Mengenal ras kucing angora asli



Kucing angora asli 

Kucing angora asli adalah ras kucing yang berasal dari kota ankara, turki. angora berbulu panjang (longhair), halus, dan mengilap. berperawakannya sangat gagah dan elega .mata angora besar dan berbentuk almond. Kucing angora asli Warna mata tersebut sangat bervariasi. ada yang berwarna biru, hijau, kuning, dan warna tembaga. ada pula odd-eyed yang digadang-gadang sebagai angora yang paling banyak diminati.

Kucing angora asli yang banyak diminati
Kucing angora asli yang banyak diminati
Kucing angora asli turki telinganya tegak, besar, dan tinggi dengan posisi yang sejajar dan simetris. ujung telinga hingga dagu atau mulut membentuk segi lima imajiner. Segi lima tersebut merupakan ciri khas yang sangat menentukan kualitas angora.ras ini mempunyai warna yang cukup variatif, seperti warna solid, bicolour, tabby, dan lain-lain. Bahkan, ada beberapa kucing angora dari hasil kawin silang yang mempunyai pola warna cokelat, lavender, dan pointed.

kelangkaan ras kucing angora asli

Ras murni kucing angora asli pernah nyaris punah. Penyebabnya,adalah  pasca perang salib, kucing ini diimpor secara masif ke eropa untuk meningkatkan kualitas bulu kucing persia yang memang saat itu sangat digemari. akibat kelangkaannya, pada awal 1900-an, tidak ada satu pun kucing angora yang mengikuti kontes internasional.
ras kucing angora asli turki
ras kucing angora asli
 Demi melindungi ras kucing angora asli dari kepunahan, berbagai upaya pun dilakukan. Salah satunya adalah menangkar semua ras kucing angora asli di Kebun Binatang ankara. Di kebun binatang tersebut, semua ras kucing angora asli  di-breeding secara ketat untuk melindungi kemurniannya.

 Anakan yang dilahirkan pun tetap dilarang keluar dari kebun binatang, khususnya yang berbulu putih dan odd-eyed. cara lain yang dilakukan untuk melindungi angora dari kepunahan adalah dengan mengirim beberapa pasang kucing angora ke amerika untuk diteliti dan di-breeding, yaitu pada 1963. 

Penelitian itu menjadikan angora diakui cFa, tica, dan FiFe (1973).Selain karena diambang kepunahan, alasan lain kucing angora dijaga ketat dan dilarang keluar turki adalah pengistimewaan masyarakat turki terhadap kucing tersebut. mereka menganggap bahwa angora adalah hewan yang sakral. Saking sakralnya, sebagian masyarakat turki percaya bahwa pendiri negara turki modern, attaturk, yang sangat mereka hormati, berinkarnasi menjadi turkish kucing angora berbulu putih dan odd-eyed  (warna biru dan tembaga).

kucing angora berbulu putih dan odd-eyed tembaga dan biru
kucing angora berbulu putih dan odd-eyed
Kenapa kucing angora asli berbulu putih dan odd-eyed ? 

Sebab kucing angora asli berbulu putih dan odd-eyed memiliki kisahnya sendiri.  Tersebar kisah bahwa nabi muhammad mempunyai kucing yang bernama muezza atau secara transliterasi lebih tepat ditulis mu’izzah. Konon, muezza adalah kucing angora putih bermata unik (odd-eyed).

muezza kucing angora nabi muhammad
muezza kucing angora nabi muhammad
Kisahnya pun beragam. ada kisah tentang nabi muhammad yang memotong jubahnya supaya tidak mengganggu mueeza yang sedang tertidur di pangkuannya. ada pula kisah tentang muezza yang selalu mengeong ketika mendengar suara azan.akan tetapi, kebenaran kisah tersebut, termasuk esksistensi muezza, perlu diteliti lebih lanjut. 

Sebab, sejauh penelitian, belum ditemukan satu pun referensi ilmiah berkaitan dengan muezza, baik dalam buku hadis maupun buku-buku ilmiah lain. Dalam situswikipedia (berbahasa inggris) disebutkan, kisah muezza kemungkinan adalah folktale yang baru muncul di akhir abad ke-19 atau awal abad ke-20. masih dari sumber yang sama, dikatakan bahwa kisah muezza didasari dari kisah seorang sufi yang hidup di zaman Medieval, Syaikh Ahmad Ar-Rifa’i. Sang sufi tersebut berkisah, ia memotong jubahnya supaya tidak mengganggu kucing yang sedang tertidur di atas jubahnya tersebut. Setelah itu, sang sufi menjahitnya kembali dan berkata, “tak ada yang berubah!”

Leave a Reply to "Mengenal ras kucing angora asli "

Post a Comment

silakan berkomentar dengan sopan yah :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel