burung dodo burung bodoh yang punah

burung Dodo

Elysetiawan.com Perkenalkan, hewan ini bernama burung Dodo. burung Dodo (Raphus cucullatus) adalah burung yang tak dapat terbang yang pernah hidup di Pulau Mauritius. pulau Mauritius adalah sebuah negara kepulauan di barat daya Samudra Hindia, sekitar 900 km sebelah timur Madagaskar. burung dodo terkenal juga dengan sebutan Dodo Lewis Carroll, atau juga dikenal dengan sebutan Oxford Dodo.

 burung Dodo  yang punah (Raphus cucullatus)
burung dodo

burung Dodo ini sangat jinak dan mudah untuk ditangkap, sehingga hewan ini sering dijadikan sasaran empuk untuk dimakan. Burung Dodo yang banyak ditemukan di daerah Mauritus pada zaman dahulu hinga pada akhirnya punah pada tahun 1680.
burung dodo dialam liar
burung dodo
 Burung dodo terakhir telah mati sekitar 300 tahun lalu. Kini baru terungkap misteri bahwa salah satu spesimen terakhir burung dodo.

ciri ciri burung dodo


ciri ciri burung dodo
ciri ciri burung dodo
Dari gambaran artis kita tahu bahwa ciri-ciri burung dodo memiliki bulu keabu-abuan, paruh sepanjang 23 cm dengan ujung bengkok, sayap yang sangat kecil, kaki kuning yang kokoh, dan seberkas bulu keriting di bagian ujung belakangnya.
 burung Dodo adalah ternak unggsas yang sangat besar, dengan berat sekitar 23 kg. Tulang dadanya tidak bisa menunjangnya untuk terbang. burung dodo yang hidup di tanah ini berevolusi dengan memanfaatkan ekosistem pulau Mauritius yang tidak memiliki makhluk yang dapat memangsanya.


asal nama burung dodo 

Tidak jelas dari mana asal kata burung dodo berasal. Mungkin berhubungan dengan dodaars, bahasa Belanda untuk sejenis bebek. Ada hubungan antara keduanya karena kemiripan bulu di kakinya atau karena kedua binatang ini kaku. Bagaimanapun, orang Belanda juga diketahui menyebut unggas dari Mauritius ini dengan walghvogel (unggas yang membuat mual) karena rasanya.
asal muasal sejarah burung dodo dari buku sejarah
asal muasal burung dodo

menurut Kamus Encarta dan Kamus Etimologi Chambers, "dodo" berasal dari bahasa Portugis doudo (sekarang doido) berarti "bodoh" atau "gila". Namun, istilah Portugis untuk burung itu sekarang, dodô, berasal dari bahasa Inggris. Kata doudo atau doido di bahasa Portugis sendiri kemungkinan berasal dari bahasa Inggris lama ("dolt").
Kemungkinan lain adalah bahwa dodo merupakan onomatope dari bunyi burung itu sendiri, bunyi yang mirip burung merpati 'doo-doo'.

penyebab kepnahan burung dodo

burung Dodo adalah burung yang tidak takut pada manusia, dan ditambah ketidak mampuannya untuk terbang, membuatnya menjadi mangsa yang mudah ditangkap. burung dodo bisa punah karena ulah manusia.  kehadiran para pelaut dan anjing, kucing, babi, dan monyet yang berkoloni di Pulau Mauritius, Afrika Timur pada abad ke-17.
gambar asli burung dodo berasal dari belanda
gambar asli burung dodo
Karena spesies ini hidup terisolasi di Mauritius selama jutaan tahun, mereka tak kenal takut akan kehadiran pihak asing. hewan liar yang masuk menghancurkan sarang dodo, sementara manusia menghancurkan hutan tempat dodo tinggal.

ada juga versi yang mengatakan bahwa penyebab burung dodo bisa punah kerana burung dodo terkenal pemalas. Saking malasnya, sampai malas bercinta untuk menghasilkan keturunan. saya pun mengambil kesimpulan burung dodo bisa punah kerana kombinasi dua faktor tersebut.

burung dodo terakhir

saat ini spesimen burung dodo terakhir yang masih bagus tersimpan di Oxford University Museum of Natural History.
spesimen burung dodo terakhir yang masih utuh bagus
spesimen burung dodo
gambar Burung dodo terakhir telah mati sekitar 300 tahun lalu ditemukan oleh ayah dan anak John Tradescant di London pada abad ke-17.
burung dodo terakhir di Museum of Natural History
burung dodo Museum of Natural History

para peneliti telah menemukan bukti mengejutkan bahwa Oxford Dodo ditembak di leher dan belakang kepala dengan senapan.Temuan yang dilakukan oleh Paul Smith, direktur Museum of Natural History, dan Mark Williams dari WMG, menjadi jelas ketika partikel misterius ditemukan dalam spesimen.
Analisis selanjutnya dari bahan dan ukuran partikel dalam spesimen mengungkapkan bahwa mereka adalah butiran peluru timbal, biasanya digunakan untuk berburu unggas liar selama abad ke-17.


0 Response to "burung dodo burung bodoh yang punah"

Post a Comment

silakan berkomentar dengan sopan yah :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel