daftar macam soto asli indonesia lengkap

Elysetiawan.com Perbedaan masing-masing soto ada salah satunya di jenis kuahnya. Ada kuah bening dan ada juga kuah kental dengan santan. Di samping itu ada perbedaan isi jenis daging dan sayurannya. Tentunya itu semua disesuaikan dengan kebiasaan lidah masing-masing daerah. Semakin jauh daerahnya, jenis sotonya pun akan lebih unik. Jika daerahnya dekat, biasanya tidak terlalu banyak variannya.

berikut ini adalah perbedaan variasi soto yang ada di Indonesia.

soto padang

macam macam Soto Padang indonesia
Soto Padang indonesia
Soto Padang adalah hidangan berkuah kaldu sapi dengan bahan irisan daging sapi yang sudah digoreng kering, bihun (mie dari tepung beras), ditambah perkedel kentang dan dihidangkan panas-panas.
contoh soto padang
contoh soto padang 
Soto padang dibuat dengan menggunakan daging sapi. Kuahnya tentu dihasilkan dari kaldu sapi juga, tetapi ada campuran cuka yang membuat rasa soto ini menjadi sedikit asam dan manis.
Soto Padang disajikan dengan irisan daging sapi yang telah digoreng kering serta bihun. Soto Padang biasanya ditemani perkedel kentang sebagai pelengkap dan kerupuk merah. Aroma harum Soto Padang ini muncul dari campuran daun jeruk, serai, jahe, dan daun bawang.

soto medan 

Salah satu kuliner khas kota Medan adalah soto Medan. Soto ini berbahan dasar daging ayam dengan kuah santan yang gurih dan lezat.Perbedaan antara soto medan dengan soto yang lainnya adalah kuahnya yang memakai santan dan berwarna agak kekuning-kuningan.
soto medan dengan kuah kuning
soto medan dengan kuah kuning



Soto medan terdiri dari suwiran ayam, kentang goreng dan telur rebus. Semua bahan tersebut akan bercampur dengan kuah santan yang beraroma daun serai yang akan menggugah selera makan Anda.
contoh soto medan
contoh soto medan 

Soto ini cukup kental karena dimasak dengan kuah santan yang sekali perasan. Disajikan dengan perkedel kentang dan kaya akan rempah-rempah. Ada bumbu jintan untuk penyedap selera dan dilengkapi dengan emping, kentang, telur, tomat, dan bawang merah untuk penyajiannya. Biasanya ada dua pilihan antara soto daging atau soto ayam. Beberapa ada pula yang menambahkan tauge dan bihun sebagai pelengkap. Selera orang Medan yang suka dengan makanan berlemak membuat menu ini menjadi satu menu andalan di rumah-rumah makan di kota Medan.

Soto Betawi

Soto Betawi merupakan soto yang populer di daerah Jakarta. soto Betawi juga menggunakan jeroan.Selain jeroan, seringkali organ-organ lain juga disertakan, seperti mata, terpedo, dan juga hati.Daging sapi juga menjadi bahan campuran dalam soto Betawi.


soto Betawi khas jakarta
soto Betawi khas jakarta

Soto Betawi memiliki kuah santan dengan tambahan susu yang membuatnya makin gurih. Aromanya pun kaya akan aroma pala, cengkeh dan kapulaga. Pelengkap untuk makan soto ini ada irisan daging, paru, emping dan acar mentimun. Ada juga kalau mau tambah dengan jeroan atau kalau bukan jeroan masih ada mata dan juga hati.
conto soto Betawi khas jakarta
conto soto Betawi khas jakarta

Walau Soto Betawi ini memiliki kuah cukup berat dan kental tapi kenikmatannya tetap luar biasa. Kekentalan kuah Soto Betawi ini disebabkan penggunaan santan dan susu sehingga menimbulkan citarasa yang sangat gurih.
Soto yang populer di daerah ibu kota Jakarta ini semakin gurih dengan penggunaan jeroan sebagai salah satu bahan utama. Tidak jarang, organ-organ lainnya seperti hati dan mata juga dijadikan isi dari soto tersebut. Cita rasa soto nusantara yang satu ini pun bertambah dengan adanya taburan keripik emping dan acar timun sebagai pelengkap. Walau ada campuran susu dan santan, tapi aroma pala, cengkeh dan kapulaga cukup semerbak di sajian soto ini.

