daftar binatang atau hewan paling setia

Elysetiawan.com Untuk berkembang biak hewan hewan perlu kawin. salah satu ritual sebelum kawin  adalah hewan atau binatang perlu untuk mencari pasangan. hewan atau binatang memerlukan pasangan untuk melangsungkan perkawinan.  dalam mencari pasangan, hewan ada yang berganti ganti tetapi ada pula yang hanya hanya memiliki satu pasangan untuk seumur hidup mereka. 

berikut adalah daftar binatang atau hewan paling setia terhadap pasangannya

binatang atau hewan paling setia terhadap pasangannya

Angsa

Angsa setia terhadap Pasangan setia seumur hidup
Angsa setia terhadap pasangannya
Bahkan ketika pasangannya mati, angsa jantan akan mengusir angsa betina lain yang mendekatinya. Dia memilih mati dalam kesendirian sepanjang sisa hidupnya.

Hanya ada satu atau dua cerita diantara semilyar spiesis manusia terdapat kisah kesetiaan yang dapat menyamai spiesis angsa dalam hal kesetiaan. Namun hanya satu atau dua cerita dalam sejuta.

Kebanyakan kisah manusia adalah janji setia sewaktu pasangan masih muda dan baru melakukan hubungan asmara. Waktu itu jika cinta terpisah rasanya dunia ini kiamat.

Kisah selanjutnya adalah penuh dengan intrik dan kenyataan daripada sifat asli manusiawi. Kisah selanjutnya adalah konflik, kekecewaan atau kesepian yang berkepanjangan.

Buaya.

buaya setia terhadap pasangannya
buaya setia terhadap pasangannya
Mungkin kita harus mengkaji ulang kesalahan kita karena membuat simbol lelaki manusia dengan spiesis hewan buaya darat. Faktanya setelah melakukan penyelidikan selama berpuluh puluh tahun, para ahli menemukan: Buaya adalah jenis spiesis yang paling setia terhadap pasangannya! It is the fact.

Kalau manusia ingin melambangkan ketidak setiaan dan penghianatan cinta asmara, maka mengalamatkan simbol itu kepada spiesis buaya adalah salah besar.

Buaya jantan dan betina selalu menemukan kembali pasangan hidup pertama mereka walau berjauhan pada musim kawin, tidak pernah buaya laki dan buaya betina salah pasangan. Mereka selalu mengenali pasangan mereka dalam kondisi sesulit apapun.

Buaya adalah lambang cinta pertama dan terakhir yang sangat mengagumkan.

Elang Laut

Elang laut elang hewan setia terhadap pasangannya
elang hewan setia terhadap pasangannya
Bukan hanya pasangan setia, spiesis hewan unggas ini adalah pasangan keluarga atau ayah bunda yang paling bertanggung jawab terhadap keluarganya. Sangat mengharukan pengorbana ayah dan ibu seekor elang dalam membesarkan anak anak mereka. Si ibu rela kehilangan bulu bulunya untuk dijadikan alas bayi bayinya dan selama itu dia tidak bisa terbang, si ayah dengan lebih rajin mencari makan.

Lalu ketika tiba saatnya mendidik anak anaknya agar menjadi kuat dan mandiri, si ibu dengan serius melatih terbang anak anaknya yang cengeng dengan menjatukan mereka berkali kali dari ketinggian lalu menangkap mereka kembali dari bawah.

Benar benar sebuah usaha yang keras dan penuh pengorbanan. Dan ketika anak anak mereka pergi meninggalkan mereka untuk hidup mandiri bersama pasangan masing masing pelajaran pelajaran itu diturunkan kembali kepada keturunan mereka dari generasi ke generasi sepanjang masa.

Lalu ayah dan bunda bersama sama lagi mengarungi kerasnya kehidupan. Ketika salah satu dari mereka mati, pasangan yang lain akan menyusul karena sudah tidak punya gairah untuk hidup lebih lama.

Serigala

serigala setia terhadap pasangannya
serigala setia terhadap pasangannya
Bukan hanya setia terhadap pasangan hidupnya serigala jantan adalah contoh kepala keluarga yang sangat bertanggung jawab.

Misalnya para ahli telah mempelajari jika seekor betina serigala yang menjadi pasangannya memutuskan untuk memelihara dan melindungi seorang bayi manusia akibat kuatnya naluri keibuan mereka dan akibat dari konsensus aneh insting  dan naluri serigala terhadap manusia. Serigala jantan akan mengalah dan segera ikut melindungi bayi manusia tersebut dari segala marabahaya dan membesarkannya sampai dewasa.

Ini bukan semata mata karena adanya cerita fiksi, tetapi ini adalah fakta. Animal planet pernah menayangkan bagaimana seekor anak rusa mungil yang seharusnya menjadi mangsa para serigala dipertahankan oleh betina serigala, awalnya Jantan pasangan serigala betina nampak marah karena tidak setuju dan tahu betapa beratnya risiko yang harus mereka terima di tengah kelompok. Tetapi dia memilih membela betina pasangannya mati matian. Dan dia berhasil, kelompoknya membiarkan mereka membesarkan bayi anak rusa itu hingga dewasa. Kisah ini tidak berlanjut.

Seekor serigala jantan walau tegas, namun sangat mengalah terhadap keinginan pasangannya. Begitu juga sebaliknya seekor serigala betina amat sering menunjukan rasa hormat dan kasih sayang terhadap pasangan jantannya dia selalu nampak menjilati leher dan bulu bulu serigala jantan pada setiap kesempatan untuk membersihkan tubuh pasangannya.

Merpati

merpati lambang kesetiaan terhadap pasangannya Lambang cinta dan kesetiaan
merpati lambang kesetiaan terhadap pasangannya
Jika burung burung artis yang suka bernyanyi menunjukan sifat berganti ganti pasangan tanpa komitmen kesetiaan, sebaliknya hampir sepanjang waktu dan hidupnya merpati melewati waktu bersama pasangannya.

Pasangan kedua makhluk ini bersikap saling mengasihi, saling memperhatikan, saling membuat pasangan merasa nyaman hidup bersamanya. Ketika mereka tua dan letih dan lalu mati seekor merpati jantan atau betina sangat sulit untuk dipasangkan dengan pasangan baru.

Mereka adalah lambang kesetiaan yang membuat setiap pasangan kekasih spiesis manusia yang hidup di atas dunia fana ini menjadi iri melihatnya.

Belangkas (Mimi)

belangkas hewan setia terhadap pasangannya
belangkas hewan setia
Hewan laut ini bentuknya aneh badannya beruas layaknya kelabang. Yang sangat menarik adalah mereka senantiasa berjalan lambat di pantai berduaan dengan pasangannya.

Hewan ini amfibi. Sebenarnya hidup dan mencari makan di malam hari. Jika kita melihatnya berjalan disiang hari itu adalah karena musim kawin. Dia termasuk jenis kepiting berekor yang nasibnya sering berakhir didalam kuali makan di dapur rumah manusia. Kadang cinta dan kesetiaan mereka selalu berakhir demikian tragis. Berakhirnya kisah cinta di dalam perut manusia yang rakus.

Belangkas dalam hidup berpasangan tidak mengenal istilah poligami. Mereka makhluk dengan genetik yang ditakdirkan untuk monogami dalam berpasangan. Kita akan melihat pada saat bergerak dan berjalan pasangannya selalu menempelinya seolah bersifat sangat posesive. Pasangannya selalu menempelinya kemana saja mereka bergerak pergi di bawah bayang bayang matahari di pantai menuju senja..

7. Siamang
siamang hewan setia terhadap pasangannya
siamang hewan setia terhadap pasangannya
Diantara spiesis dikalangan hewan, siamang yang paling mendekati manusia dalam hal kecerdasan, bersosialisasi dan berempati terhadap sesama.

Namun sangat berbeda dengan manusia siamang tidak pernah berpoligami, mereka menganut faham monogami tanpa pamrih.

Jika mereka telah menemukan pasangan hidupnya seumur hidup mereka akan selalu bersama, saling mengurus satu sama dengan yang lain, saling mengasihi dan melindungi. Mereka juga akan menjadi pasangan yang baik untuk mengurus keluarga.

Para siamang adalah makhluk yang menggemaskan, lucu dan sangat tulus dalam berpasangan.

Pinguin

        Pinguin adalah salah satu hewan yang setia terhadap pasangannya dan rela berkorban demi anak dan pasangannya. Jika pinguin telah memilih pasangannya, ia akan setia sampai sampai ia mati. Pasangan yang sama umumnya akan kembali kepada koloni yang sama dan selalu kembali ke sarang yang sama setiap tahunnya.
        Pinguin mengerami telurnya pada musim dingin. Biasanya pinguin betina hanya bertelur satu butir saja. Kemudia telur itu akan dierami oleh pejantannya. Selama mengeram, pinguin jantan harus rela menhadapi badai kutub dan rela tidak makan. Sebab sumber makanan sangat jau. Sedangkan pinguin betina pergi ke laut selama empat bulan untuk mengumpulkan makan. Setelah empat bulan, baru lah telur itu menetas dan kembali di ambil alih oleh pinguin betina. Menurus anak adalah tugas yang sangat berat, kadang induk pinguin rela tidak makan demi memberikan anaknya makanan. Saat udara sangat dingin, induk pinguin meletakan anaknya di atas kaki mereka dan menghangatkannya dengan perut mereka.
pinguin setia terhadap pasangannya
pinguin setia terhadap pasangannya

Beruang

        Keluarga besar beruang terkenal setia dengan pasangan masing-masing. Apalagi ras beruang abu-abu asal Eurasia ini. Begitu punya pasangan, si beruang jantan pasti sangat protektif sama beruang betina. Seperti kepala keluarga si jantan sibuk mencari makanan dan membuat tempat tinggal. Jika beruang mempunyai anak, beruang jantan akan mengajari mereka cara berburu, sementara yang betina menjaga kandang.

beruang setia terhadap pasangannya
beruang setia terhadap pasangannya

Anjing Hutan

         Anjing hutan sebenarnya bisa saja jika ingin berganti-ganti pasangan. Karena populasi mereka di daerah Alaska, Amerika Serikat sangat banyak. Mayoritas Anjing Hutan mulai mencari pasangan ketika berusia satu tahun. Setelah ketemu pasangannya, mereka akan keluar dari kelompoknya dan mencari makanan berdua. Mereka hidup seperti ini seterusnya sampai membentuk kelompok baru. Mirip dengan beruang, sekali berpasangan Anjing Hutan akan sangat menjaga keluarganya.

anjing hutan setia terhadap pasangannya
anjing hutan setia terhadap pasangannya

Angsa

         Para angsa juga penganut monogami. Karena selalu hidup berkelompok, biasanya angsa mencari partner dari grup yang dekat dengan mereka. Jika sudah  bertemu dengan si betina, angsa jantan akan membawa pasangannya itu ke dalam kelompoknya. Dari seluruh angsa, ada yang unik dengan perilaku spesies angsa berbunyi atau trumpeter swan. Ketika pasangannya meninggal, angsa tipe ini akan terus mengeluarkan suara seperti menangis, tanda berkabung. Trumpeter swan bisa ikut mati jika terlalu lama bersedih.

angsa setia terhadap pasangannya
angsa setia terhadap pasangannya

Elang Gundul (Haliaeetus leucocephalus)
         Burung pemangsa yang jadi lambang Amerika Serikat ini tergolong setia Mereka baru akan mencari pasangan baru setelah pasangannya mati.

elang gundul hewan setia terhadap pasangannya
elang gundul hewan setia terhadap pasangannya

Serigala (Canis lupus)

         Seekor serigala bisa memiliki beberapa pasangan dalam hidupnya, tapi hanya memiliki satu pasangan dalam satu waktu. Serigala betina hanya kawin dengan seekor jantan, tapi akan cari pengganti jika pasangannya mati, terusir dari kelompok, sakit atau mandul.

sergala setia terhadap pasangannya
sergala setia terhadap pasangannya

Tikus Padang Rumput (Microtus ochrogaster)

         Pejantan dari tikus jenis ini akan menghabiskan seumur hidupnya bersama betina pertama yang berhubungan badan dengannya. Jangankan main mata dengan betina lain, pejantan ini malah menyerang betina lain yang berani mendekat.


Laba-Laba Argiope Aurantia

         Seperti laba-laba lain, pejantan mati usai senggama karena di makan betina. Namun pejantan Argiope  Aurantia meninggalkan "kenang-kenangan" sebelum mati berupa penghalang di saluran kelamin, sehingga betinanya tidak bisa kawin lagi.


Salamander Punggung Merah (Plethodon cinereus)

         Tipe mahluk yang gampang naik darah. Pejantan akan langsung menyerang betinanya jika melihat pasangannya selingkuh dengan pejantan lain.


Hiu Moncong Sekop (Sphyrna Tiburo)

         Betina hiu jenis ini kawin dengan beberapa jantan sekaligus. Namun anak yang dihasilkan berasal dari satu pejantan.


Zebra Duiker

         Zebra Duiker adalah sejenis antelop kecil yang sangat setia pada pasangannya hingga nyaris punah. Antelop ini tidak akan mencari pasangan baru ataupun berkembang biak sampai akhir hayatnya jika pasangannya telah mati.


 Burung Albatross

Burung Albatross Hewan Paling Setia Di Dunia Pada Pasangannya
Burung albatross selalu terbang tinggi melintasi samudera untuk bermigrasi ke berbagai tempat. Tetapi sejauh apapun mereka bermigrasi, mereka akan tetap kembali ke sarang dengan pasangannya. Mereka tidak akan pernah berganti pasangan sampai mati.

  Penyu Hawksbill

Penyu Hawksbill Hewan Paling Setia Di Dunia Pada Pasangannya
Penyu adalah salah satu lambang hewan yang paling setia. Penyu hawksbill merupakan contoh hewan yang mempunyai perilaku monogamy. Walaupun penyu betina mempunyai banyak tempat untuk menampung buih dari jantan lain, tetapi mereka tetap memilih untuk menampung dari satu pasangan saja. Inilah yang membuat penyu hawksbill menjadi salah satu 10 hewan paling setia di dunia.

Burung Hantu Barn

Burung Hantu Barn Hewan Paling Setia Di Dunia Pada Pasangannya
Hewan nocturnal ini sangat setia dengan pasangannya. Setelah menemukan pasangannya mereka tidak akan pernah meninggakan atau menghianati pasangannya. Hal itu seperti sudah tertanam didalam benak burung hantu barn. Mereka akan merawat anak-anak mereka bersama.

 Berang-Berang

Berang-Berang Hewan Paling Setia Di Dunia Pada Pasangannya
Salah satu hewan pengerat ini, sangat setia dan sayang dengan pasangannya. Mereka akan kompak melakukan banyak hal bersama seperti membuat sarang atau mencari makanan. Setelah melahirkan anak-anak mereka akan merawat anak mereka bersama dan tinggal disarang yang sama. 
Ini lah beberapa hewan yang SETIA terhadap pasangannya. Semoga kita manusia, mahluk yang diciptakan paling sempurna dapat mencontoh beberapa sifat positif dari hewan-hewan ini.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "daftar binatang atau hewan paling setia"

Post a Comment

silakan berkomentar dengan sopan yah :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel