Apa itu Kedokteran Hewan?

Elyaetiawan.com Menurut kamus Merriam-Webster, definisi kedokteran hewan (veterinary medicine) adalah ilmu (science) dan seni (art) yang berhubungan dengan pemeliharaan kesehatan dan pencegahan, pengurangan atau penurunan, dan pengobatan penyakit dan cedera pada hewan khususnya hewan domestik.
dokter hewan
dokter hewan
Dalam mempelajari kedokteran hewan, seperti juga kedokteran, di dalamnya ada perpaduan antara ilmu dan seni yang tidak terpisahkan dan saling mendukung dan berinteraksi. Seni didefinisikan sebagai sesuatu yang dibentuk oleh imajinasi dan keterampilan dan menghasilkan ide yang penting. Dalam mendiagnosa penyakit dan melakukan pengobatan, seorang dokter hewan dituntut untuk menggunakan ilmu dan seninya, yang tentunya sangat dipengaruhi oleh pengalaman (jam terbang) seorang dokter.

Kedokteran hewan merupakan cabang ilmu kedokteran tentang studi, promosi dan pemeliharaan kesehatan hewan, pencegahan, diagnosis, dan pengobatan penyakit hewan; menjaga ikatan manusia-hewan; turut mempromosikan dan memelihara kesehatan manusia; serta menjaga ketersediaan dan menjamin keamanan pangan nasional.


Perkembangan keilmuan dalam kedokteran hewan saat ini sangat pesat. Beberapa bidang studi yang telah dikembangkan antara lain biomedis, kedokteran perbandingan (comparative medicine), teknologi molekular berbasis hewan (misalnya stemm cells), higiene pangan berasal dari hewan, ekonomi veteriner, dan teknologi reproduksi (misalnya in-vitro fertilisation), yang semuanya sangat mendukung untuk kesehatan dan kesejahteraan manusia. Hal ini menjadi semboyan Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia yaitu „Manusya Mriga Satwa Sewaka“ yang artinya „mensejahterakan manusia melalui kesehatan hewan“.

Dengan meningkatnya penyakit-penyakit infeksi baru (emerging infectious diseases) pada manusia, yang ternyata 75%-nya bersumber pada hewan atau dikenal sebagai penyakit zoonotik, peran dokter hewan sangat esensial. Bahkan beberapa ahli menyatakan „Veterinarians are on the front line in preventing and combating of zoonotic diseases“ atau „Dokter Hewan merupakan garda terdepan dalam pencegahan dan pemberantasan zoonosis“.

0 Response to "Apa itu Kedokteran Hewan?"

Post a Comment

silakan berkomentar dengan sopan yah :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel