus, reptil, dan ikan bertelur maka jawaban antara siapa yang duluan antara ayam dan telur maka jawabannya adalah telur.
sekian semoga dapat membuka wawasan kta semuanya :) 

Leave a Reply to "debat tiada akhir Telur atau ayam lebih dahulu?"

Post a Comment

silakan berkomentar dengan sopan yah :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel