proses Pasteurisasi pada susu cair UHT

Elyseytiawan.com susu merupakan bahan  atau produk asal ternak yang mudah sekali rusak, sehingga perlu penanganan yang extra khusus.  berikut ini adalah proses penanganan susu cair dengan metode Pasteurisasi pada susu cair UHT
susu cair UHT
susu cair UHT

Susu UHT dari peternakan

sapi diperah untuk diambil susunya, lalu Susu dari peternakan dibawa ke pabrik susu uht diproses dan dikemas sehingga siap didistribusikan. Susu sapi biasanya dibawa dari peternakan ke pabrik dalam suhu 4 derajat celsius.
keadaan sapi perah yang ada di kandang
keadaan sapi perah yang ada di kandang

 Susu yang telah diperah agar aman dikonsumsi minimal harus melewat proses pasteurisasi untuk menghilangkan bakteri berbahaya.

berkut proses yang dilalui oleh susu adalah pasteurisasi atau pemasnasan dalam waktu singkat
pabrit pengolahan susu cair uht
pabrit pengolahan susu cair

PASTEURISASI susu

Pasteurisasi adalah proses pemanasan makanan, biasanya cair, dengan suhu tertentu untuk jangka waktu tertentu, dan kemudian pendinginan segera.
Pasteurisasi susu cair
Pasteurisasi susu cair
Proses ini memperlambat pertumbuhan mikroba dalam makanan. proses Pasteurisasi pada susu sangat perlu  untuk memperlambat atau mencegah laju pertumbuhan bakteri mikroba pada susu.
proses Pasteurisasi susu cair segar
proses Pasteurisasi susu cair segar


 Susu pasteurisasi adalah susu segar yang telah mengalami pemanasan pada suhu di bawah 100oC. Standar pasteurisasi menggunakan suhu 62oC selama 3 menit atau suhu 71oC selama 15 detik. Pemanasan tersebut bertujuan mematikan bakteri – bakteri patogen, sehingga susu pasteurisasi dalam jangka waktu tertentu aman untuk diminum tanpa harus dipanaskan lagi. Pada penyimpanan dingin ± 4oC, susu pasteurisasi tidak rusak dalam waktu ± 7 hari

susu cair UHT

 Ada beberapa jenis susu yang umumnya dijual di pasaran, seperti susu bubuk atau susu ultra-high temperature (UHT). Susu  UHT adalah singkatan Ultra high temperature.
susu pasterisasi uht
susu ultra-high temperature (UHT).

Berikut ini saya akan membahas susu UHT. 
MACAM MACAM susu  yang ada pada pasaran
MACAM MACAM susu pada pasaran
 susu UHT atau Ultra high temperature  adalah metode pengawetan  pada susu. 

 proses pengolahan susu UHT

tangki-tangki metal raksasa yang saling terhubung dengan pipa. Dalam tangki-tangki tersebut lah susu sapi dipasteurisasi atau dipanaskan dalam suhu kurang dari 100 derajat celsius.
pemerosesan susu pada pabrit susu UHT
pemerosesan susu pada pabrit susu UHT
Meski mengolah susu dalam jumlah masif, di tempat tersebut tidak melihat banyak personel yang bekerja di ruang processing. Kenapa ya?
“Kita tidak bisa lihat susu yang diproses karena semuanya berada dalam tangki dan pipa. Semua mesin juga sudah menggunakan automatic control. Jadi dalam proses pengolahan susu, tak ada campur tangan manusia

 Susu  cair segar  terleih dahulu dipanaskan selama 2-3 detik di suhu 135 sampai 150° C dan segera didinginkan sampai 4-5° C . Waktu pemanasan yang singkat dimaksudkan untuk mencegah kerusakan nilai gizi susu serta untuk mendapatkan warna, aroma da rasa yang relatif tidak berubah seperti aslinya. Semua kuman atau mikroorganisme termasuk bakteri patogen (patogen) dihancurkan oleh suhu ultra tinggi. 

 lama penyimpanan susu UHT

Susu UHT lama penyimpana dapat disimpan setidaknya enam minggu. Namun proses pengolahan saja tidak cukup untuk membuat susu UHT tahan lama hingga ke tangan konsumen. Susu UHT harus dikemas dalam kemasan aseptik yang steril.
kemasan Tetra Pak atau kemasan berteknologi Tetra Prisma Aseptic  susu uht
kemasan Tetra Pak atau kemasan berteknologi Tetra Prisma Aseptic  susu uht

Kemasan susu UHT yang bagus adalah Tetra Pak atau kemasan berteknologi Tetra Prisma Aseptic,
 kemasan karton susu UHT dari Tetra Pak terdiri atas 6 lapisan. Bahannya terbuat dari dari Polyethylene, kertas, dan aluminum foil. Kemasan Tetra Pak Aseptic terdiri atas 6 lapisan untuk mempertahankan kualitas produk di dalamnya. Ini standar untuk susu UHT. Aluminum foil adalah lapisan paling penting karena merupakan penghalang dari kontaminasi oksigen, cahaya, maupun kelembaban dari luar.

Leave a Reply to "proses Pasteurisasi pada susu cair UHT"

Post a Comment

silakan berkomentar dengan sopan yah :)

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2