Soto Bogor

Ciri khas dari Soto Bogor sendiri yaitu dari isiannya yang terdiri dari daging sapi, jeroan, mie kuning, tauge, kol, dan risoles.
Soto_Mie_Bogor khas bogor indonesia
Soto_Mie_Bogor khas bogor indonesia

Soto mi bogor yang berasal dari daerah Jawa Barat. Sesuai dengan namanya, Soto Mie Bogor menggunakan mie sebagai salah satu bahan utama. Sehingga, sepintas hidangan khas Bogor ini tidak terlihat seperti soto melainkan seperti mie rebus.

contoh Soto_Mie_Bogor khas bogor
contoh Soto_Mie_Bogor khas bogor 
Selain penggunaan mie kuning, bahan lainnya yang membuat soto ini cukup unik ialah urat dan kaki sapi, risoles, serta babat. Karena bahan-bahannya yang sudah cukup berat, Soto Mie Bogor seringkali disantap dengan sendirinya tanpa ada tambahan nasi atau ketupat.

Soto Bandung


Soto Bandung adalah soto khas Bandung, Jawa Barat. Sepintas, soto yang berbahan dasar daging sapi ini hampir sama dengan jenis soto yang lain, tetapi yang membuatnya berbeda adalah adanya tambahan lobak, tomat, dan kedelai goreng di dalamnya. Soto tanpa santan ini biasa disantap dengan nasi dan kerupuk.
soto bandung asli indonesia
soto bandung asli indonesia

Kuah putih menjadikan soto ini selain enak dipandang tentunya juga enak dimakan. Lobak menjadi ciri khas dari soto yang berasal dari Bandung ini. Selain lobak, ada juga bahan lain seperti tomat, seledri dan kedelai goreng. Kalau mau tambahan lain bisa juga dengan perkedel kentang, perkedel singkong, tempe, dan kerupuk.

Masih di provinsi yang sama, tetapi cita rasa dan tampilan soto yang satu ini sudah cukup berbeda. Berkunjunglah ke ibukota Jawa Barat dan Anda akan menemukan Soto Bandung. Bahan-bahan dasar yang digunakan dalam soto Bandung adalah daging sapi dan rempah-rempah khas soto nusantara lainnya. Yang membedakannya dari soto lainnya ialah penambahan tomat, lobak, dan kacang kedelai yang telah digoreng. Kuah soto terasa ringan dan segar karena tidak menggunakan santan. Tambahan lobak di dalam soto ini menjadikan Soto Bandung memiliki cita rasa yang khas dan beda.
Dari Bandung kita pindah ke Jawa Tengah.

Sauto Tegal

Soto Tegal disebut dengan Sauto, artinya soto yang menggunakan tauco. Soto khas Tegal ini memiliki ciri khas berupa siraman sambal tauco yang manis, pedas dan sedikit asam
soto tauco khas asli tegal indonesia
soto tauco khas tegal


Sauto Tegal memiliki kuah bening, seperti Tauto Pekalongan dan Soto Kudus. Bedanya, sauto khas tauco, soto Kudus khas bawang putihnya. Rata-rata soto di Jawa Tengah tidak bersantan. Dagingnya bisa ayam bisa juga sapi dengan jeroan. Tauge, daun bawang, dan bihun/soun sering ditemukan di dalam bahan pendukungnya.

Jika tidak suka tauco, Anda bisa meminta penjualnya tidak menggunakan tauco. Nasi putih biasanya dicampur di dalam mangkok yang berukuran kecil. Jika Anda mau, nasinya bisa dipisah, atau tidak menggunakan nasi sama sekali.

Tauto Pekalongan

 auto Pekalongan atau Soto Pekalongan adalah makanan khas Pekalongan dari dua perpaduan kebudayaan kuliner yang menyatu dan terjadi di Pekalongan. Tauto berasal dari Caudo dan Tauco bumbu India. Sering orang luar kota Pekalongan menyebutnya dengan Soto  Apa sih bedanya dengan Tauto Pekalongan? Sebenarnya tauto atau soto Pekalongan hampir mirip dengan sauto khas tegal. 

soto Tauto-pekalongan indonesia
soto Tauto-pekalongan
Hanya saja tauto atau soto pekalongan memiliki kuah yang sedikit lebih keruh dan rasa bumbunya juga lebih kuat atau lebih terasa dibandingkan dengan sauto khas tegal. Kuatnya rasa yang dimiliki oleh tauto disebabkan oleh jumlah tauco yang digunakan lebih banyak, dan kecap yang dicampurkan pada kuah kaldu yang memberikan rasa manis dan gurih yang tajam.

Sroto Sokaraja

Sroto Sokaraja adalah soto khas Sokaraja, Banyumas, Jawa Tengah. Adanya campuran bumbu sambal kacang dan ketupat merupakan ciri khas soto ini
sroto sokaraja
sroto sokaraja



Adanya campuran bumbu sambal kacang dan ketupat atau nasi merupakan ciri khas soto ini. Mereka menyebutnya Sroto, bukan Soto. Beberapa warung di Jakarta yang menjualnya kadang tidak menggunakan Sroto, takut orang tidak tahu bahwa ini hanya varian dari soto.

Resep Soto Sokaraja ini memiliki kuah bening yang segar dan harum karena menggunakan jahe dan serai di dalam kuahnya, soto Sokaraja ini juga dibuat dengan berbagai macam aneka campuran rempah khas Indonesia lainnya, sehingga menambah kesegaran dan kegurihan dari rasa kuahnya.
Bagi anda penikmat soto, tidak ada salahnya untuk mencoba membuat soto khas Sokaraja ini. Jangan lupa saat menyantapnya harus ditemani kerupuk dan nasi putih hangat, plus tempe mendoan.

Soto Semarang

soto khas semarang
soto khas semarang
Soto khas Semarang identik dengan kuah kaldunya yang bening dan lengkap disantap dengan hidangan pendamping seperti sate-satean.


Soto Kudus


Soto Semarang dan Soto Kudus jika dilihat sekilas memiliki banyak kesamaan.
Selain sama-sama tersohor, keduanya disajikan dengan nasi di dalam, menggunakan mangkuk kecil, irisan bawang dan menggunakan ayam. Hingga pelengkap seperti sate kerang, perkedel, tahu, tempe goreng pun sama
soto kudus asli
soto kudus
Namun, ternyata keduanya memiliki perbedaan dan keunikannya masing-masing. Hal tersebut juga menjadikan citarasa keduanya berbeda.
Menurutnya Soto Semarang bercirikhas lebih keruh kecoklatan, tak terlalu bening karena rempah yang dipakainya. Berbeda dengan Soto Kudus yang sama-sama agak keruh namun warna ke kuningan.
Untuk pemanisnya, Soto Kudus terkenal dengan irisan bawang putih goreng yang gurih, tetapi Soto Semarang pada umumnya ditaburi irisan goreng bawang yang renyah.
Untuk isinya, Soto Semarang selalu menggunakan bihun atau sun, sementara Soto Kudus ada yang tidak menggunakannya.

Soto Lenthok


Soto yang satu ini merupakan khas dari kota yang istimewa, yaitu Yogyakarta. Pembeda dengan soto yang lainnya adalah lenthok-nya itu.
Soto Lenthok asli yogyakarta
Soto Lenthok asli yogyakarta
 Lenthok sendiri terbuat dari singkong atau kalau bahasa jawanya telo, yang dihaluskan dan diberi bumbu kemudian dibentuk bulat lalu digoreng. Lenthok ini rasanya gurih lezat, apalagi kalau dicampur sama kuah soto yang masih panas.

Soto Boyolali

Sekarang kita bergeser sedikit ke Boyolali.
soto asli boyolali
soto boyolali

Mirip dengan soto Kudus, soto Boyolali ini menggunakan bawang putih khusus, bawang kathing namanya.
Berikut Ciri-ciri Bawang Putih Kating serta perbedaannya dengan bawang putih biasa :
Bawang putih Kating, baunya lebih menyengat dari pada jenis bawang putih biasa. Bawang ini lebih disukai banyak orang, sebab dapat menjadikan olahan masakan menjadi sedap.
Bawang putih Kating, ukuran kerompolnya cenderung lebih kecil dibanding bawang biasa siung-siungnya lebih besar dari bawang biasa,dan kulit luarnya putih bersih nampak seperti kertas, bagian dalam bawang kating cenderung padat dan basah, sehingga jika terlalu lama terkena panas akan menyusut dan mengecil.
Sedangkan bawang putih biasa alias Sin Chung. selain di impor dari China kabarnya bawang putih biasa juga banyak di budidayakan di Indonesia.
Ciri-ciri bawang putih Biasa atau Shin Cung juga hampir sama dengan bawang putih Kating. Namun bentuk kerompolnya lebih bulat dan lebih besar dari bawang kating. Tapi setiap siung dari bawang putih biasa lebih kecil dari bawang kating.
Dagingnya biasanya menggunakan daging has dalam.

Soto Krandegan Banjarnegara


Mungkin sangat jarang yang mengetahui tentang soto Banjarnegara. Soto Banjarnegara atau yang lebih dikenal oleh orang Banjarnegara yaitu soto Krandegan merupakan soto yang unik. Berbeda dengan soto-soto lainnya seperti soto banjar dan soto Sokaraja yang merupakan kombinasi kuah bening dan kacang tanah, soto grombyang yang hitam pekat karena kluwek, soto bangkong karena kuah beningnya, ataupun soto kudus dengan khas daging kerbaunya.
soto Krandegan asli banjarnegara
soto Krandegan asli banjarnegara
Soto Banjarnegara berkuah kuning sekilas mirip dengan opor, tapi setelah anda merasakannya rasanya jauh berbeda dengan opor. Kombinasi kuah kuning dengan santan yang dicampur dan direbus dengan tulang-tulang dan daging sapi menambah gurihnya soto tersebut. Cara penyajiannya biasanya dimakan menggunakan ketupat, lalu ketupat tersebut diguyur dengan kuah, tidak lupa ditambahkan taoge muda, irisan daun bawang, dan bawang goreng yang menanmbah sedapnya soto tersebut.

Soto Kebumen

Tidak jauh dari Banjarnegara, kita menuju ke Kebumen.
Ada soto yang cukup sederhana, dikenal dengan Soto Kored.
soto asli  kebumen
soto kebumen

Soto kored merupakan soto yang hanya ada di pantai Petanahan, Kabupaten Kebumen. Soto ini berbeda dari yang lain karena isinya hanya tauge, potongan daging dan kupat. Setelah seharian bermain di pantai kita bisa mampir ke soto kored ini untuk mengembalikan tenaga karena kebutuhan karbohidrat, proein, mineral dan lemak akan tercukupi dengan memakan soto ini.
Adapun, rasanya pun berbeda dari soto lainnya karena mempunyai kuah yang khas dengan bumbu kunyit dan jahe. Soto ini disebut kored karena berasal dari nama penjualnya yaitu Pak Sukarman atau Pak Kored yang turun temurun ini.
Dari Jawa Tengah kita ke Jawa Timur, ya!

Soto Pacitan

soto asli pacitan
soto asli pacitan

Soto Pacitan memang cukup unik karena tidak memakai santan, seperti halnya soto Surabaya. Dan yang paling kelihatan adalah pemakaian telur rebus, sledri, kacang tanah goreng, bawang goreng, dan campuran kecambah Jawa yang membuat soto Pacitan cukup unik dan menggoda selera.
Yang paling enak dalam menjaga cita rasa soto Pacitan adalah menggunakan bahan baku ayam kampung. Selain kualitas gizi yang lebih tinggi, kadar lemaknya juga rendah, juga akan menjaga rasa soto tetap harum dan nikmat saat disantap bersama keluarga.

Soto Ambengan Surabaya

Nah, siapa yang suka soto Ambengan dengan bahan koya yang suka bikin nambah itu? Koya adalah semacam bubuk untuk pelengkap buat soto Jawa Timur yang terbuat dari kerupuk udang goreng dan bawang putih goreng kemudian ditumbuk sampai halus menjadi bubuk dan siap digunakan untuk topping soto koya biasanya soto-soto khas Jawa Timur tujuannya agar supaya kuah soto bertambah gurih dan lebih enak pastinya.

soto Ambengan asli surabaya

soto Ambengan asli surabaya

Soto Lamongan

Masih di Jawa Timur, kita sekarang menuju Lamongan.
soto asli lamongan
soto asli lamongan

Soto Lamongan terletak pada penggunaan ayam kampung karena ayam jenis ini membuat kaldu soto menjadi lebih gurih dan tidak berbau.
Soto khas Jawa Timur ini merupakan jenis soto yang cukup ringan karena kuahnya yang bening dan tidak menggunakan susu maupun santan.
Soto ini juga menggunakan koya sebagai pengental kuah yang nikmat.
Dari Lamongan kita menyeberang ke Pulau Madura.

Soto Madura

soto asli madura
soto asli madura

Soto dari Madura ini sama seperti soto-soto yang lain, yaitu berkuah, hadu yang namanya soto ya pasti berkuah. Soto ini berbahan dasar daging sapi, telur rebus, kentang goreng dan tauge. Dilengkapi juga dengan babat, usus dan paru sapi yang akan membuat rasa dari soto ini menjadi lebih gurih.
Soto Madura merupakan salah satu jenis soto yang memiliki isi paling banyak. Soto Madura berisikan berbagai jeroan sapi seperti babat, paru-paru dan usus sehingga menghasilkan rasa gurih yang khas. Selain jeroan, soto Madura juga dilengkapi dengan berbagai bahan lainnya seperti bihun, kol, telur rebus, ayam dan tauge.
Sekarang kita tinggalkan Pulau Jawa menuju Kalimantan.

Soto Banjar

soto asli banjar
soto asli banjar

Soto dari Kalimantan, tepatnya Banjar, Kalimantan Selatan ini bahan utamanya adalah ayam. Soto ini akan tercium bau rempah-rempah seperti kayu manis, biji pala dan cengkeh. Selain bahan utama yang berupa ayam, soto ini juga memiliki pelengkap lain seperti perkedel dan telor. Kalau soto yang lain pakai nasi, nah soto yang satu ini makannya pakai lontong atau ketupat.
Dari Kalimantan, kita terbang ke Sulawesi Selatan.

Coto Makassar

Soto dari Makassar disebut coto. Jenis soto nusantara yang satu ini memiliki rasa gurih yang khas, karena isinya yang terbuat dari jeroan atau isi perut sapi. Potongan usus, hati dan daging sapi direbus dalam waktu yang cukup lama hingga menghasilkan kaldu yang kuat, lalu diiris tipis dan disajikan bersama ketupat atau buras. Memiliki rasa yang tidak familiar di lidah masyarakat Indonesia kebanyakan karena paduan rempah yang cukup banyak.
soto asli makasar
soto asli makasar



Leave a Reply to "daftar macam soto asli indonesia lengkap"

Post a Comment

silakan berkomentar dengan sopan yah :)

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2