mengatasi kanibalisme pada ayam dengan efektif

Kanibalisme pada ayam

Elysetiawan.com kanibalisme pada ayam adalah Kebiasaan ayam mematuk individu lainnya atau saling patuk mematuk yang kadang sampai menimbulkan kematian  kanibalisme pada ayam  adalah masalah sosial ayam yang berkaitan dengan tingkah laku yang paling umum dan sering dijumpai dalam pemeliharaan ayam yang dikandangkan pada tingkat kepadatan yang tinggi.

pemeliharaan ayam dengan kepadatan tinggi dapat menyebabkan kanibalisme
pemeliharaan ayam dengan kepadatan tinggi


. kanibalisme pada ayam sering terjadi  dalam kondisi pemeliharaan ayam secara terkurung bahkan bisa menyebabkan kematian ayam. 
contoh ayam yang mengalami kanibalisme
contoh ayam yang mengalami kanibalisme
Beberapa penyebab yang diduga menimbulkan gejala kanibalisme adalah defisiensi nutrien tertentu, tempat yang terlalu sesak, tidak cukupnya tempat makan dan minum, atau terlalu banyak cahaya yang ada di dalam kandang.

 Penyebab utama dari kanibalisme ayam

Kanibal adalah kebiasaan ayam yang saling mematuk sesama ayam dan bahkan memakan telurnya. Penyebab utama dari kanibalisme adalah sebagai berikut :

  • Ayam kekurangan pakan atau juga nutrien, cara mengatasinya adalah dengan menambah pakan dan air bersih, kalau perlu air minum ditambah dengan sedikit garam dapur, yaitu 5g/liter air selama dua hari berturut-turut.
  • Jumlah ayam dalam satu kandang terlalu padat, sehingga ayam akan saling berebut untuk mendapatkan tempat yang nyaman. Untuk itu luas lantai kandang perlu diperluas atau jumlah ayam dikurangi untuk setiap kandangnya.
  • Udara didalam kandang terlalu panas, kelembapan tinggi. Untuk menanggulangi hal ini kandang perlu diberi ventilasi yang cukup
  • Ayam kekurangan batu-batuan (grit), untuk mengatasinya ayam perlu diberi garam dapur

cara yang paling ampuh untuk mencegah kanibalisme

cara yang paling ampuh untuk mencegah kanibalisme pada ayam adalah dengan pemotongan paruh sebesar 1/4-1/3 panjang paruh menggunakan gunting atau debeaker. 
pemotongan paruh dengan debeaker untuk mencegah kanibalisme ayam
pemotongan paruh dengan debeaker

tujuan potong paruh adalah sebagai berikut

  1. Mengurangi resiko kejadian kanibal;
  2. Diharapkan susut jumlah ayam saat periode produksi berkurang, terutama mengurangi resiko dobol (prolapsus). Standar susut jumlah ayam dari umur 20 – 80 minggu, maksimum 10%. Bila susut jumlah ayam >15%, sulit untuk mencapai produksi telur hen house (H.H) >325 butir atau 21 kg telur per ekor;
  3. Agar ayam makannya menjadi lebih efisien, mengurangi resiko pakan tercecer akibat pilih-pilih makanan. Jadi bukan hanya memakan makanan yang berbentuk butiran (pellet, crumble) tapi juga ikut termakan makanan yang berbentuk tepung (mash). Ingat, semua strain ayam petelur meng-klaim F.C.R-nya bisa 2,10 – 2,20;

Leave a Reply to "mengatasi kanibalisme pada ayam dengan efektif"

Post a Comment

silakan berkomentar dengan sopan yah :)

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2