alasan kenapa hewan bisa melompat tinggi saat kaget

hewan melompat tinggisaat kaget


hewan saat kaget  bisa melompat tinggi saat kaget terutama untuk hewan bertulang belakang adalah kerana adanya gerak reflek.


Gerak refleks  


Gerak refleks  adalah gerak spontan yang tidak melibatkan kerja otak. Gerak ini dilakukan tanpa kesadaran. Gerak ini berguna untuk mengatasi kejadian yang tiba-tiba. Gerak refleks ialah gerakan pintas ke sumsum tulang belakang. 
contoh hewan bertulang belakang vertebrata dan hewan tidak bertulang  invertebratabelakang.
contoh hewan bertulang belakang dan hewan tidak bertulang belakang.

saya conthkan untuk hewan kucing.

gerak reflek kucing


 kucing merupakan hewan vertebra atau bertulang belakang, sehingga mengalami gerak reflek.
gerak reflek pada kucing
gerak reflek pada kucing
Refleks sebenarnya merupaka gerak respons dalam usaha mengelak dari suatu rangsang yang dapat membahayakan atau mencelakakan. Gerak refleks berlangsung dengan cepat sehingga tidak disadari oleh pelaku yang bersangkutan. gerak reflek sangat dipengaruhi oleh saraf.


Saraf


Saraf adalah serat-serat yang menghubungkan organ-organ tubuh dengan sistem saraf pusat (yakni otak dan sumsum tulang belakang) dan antar bagian sistem saraf dengan lainnya. Saraf membawa impuls/rangsangan dari dan ke otak atau pusat saraf. Neuron kadang disebut sebagai sel-sel saraf, meski istilah ini sebenarnya kurang tepat karena banyak sekali neuron yang tidak membentuk saraf.
saraf pada mahluk hidup
saraf pada mahluk hidup
Saraf adalah bagian dari sistem saraf periferal. Saraf aferen membawa sinyal sensorik ke sistem saraf pusat, sedangkan saraf eferen membawa sinyal dari sistem saraf pusat ke otot-otot dan kelenjar-kelanjar. Sinyal tersebut seringkali disebut impuls saraf, atau disebut potensial akson. 
saraf pada mahluk hidup
saraf

mekanisme gerak reflek


Neuron/saraf konektor merupakan penghubung antara neuron sensorik dan neuron motorik. Jika neuron konektor berada di otak,maka refleksnya disebut refleks otak.
Jika terletak di susmsum tulang belakang, maka refleksnya disebut refleks tulang belakang. Gerakan pupil mata yang menyempit dan melebar karena terkena rangsangan cahaya merupakan contoh refleks otak. Sedangkan gerak lutut yang tidak disengaja merupakan gerak sumsum tulang belakang
Pengaturan penerima rangsangan dilakukan oleh alat indera, pengolah rangsangan dilakukan oleh saraf pusat yang kemudian meneruskan untuk menanggapi rangsangan yang datang dilakukan oleh sistem saraf dan alat indera.
cara kerja gerak reflek
cara kerja gerak reflek
Rangsangan dapat berasal dari luar tubuh (eksternal) misalnya suara, cahaya, bau, panas, dingin, manis, pahit dan sebagainya. Sedangkan rangsangan yang berasal dari dalam tubuh disebut juga rangsangan internal, misalnya rasa haus, lapar, dan nyer.
sekian, semoga dapat menjawab pertanyaan.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "alasan kenapa hewan bisa melompat tinggi saat kaget"

Post a Comment

silakan berkomentar dengan sopan yah :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel