apa itu penyakit SHS (Swollen Head Syndrome)

PENYAKIT Swollen Head Syndrome

Swollen Head Syndrome (SHS) atau si penyakit sombong “Besar Kepala” ADALAH Penyakit  diakibatkan oleh Pneumovirus yang ditularkan lewat kontak ayam sakit atau lewat lendir/liur yg dikeluarkan saat sakit + diperparah oleh infeksi-infeksi bakteri E.Coli atau bakteri lain.
PENYAKIT Swollen Head Syndrome shs
PENYAKIT Swollen Head Syndrome shs

SHS pertama kali ditemukan di Afrika Selatan dan menyerang saluran pernapasan bagian atas kalkun. Penyakit ini terdiri dari grup A dan grup B yang keduanya mampu menyerang ayam dan kalkun. Penyakit dengan gejala kepala membesar dan bengkak pada wajah ini disebabkan oleh Avian Pneumovirus (APV).

penyakit SHS (Swollen Head Syndrome)
penyakit SHS (Swollen Head Syndrome)
 Biasanya SHS Swollen Head Syndrome menyerang layer di masa mencapai puncak produksi sekitar 8 – 12 minggu sehingga penurunan produksi telur dapat mencapai 30% tanpa memperlihatkan perubahan bentuk dan kualitas telur.

Kematian dari ayam petelur yang terserang SHS sangat rendah, berkisar 0,1% – 0,5%, namun kerugian ekonomis yang cukup tinggi disebabkan oleh adanya gangguan produksi telur antara 5 – 30%.
Pada ayam broiler penyakit SHS (Swollen Head Syndrome) menyerang dan sering ditemukan pada umur antara 2 – 6 minggu. Faktor yang dapat menjadi pemicu terjadinya SHS lebih banyak disebabkan oleh daya dukung lingkungan peternakan yang kurang memadai, seperti sirkulasi udara yang kurang baik, kepadatan ayam cukup tinggi dan kandang yang pengap serta tingginya kadar ammonia dalam kandang.
ayam broiler yang terkena shs Swollen Head Syndrome
ayam broiler yang terkena shs
ayam broiler yang terkena shs Mata ayam yang bengkak hampir tertutup, dengan pupil nampak lebar sehingga nampak seperti melotot. Terkadang disertai adanya leleran pada mata dan hidung jika diikuti oleh infeksi sekunder dari kuman penyebab penyakit Coryza atau CRD. Pada ayam yang kepalanya bengkak tersebut sering nampak lesu dengan meletakan kepalanya di lantai kandang sehingga akan memperparah keadaannya.

Cara penanganan jika ada ayam yang terkena penyakit Swollen Head Syndrome (SHS)


1. Semprot kandang dengan bayclin 1 + air 9 sehari sekali selama 3 hari berturut-turut. Penumovirus adalah virus beramplop yg sama seperti virus AI & ND juga mati terkena sodium hipoklorit dlm 3-5 menit. Bakteri juga sebagian besar mati oleh Bayclin 1 + air 9.

2. Pisahkan ayam yang sakit, agar tidak menular ke ayam yang sehat.

3. Semua ayam dikasih minum vitachick di pagi hari + obat minum yg mengandung enrofloxacin (neomeditril, baytril, apa saja terserah) selama 4-5 hari.

4. selalu bersihkan dengan sabun/sunlight cuci piring dan keringkan tempat makan & minum ayam setiap mau dipakai.

Perbedaan  SHS Swollen Head Syndrome dengan penyakit coryza 

Perbedaan  SHS Swollen Head Syndrome dengan penyakit coryza  terletak pada area terjadinya kebengkakan karena akumulasi cairan. Pada coryza, daerah pembengkakan terjadi pada area sinus infraorbitalis. Sedangkan pada kasus SHS, terjadi pembengkakan bahkan pengkejuan pada area facialis (intramandibular, intrakutan dan intrasinovial), dorsal kepala dan pial. Selain itu, akumulasi cairan pada kasus coryza berbau anyir atau amis, sedangkan pada SHS cairan tidak berbau.
Terima kasih Semoga bermanfaat & selamat berjuang.




0 Response to "apa itu penyakit SHS (Swollen Head Syndrome)"

Post a Comment

silakan berkomentar dengan sopan yah :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel