riwayat organisasi penting atau tidak bagi mahasiswa ?

Elysetiawan.com Apakah riwayat organisasi saat masih menjadi mahasiswa sangat penting dalam melamar pekerjaan? mungkin itulah pertanyaan banyak mahasuiswa saat kita masih kuliah atau mungkin akan melamar pekerjaan. riwayat organisasi selalu kita cantumkan ketika melamar pekerjaan, terutama pada CV (Curriculum Vitae) surat lamaran kerja.

riwayat organisasi pada cv lamaran kerja penting atau tidak bagi mahasiswa
riwayat organisasi pada cv lamaran kerja


Ada berbagai versi jawaban dari pertanyaan riwayat organisasi apakah penting bagi mahasiswa , ada yang mengatakan penting, ada yang mengatakan tidak penting, ada juga yang mengatakan keduanya, penting dan tidak penting.  berikut akan saya jelaskan secara singkat.


 Apakah riwayat organisasi saat masih menjadi mahasiswa  penting

riwayat organisasi Penting 

riwayat organisasi Penting bagi mahasiswa; apabila Anda hendak melamar pekerjaan yang memerlukan kerja tim. 
cv riwayat organisasi penting atau tidak bagi mahasiswa
cv riwayat organisasi
bekerja dalam tim membutuhkan komunikasi yang baik, komunikasi yang baik saat berorganisasi akan terlatih atau diasah, sehingga saat bekerja dengan tim tidak ada halangan yang berarti. jenis pekerjaan lain yang memerlukan kerjasama tim dengan banyak orang atau manusia maka riwayat organisasi ini sangat diperlukan. tidak terkecuali dengan bidang peternakan kerana yang kita hadapi selain hewan ternak adalah masyarakat. komunikasi yang baik dengan masyarakat peternak akan membantu usaha kita menjadi lancar. 


riwayat organisasi Tidak penting


riwayat organisasi bagi mahasiswa Tidak penting!, alkisah Seorang CEO perusahaan IT pernah mengisi acara seminar di kampus.

motivator memberikan materi riwayat organisasi penting atau tidak bagi mahasiswa
motifator memberikan seminar materi
Ia menjelaskan bahwa riwayat organisasi tidak begitu penting. Kesimpulan dari CEO tersebut begini,


Sertifikat organisasi tidak dibutuhkan lagi pada zaman ini karena itu tidak menunjukkan skill yang kalian miliki. Ini adalah pemikiran kuno. 
seketika (Ruangan seminar menjadi heboh karena banyak mahasiswa organisasi yang merasa tersinggung). Kalian diam dulu! Begini logikanya, apakah dengan sertifikat BEM & HIMA yang kalian miliki bisa menunjukkan bahwa kalian hebat dalam pemrograman? Apakah dengan menjadi ketua organisasi kalian dapat menyelesaikan algoritma rumit? Padahal perusahaan mencari karyawan untuk membuat program komputer, bukan untuk berorganisasi. (Semua mahasiswa yang ikut organisasi menunduk malu di hadapan mahasiswa yang lain). Seharusnya kalian menginvestasikan waktu untuk belajar dan mengembangkan skill.
Tidak usah kita  mendewakan organisasi hingga rela pulang malam demi rapat untuk membuang waktu dan tenaga pada sebuah “solidaritas” organisasi.

Jika mengikuti organisasi itu dapat meningkatkan produktivitas, maka itu adalah organisasi yang menguntungkan. Sayangnya banyak sekali organisasi sampah yang hanya menguras waktu dan tenaga anggotanya.
riwayat organisasi penting atau tidak bagi mahasiswa organisasi sampah menguras waktu dan tenaga anggotanya.
organisasi sampah menguras waktu dan tenaga anggotanya.

 Kampus dan sekolah seperti punya tujuan tersembunyi dengan memanfaatkan tenaga gratis dari para anggota organisas :v .
banyak Senior atau kakak tingkat  selalu menebar kebohongan secara turun-temurun pada generasi berikutnya. Kita ditakut-takuti untuk ikut organisasi agar tidak sulit dalam melamar pekerjaan. Bullshit! Meskipun ada benarnya, tetapi kita jangan menelan mentah mentah omongan orang. 

riwayat organisasi penting, namun bukan yang paling utama. 


 jawaban-jawaban sebelumnya  yang sangat bertolak belakangi, maka jawaban ini adalah anternatif yang tepat menurut saya. riwayat organisasi itu riwayat organisasi penting, namun bukan yang paling utama. 
tingkat kepentingannya tergantung jenis pekerjaan yang dilamar. Untuk pekerjaan yang lebih teknis, saya rasa skill teknis yang dimiliki lebih dilihat oleh perusahaan. Namun, apabila perusahaan mendapatkan banyak kandidat dengan skill teknis yang setara, lebih besar kemungkinan mereka yang punya poin lebih (seperti riwayat organisasi) akan lebih dilihat.artinya riwayat organisasi hanyalah faktor pendukung saja. 
riwayat organisasi penting atau tidak bagi mahasiswa
pilih organisasi yang benar

Untuk pekerjaan yang lebih manajerial atau stratejik, tingkat kepentingan riwayat organisasi bagi mahasiswa juga biasanya lebih tinggi. Bahkan posisi teknis sekalipun di zaman sekarang menuntut seseorang untuk berkomunikasi dengan baik dan dapat bekerjasama dalam sebuah tim, di mana pengalaman organisasi dapat menjadi bukti. 

berorganisasi dapat memberikan pengalaman-pengalaman berikut:
  • Bekerja dengan orang lain dalam tim atau lingkungan organisasi dan merasakan dinamika kelompok
  • Berkomunikasi secara efektif kepada anggota organisasi lainnya
  • Memimpin diri sendiri dan organisasi
  • Bekerja sama untuk menyelesaikan suatu tanggung jawab yang besar
  • Analisis tujuan dan masalah hingga menjadi sesuatu yang dapat dicapai
  • Manajemen pekerjaan, seperti pembagian tugas, delegasi pekerjaan, pengukuran progress, pemberian instruksi, dll.
  • Birokrasi
  • Dan masih banyak lagi.
jadi, terlepas dari tingkat kepentingannya bagi posisi pekerjaan yang Anda ingin lamar, riwayat berorganisasi bagaimanapun akan berguna bagi setiap orang, asalkan ia berorganisasi dengan benar.  

kesimpulan jawaban riwayat organisasi penting atau tidak.


riwayat organisasi bagi mahasiswa penting, tetapi jangan sampai kita terlalu ''gila''  Kerana berorganisasi hanyalah faktor pendukung, jangan sampai melupakan tujuan kita menjadi mahasiswa yaitu menuntut ilmu sebanyak mungkin, dan jangan lupa kepada orang tua atau pihak lain yang membiayai kita.
sekali lagi berorganisasi hanyalah faktor pendukung kita dalam mencari dan memperlanjar kita ketika bekerja pada perusahaan ataupun lingkungan masyarakat.  

yang perlu kita fokuskan saat mahasiswa dan  berorganisasi:

  • Fokus pada kualitas, bukan kuantitas
  • Fokus pada value apa yang dapat Anda berikan saat berorganisasi, dan apa yang Anda dapat pelajari darinya.
  • Soft skill dan hard skill sama pentingnya. Jangan lupakan salah satu.
  • Cari organisasi di mana Anda dapat menjadi diri Anda sendiri dan nyaman menjalankannya.
  • tingkatkan terus Skill & penguasaan bidang yang ditekuni.
  • perbanyak Sertifikat keahlian/izin pada suatu bidang, sertifikat lomba atau kompetisi yang pernah dimenangkan, riwayat proyek, jurnal, karya ilmiah, atau pencapaian yang berhasil.
  • yang terakhir dan tidak kalah penting Ijazah sesuai bidang dengan IPK yang baik (opsional). kerana setelah kita lulus kita tidak dapat merubah IPK yang kita peroleh, dan jangan sampai kita menyesal, kerana penyesalan selalu dibelakang. 
sekian pembahasan apakah riwayat organisasi bagi mahasiswaitu  penting atau tidak penting. semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply to "riwayat organisasi penting atau tidak bagi mahasiswa ?"

Post a Comment

silakan berkomentar dengan sopan yah :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel