kenapa banyak memilih youtube?

Elysetiawan.com halo kawan kawan semuanya, kali ini saya akan membagikan kenapa banyak orang memilih youtube daripada tv?


Saya pribadi lebih memelih Youtube ketimbang menonton TV setidaknya ada beberapa alasan, yuk kita simak !

youtube lebih dari tv
youtube lebih dari tv

1. Acara TV yang alay


  saat ini lebih banyak di hiasi oleh acara -acara alay yang tidak ada unsur edukasinya sama sekali, TV lebih mengfokuskan reting ketimbang konten acaranya, ulasannya saya sudah tulis di bawah ini.
Menurut saya setiap orang akan melewati masa-masa Alay, tapi yang jadi pertanyaan apakah kealayan itu terus berlangsung hingga dewasa?.
Saya dulu sering bertanya -tanya mengapa hal ini bisa terjadi?. Sepintas saya melihat beberapa program TV yang terindikasi ke-Alayan, diantaranya :
  1. Pagi-Pagi pasti Happy
acara alay pagi pagi bikin happy
acara alay pagi pagi bikin happy
Acara ini sering mempertemukan orang yang berselisih dengan tujuan ingin mendamaikan (apa iya?). Dipandu oleh Uya Kuya, Nikita Mirzani, dan Billy Saputra, hingga detik ini saya tidak menemukan hal yang berfaedah dari tayangan ini.
belum lagi kemarin terjadi adu jotos yang melibatkan pembawa acara dan bintang tamu, sungguh acara ini semakin unfaedah. Untuk itu saya mengajak teman-teman semua untuk menandatangani petisi di bawah ini.
petisi menutup acara acara alay pagi pagi bikin happy
petisi menutup acara acara alay pagi pagi bikin happy

        2. Pesbukers
acara alay pesbuker
acara alay pesbuker
Acara lawakan yang satu ini menurut saya sudah berlebihan dimana temanya, mengulik kehidupan pribadi, memanggil seseorang dengan hinaan. Anehnya acara ini tetap bertahan hingga sekarang.
Sebenarnya masih banyak acara yang konon terkontaminasi dengan kelaayan ini, tapi rasanya tidak terlalu penting menyebutkan semuanya. Saya akan coba bahas mengapa fenomena alay tumbuh subur di Indonesia?. Ini adalah hepotesa saya pribadi.
  1. Rating TV, Salah satu parameter dari suatu acara adalah ratingnya. Semakin tinggi rating acara tersebut maka semakin menarik para pengiklan untuk memasang iklan. Acara yang saya sebeutkan diatas rata-rata memiliki rating yang tinggi.
rumus menghitung rating acara TV
rumus menghitung rating acara TV
Jadi tidak heran banyak stasiun TV berlomba-lomba mengejar rating dan mengesampingkan kwalitas program yang mereka buat. Ada hal yang menarik, salah satu artikel kompas tahun 1994 memuat suatu fenomena yang menarik.
2. Masyarakat Indonesia yang suka tertawa, acara yang bertema lawakan selalu menjadi tranding di Indonesia. OVJ, Stand Up Comedy dan acara TV yang menonjolkan komedi menjadi pilihan utama hampir semua Stasiun TV Indonesia.
Kalau teman-teman sering Nonton YouTube pasti sering menemukan konten komedi memiliki view yang sangat tinggi seperti content-content dari Raditya Dika.
acara lawakan youtube yang vieb banyak diyoutube
acara lawakan youtube yang vieb banyak diyoutube
Dalam 2 Minggu viewnya saja sudah 8.7 Juta. Bandingkan dengan channel -channel edukasi atau berita.
Sebuah penelitian yang dilakukan peneliti dari Northwestern University di Evanston, Illinois, Amerika Serikat menemukan fakta bahwa gen bisa memengaruhi reaksi tertawa seseorang.
"Misteri penyebab orang banyak tertawa, banyak tersenyum dan tetap tenang telah ditemukan. Budaya memainkan peran di dalamnya, lalu kepribadian seseorang juga serta penelitian kami menunjukkan DNA memainkan peran seberapa kuat seseorang bereaksi terhadap tawa," ungkap penulis studi yang juga psikolog peneliti, Claudia Haase.
Memang orang Indonesia sudah keturunannya sudah suka tertawa, jatuh dari Motor tertawa, dapat nilai jelek tertawa, tertawa dan tertawa hehehe, wkwkwkw, kkkkkkkk, dan 555555555
Tidak ada yang salah dengan tertawa, saya memiliki teman-teman dari Malaysia, Thailand dan beberapa negara Asia Tenggara. Umumnya dari mereka sangat suka tertawa khususnya orang Thailand.
Saya pribadi menyayangkan acara lawak banyak yang sudah Overrated, dimana masalah pribadi menjad bahan candaan, body shaming, memanggil orang dengan panggilan yang tidak pantas dan lain sebagainya. Untuk contoh acaranya saya sudah sebutkan di atas.
3. Minat baca yang rendah
minat membaca indonesia yang rendah
minat membaca yang rendah
Kenapa minat membaca berpengaruh terhadap tontonan Alay?, sepenarawangan saya, semua teman-teman saya yang hobi membaca mayoritas mereka tidak menggemari tontonan berunsur alay, alasan mereka buang waktu, tidak ada ilmu yang bisa didapat, bahkan menambah dosa.
Dengan banyak membaca seseorang akan memiliki pandangan yang luas tentang suatu masalah, lebih bijak dan tentu lebih pandai.
Budaya membaca di Indonesia sudah mulai berkurang dimana sudah tidak adanya kewajiban membaca buku disekolah, harga buku yang cukup mahal dan kurangnya ketersediaan tempat bacaan.
The world most literate study 2016 oleh Central Connecticut State University mengatakan bahwa tingkat literasi Indonesia berada di urutan ke 60 di atas Bostwana.
Sesungguhnya masyarakat kita tidak sepenuhnya malas membaca, setidaknya penggunan Facebook dan twitter tetap tumbuh :D, seperti yang diutarakan mbk Ditta Widya Utami.



2.Bisa menonton acara TV di Youtube Stasiun TV sudah merasakan bahwa penonton mereka mulai berkurang, maka jangan heran sering kita jumpai banyak channel youtube yang dimiliki oleh stasiun TV
acara tv yang ada di youtube
acara tv yang ada di youtube
Mama saya sering menonton sinetron kesanganya di Youtube , rasanya agak aneh menurut saya. Keuntungan youtube adalah dapat memutarkan video yang kita inginkan dengan segera beda halnya dengan TV waktu sudah di set dan tidak bisa direwind.
3. Pilihan Tontonan yang banyak dan Gratis, beda halnya dengan TV dimana acara yang berkwalitas sangat sedikit dan belum lagi waktu penayangannya yang patent. Di Youtube kita bisa menonton acara favorit secara gratis kapanpun dan dimanapun. Chanel favorit saya seperti :
Tedx Talk
SmarterEveryDay
Vox
Sebenarnya masih banyak channel yang saya gemari di Youtube, dalam sehari setidaknya 4 Jam saya habiskan menonton Youtube.

Pada zaman dahulu model komunikasi ya dengan lisan
Komunikasi dengan lisan pun terkadang menjumpai masalah yaitu jarak, Si A karna jarak tidak bisa berkomunikasi dengan B. Setelah kertas muai populer munculah surat.
Dulu saya pernah buat surat seperti ini, tapi apalah daya cintaku di tolak oleh zainab. Surat - menyurat ini sangat populer di zamannya ya kurang lebih seperti zainudin dan hayati hehe.
Ahirnya muncul era Radio dan HT
Pada era ini saya sering sms teman-teman untuk mendengarkan radio, di sana saya sering kirim salam buat gebetan atau teman -teman segenk:
Radio : Dengan siapa dan di mana ?
Saya : Dengan ksatria Baja Hitam, di sungai menunaikan panggilan alam
Radio : ahahha Ksatria baja hitam dengar Radio juga ?
Saya : Yoi, Saya mau kirim salam buat para monster yang telah saya cederai, dan gebetan saya yang luput dari genggaman (z 060990).
Radio : ahahhaha, Ksatria baja hitam, mau pesan lagu apa ?
Saya : Mau pesan lagunya Kangend Band, buat teman2 saya yg lagi gamang berlumur durjana, BTW Jawaban UN sudah di tangan saya, maka berbahagialah.
Radio : maaf mas ksatria kami tidak memutar lagu-lagu kangend Band
Saya : ha ? radio kok gitu ???
Di zaman ini, lagu kangend Band di blacklist di banyak radio, disinilah peradaban membully di mulai.
radio ditahun 2010an
radio ditahun 2010an
Inilah zaman dimana para penyiar radio bak Selebram atau artis Tik-tok sekarang. Saking terkenalnya banyak cewek-cewek rela ke radio untuk bertemu sang penyiar pujaan mereka.
Zaman ketika Internet Murah
SMS adalah pilihan komunikasi yang jauh lebih murah ketimbang telp pada masanya. Ketika era internet hadir, orang-orang lebih memilih menggunakan Whatapp yang jauh lebih hemat, cepat dan memiliki banyak fitur.
Manusia pada dasarnya selalu menginginkan yang lebih dan lebih, Nabi Muhammad SAW pun pernah bersabda
Wahai sekalian manusia, sesungguhnya Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: Seandainya manusia diberi satu lembah penuh dengan emas, ia tentu ingin lagi yang kedua. Jika ia diberi yang kedua, ia ingin lagi yang ketiga. Tidak ada yang bisa menghalangi isi perutnya selain tanah. Dan Allah Maha Menerima taubat siapa saja yang mau bertaubat.” (HR. Bukhari no. 6438)[1]
Ketika kita sudah malas untuk membaca, kita lebih memilih untuk menonton, Youtube menawarkan hal itu (Audio dan Visual) dengan berjuta Content gratis.
sarana media yang digunakan masyarakat indonesia setiap hari
sarana media yang digunakan masyarakat indonesia setiap hari
Youtube menawarkan segalanya, tapi saya pribadi sudah agak terganggu dengan begitu banyaknya kontent sampah di Youtube. Semua punya masanya bisa jadi suatu saat Youtube akan di tingalkan penontonya. Sama seperti saya yang sangat jarang menggunakan Facebook dan Instagram karna yang saya cari tidak ada disana.

Kita hidup dizaman ledakan informasi yang luar biasa, kita tidak sadar kitalah sapi perah mereka. Kita tetap mendapatkan makanan dan mereka bahagia memerah, salah kah? tidak juga…….?
SEMUA ADA MASANYA…PERGUNAKAN DENGAN BAIK…
TETAP SEMANGAT^^

Leave a Reply to "kenapa banyak memilih youtube?"

Post a Comment

silakan berkomentar dengan sopan yah :)

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2