Latest Posts

perbedaan kelinci dengan terwelu

Elysetiawan.com halo kawan kawan mas ely semuanya, kali ini saya akan membahas tentang perbedaan dasar kelinci dengan terwelu.

perbedaan dasar kelinci dengan terwelu

perbedaan mendasar terwelu dengan kelinci
perbedaan mendasar terwelu dengan kelinci
terwelu dan kelinci memiliki perbedaan dan kesamaan.  kesamaan yaitu masih termasuk keluarga/famili famili Leporidae. perbedaan terwelu meliputi Tempat Tinggal, anakan, ukuran tubuh dan ukuran telinga. berikut adalah pembahasannya.

Terwelu atau tegalan

Terwelu atau tegalan adalah binatang menyusui berukuran kecil. Binatang menyusui ini termasuk ke dalam keluarga Leporidae.
perbedaan Terwelu atau tegalan dengan kelinci Terwelu atau tegalan memiliki daun telinga yang panjang
Terwelu atau tegalan memiliki daun telinga yang panjang
perbedaan mendasar dengan kelinci adalah Terwelu bisa lari pada kecepatan 70 kilometer/jam. Panjangnya 50– 70 cm, dengan berat tubuh 4–5 kg. Kepalanya kecil, kumisnya panjang, dan jika daun telinganya ditarik ke depan, panjangnya bisa melampaui ujung hidungnya. Warna bulunya kelabu, coklat, dan di bagian bawah perutnya berwarna putih. Terwelu gemar makan rumput, daun, dan tunas tanaman. Ia kerap berjingkat, mengangkat telinganya, dan mencium-cium udara. Indranya sangat tajam.  terwelu biasanya membuat sarang dari rumput rumputan. anak terwelu atau  bayi terwelu lebih cepat berjalan dan mandiri. Pada saat pertama lahir, bayi terwelu juga sudah membuka matanya. Ukuran terwelu lebih besar dari kelinci

 Kelinci

Kelinci adalah hewan mamalia dari famili Leporidae, yang dapat ditemukan di banyak bagian bumi.
Kelinci adalah sebagian hewan yang masuk dalam famili Leporidae (sebagiannya lagi adalah terwelu). Kelinci dikenal oleh masyarakat nusantara pada masa kolonial. Umumnya kelinci dijadikan hewan peliharaan dan pedaging. untuk Masa hidup kelinci berkisar antara 5-10 tahun.
gambar kelinci dengan terwelu gambar kelinci  memiliki daun telinga yang pendek
gambar kelinci  memiliki daun telinga yang pendek
 perbedaan mendasar kelinci dengan terwelu adalah kelinci  memiliki daun telinga yang pendek, sedangkan terwelu memiliki daun telingan yang panjang. untuk sarang kelinci berada dilubang tanah.
Kelinci berkembangbiak dengan cara beranak yang disebut vivipar.

Bayi kelinci pertama lahir itu tidak berdaya. saat lahir anak kelinci masih buta atau tidak bisa melihat. Dulunya, hewan kelinci adalah hewan liar yang hidup di Afrika hingga ke daratan Eropa.
Pada perkembangannya, tahun 1912, kelinci diklasifikasikan dalam ordo Lagomorpha. Ordo ini dibedakan menjadi dua famili, yakni Ochtonidae (jenis pika yang pandai bersiul) dan Leporidae (termasuk di dalamnya jenis kelinci dan terwelu)

Secara umum, kelinci terbagi menjadi dua jenis. Pertama, kelinci bebas. Kedua, kelinci peliharaan. Yang termasuk dalam kategori kelinci bebas adalah terwelu (Lepus curpaeums) dan kelinci liar (Oryctolagus cuniculus). Perbedaan kelinci dan terwelu:
  • Kelinci biasanya memiliki lubang sebagai sarangnya, di mana mereka membesarkan anak-anaknya. Anak-anak kelinci biasanya terlahir tak berdaya, belum mampu melihat dan tak berbulu.
  • Terwelu tidak bersarang di dalam lubang, melainkan hanya di atas hamparan rumput.
  • Anak-anak terwelu lebih cepat mandiri, sejak lahir mereka telah memiliki bulu dan matanya pun terbuka.
  • Ukuran terwelu biasanya lebih besar daripada kelinci, telinganya (juga lebih panjang, serta memiliki bercak-bercak hitam pada bulunya.
  • Kelinci telah lama dipelihara oleh manusia sedangkan terwelu secara relatif masih hidup di alam bebas.
Mas Ely
Ely setiawan asal banyumas, seorang mahasiswa peternakan, pemilik blog elysetiawan.com dan elyjawa.blogspot.com

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter