dajal mahluk atau sistem ?


ELYSETIAWAN.COM Banyak Muslim Indonesia kalau denger kata Dajjal taunya ya makhluk akhir yang akan muncul pada akhir zaman untuk menyesatkan manusia. Nyatanya tidak hanya seperti itu.
Dalam bahasa Arab, kamu harusnya menambahkan huruf Al (ال)/ Ad yang digunakan untuk merujuk ke orang/makhluk atau objek yang unik. Kalau dalam Bahasa Inggris kita pakai “the” untuk tujuan yang sama.
dajal mahluk atau sistem ?
ilustrasi dajal

Al-Dajjalu/Ad-Dajjal = The deceiver atau liar = artinya sosok yang suka menipu, pembohong atau menyesatkan manusia dari kebenaran.
Kalau Dajjal doang tanpa disertai huruf Al di depannya artinya banyak, bisa “dusta” atau “penipuan”, bukan seorang makhluk atau sebuah sistem.
Contoh lainnya ada pada gambar di bawah ini:


Dari definisi Dajjal di atas, kamu bisa memakainya, misalnya dalam kalimat gabungan indo-arab (kan lagi ngetren tuh indo-inggris) seperti “kita telah mengikuti sistem dajjal secara tidak sadar”, atau “kita telah mengikuti sistem yang menipu/menyesatkan secara tidak sadar.”

Kalau kita ingin merujuk pada fitnah terbesar pada akhir zaman biar tidak rancu ya sebaiknya pakai sebutan Al-Masih ad-Dajjal ditulis sebagai المسيح الدجّال (al-masīḥu al-dajjālu) tetapi diucapkan sebagai al-masīḥ ud-dajjāl, yang berarti Al Masih palsu/Nabi palsu (The false messiah/The false messenger). Dalam kristen dikenal sebagai Anti Kristus.

Leave a Reply to "dajal mahluk atau sistem ?"

Post a Comment

silakan berkomentar dengan sopan yah :)

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2