6 hobi yang mengasah otak agar cerdas


Berikut 6 hobi yang mengasah otak agar cerdas:

1. Catur

  • Catur tidak hanya merupakan hobi yang menarik, kerana catur mengasah otak kita, namun juga telah terbukti bisa membuat kita lebih cerdas dengan melatih kedua sisi otak kita. Studi telah menunjukkan catur bisa meningkatkan IQ pada siswa, memicu kreativitas, meningkatkan daya ingat, memperkuat konsentrasi, mencegah pikun atau Alzheimer dan menumbuhkan dendrit (cabang seperti pohon yang mengirim sinyal dari sel syaraf lain. Semakin besar dendrit, semakin banyak sinyal yang Anda tangkap).

​2. Membaca

  • Seperti banyak jawaban lainnya, membaca sangat penting untuk meningkatkan kemampuan kognitif seseorang, kreativitas, dan membuat otak awet muda. Membaca tidak hanya mengurangi stres, namun juga menstimulasi cerebral cortex pada otak dengan membangun sinapsis baru dan memperkuat sinapsis yang sudah ada. Membaca akan membangun kosa kata, kecerdasan lisan, dan daya ingat.

​3. Menulis/Blogging/Menjawab pertanyaan Quora

  • Ini adalah salah satu favorit saya. Selain meningkatkan kemampuan berkonsentrasi dan mengekspresikan gagasan. Anda juga memperoleh manfaat pengetahuan yang fantastis. Untuk menulis sesuatu Anda harus kembali melihat hobi nomor 2. Lakukan sesering mungkin. Melakukan riset dan menuliskan semuanya dengan kata-kata sendiri membantu Anda mengingat lebih baik. Anda juga bisa mempelajari berbagai hal baru yang menarik, yang akan membuat Anda menjadi orang yang lebih menarik dan cerdas. Cobalah dan jawab pertanyaan Quora sekarang juga :)

4. Berolahraga

  • Ilmuwan di seluruh dunia hampir semuanya setuju bahwa berolahraga baik untuk otak. Olahraga mengurangi stres dan meningkatkan sirkulasi darah ke otak. Peneliti di University of British Columbia menemukan bahwa olahraga aerobik sederhana meningkatkan ukuran hippocampus - area pada otak yang terlibat dalam memori verbal dan pembelajaran. Jadi, entah Anda suka lari maraton atau tidak pernah mengangkat beban sekali pun seumur hidup Anda - sekarang waktunya untuk berolah raga secara rutin. Berlarilah atau pergi ke pusat kebugaran. Yang terutama saya sarankan adalah olahraga di pagi hari sebelum bekerja atau bersekolah. Anda akan berpikir lebih cerah dan punya banyak energi di sepanjang hari.

5. Bermain alat musik

  • Sebagai pendidik TED Anita Collins mengatakan "Saat Anda mendengarkan musik, beberapa area dari otak Anda akan terlibat dan aktif. Namun saat Anda bermain alat musik, aktivitas itu akan menjadi sebuah latihan penuh antara badan dan otak.". Bermain alat musik pastinya harus Anda lakukan agar lebih cerdas. Hampir setiap orang cerdas dan terkenal bermain musik: Einstein bermain piano dan biola, Charles Dickens bermain akordeon, Steven Spielberg b bermain klarinet, dll. Saya sendiri bermain gitar. Bermain gitar mungkin tidak membuat saya jadi cerdas, namun membantu saya santai dan berguna sebagai meditasi. Dan ini akan membawa ke yang terakhir:

6. Meditasi

  • Ilmuwan syaraf dari Harvard Sara Laza melakukan penelitian untuk mencari hubungan antara otak dan badan selama meditasi. Temuannya menunjukkan bahwa orang yang melakukan meditasi bagian pada otak yang berfungsi untuk: belajar, kognisi, daya ingat, empati, welas asih, dan banyak lagi akan menebal:

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "6 hobi yang mengasah otak agar cerdas"

Post a Comment

silakan berkomentar dengan sopan yah :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel