Latest Posts

ayo berkontribusi di eBird.org

Elysetiawan.com halo kawan kawan semuanya kali ini saya kana membagikan artikel mengenai Ebird.org. 

eBird.org 

eBird.org adalah sebuah situs website yang dimiliki oleh Cornell’s Lab Ornithology yang sangat berguna bagi bagi pecinta burung kerana memuat data data mengenai burung burung yang ada didunia keanekaragaman hayati untuk digunakan dalam sains. eBird adalah database online pengamatan burung yang menyediakan data real-time burung burug yang diamati diseluruh dunia.
situs eBird.org
eBird.org


di situs ini kita bisa berkontribusi  untuk mencatat data observasi pengamatan burung yang pernah kita lihat , khususnya jumlah individu dan jenis-jenis burung yang kita lihat. Data ini kemudian dikumpulkan di database ebird dan dapat diakses oleh semua member yang terdaftar, dan dapat digunakan oleh para peneliti dan pengamat burung lain di seluruh dunia untuk kepentingan dunia ornithologi. sebagai amatiran kita juga bisa berkontribusi mengirimkan data data tentang burung

cara mendaftar akun eBird.org


cara menfdaftarnya cukup mudah, hanya perlu mengeklik crate acaunt dan akan langsung dialihkan ke halaman from pengisian data. data yang diperlukan hanya First name, Last name, username,  password address, lalu klik crate accaunt.
cara mendaftar akun eBird.org
cara mendaftar akun eBird.org
jangan lupa Kunjungi email Anda dan klik link konfirmasi/verifikasi  pendaftaran di email yang dikirimkan oleh ebird. Jika Anda tidak menemukan email tersebut di inbox kemungkinan masuk folder Spam.

memasukan atau mengirim data ke eBird.org

pada halaman depan atau beranda  ebird.org  klik submit, lalu isikan data tempat dimana kita menemukan burung tersebut.
mengirim data ke eBird.org
mengirim data ke eBird.org
 Cari lokasi pengamatan Anda di peta. Jika lokasi pengamatan Anda sudah tercatat di ebird, lokasi ini akan ditandai dengan pin berwarna biru. Klik pin ini dan tekan “continue” untuk melanjutkan.
mengirim lokasi data ke eBird.org
mengirim lokasi data ke eBird.org
  • Akan ada pertanyaan “Suggest this as new birding hotspot” atau “sarankan tempat ini sebagai titik pengamatan baru”. Silahkan pilih sesuka anda “yes” untuk menyarankan lokasi anda sebagai lokasi yang sangat baik untuk mengamati burung, atau “no” jika anda tidak menyarankannya. Kemudian klik “continue”.
  • Di halaman baru, Anda diminta untuk memasukan detail pengamatan lain.
  • Isi tanggal, bulan dan tahun pengamatan di kolom yang tersedia.
  • Isi juga tipe pengamatan Anda, apakah “Travelling” (Anda mengamati burung sambil berjalan di lokasi pengamatan), “Stationary” (Anda mengamati burung di lokasi yang tetap, tidak bergerak seperti di pos pengamatan), “Incidental” (Anda tidak bermaksud mengamati burung tapi melihat spesies yang menarik, seperti sedang naik kereta, bus, jalan kaki, berkebun dll) atau “others
ikutilh semua intruksi pada berikutnya, dan masukan data dengan benar dan hingga selesai.


sekian kawan semoga artikel ini bermanfaat.
Mas Ely
Ely setiawan asal banyumas, seorang mahasiswa peternakan, pemilik blog elysetiawan.com dan elyjawa.blogspot.com

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter