Latest Posts

apa itu Ayam Sentul produksi dan ciri cirinya

Ayam Sentul

Ayam Sentul merupakan jenis ayam yang menjadi ciri khas bidang peternakan kabupaten Ciamis. ayam Sentul mempunyai ciri khas warna bulu dominan abu-abu bercampur dengan sedikit warna
orange keemasan.Perawakan ayam sentul menyerupai ayam Kampung dengan produksi telur lebih tinggi dari ayam Kampung. kebutuhan nutrisi ayam kampung

ayam sentul asli
ayam sentul asli
Ayam Sentul ini berasal dan dikembangkan  di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Ayam Sentul ini  berasal  dan  dikembangkan  di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.Ayam Sentul adalah ayam lokal asli Ciamis, Jawa Barat yang dikukuhkan oleh Surat Keputusan Menteri Pertanian Republik Indonesia No. 689/Kpts. PD410/2/2013 tentang penetapan rumpun ayam Sentul sebagai ayam rumpun lokal Indonesia asal Ciamis. Ayam Sentul menjadi plasma nutfah asli Ciamis yang masih lestari hingga kini.
ayam sentul asal ciamis jawa barat
ayam sentul

 Penampilan fisik ayam ayam sentul

Penampilan fisik ayam sentul ini tergolong tipe aduan. Ukuran tubuh relatif sedang dengan warga bulu dominan abu-abu, variasi kombinasi warna abu-abu tua, putih, dan merah.

peternakan ayam sentul pedaging petelur
peternakan ayam sentul
 Sebagian masyarakat menyebutnya dengan nama ayam Kulawu (abu-abu). Jenggernya bergerigi besar berwarna merah. Kaki dan paruh berwarna hitam keputihan.

Ayam Sentul petelur

Ayam Sentul betina mampu menghasilkan telur 85 - 210 butir per tahun. Bobot dewasa jantan dapat mencapai 1,5 kilogram sampai 3,5 kilogram, sedangkan betina 0,8 kilogram sampai 2,2 kilogram. Kondisi ini cukup potensial bila ayam Sentul dimanfaatkan sebagai ayam lokal penghasil telur dan daging. ayam petelur dan pedaging unggul
peternakan ayam sentul petelur
ayam sentul petelur
Saat ini, cukup banyak peternak di Ciamis yang sukses berbisnis ayam sentul karena memiliki laju pertumbuhan yang pesat dan relatif tahan penyakit ketimbang ayam lokal lainnya.
Nama Sentul sendiri diberikan dengan mengacu kepada warna bulunya yang berwarna abu-abu. Warna ini mirip buah kecapi yang berwarna abu kombinasi kuning. Di wilayah selatan Jawa Barat, khususnya di Ciamis, buah kecapi ini dikenal sebagai buah Sentul.

cerita dan mitos ayam sentul

Selain secara ilmiah dapat dibuktikan sebagai plasma nutfah asli Ciamis, ayam Sentul juga sarat cerita dan mitos. Menurut cerita masyarakat Ciamis, konon ayam Sentul ini merupakan ayam keturunan Si Jelug, ayam aduan kesayangan Satria Ciung Wanara, anak Raja Galuh dari seorang perempuan bernama Naganingrum. Saat baru saja dilahirkan, Ciung Wanara dihanyutkan di Sungai Cimuntur bersama 2 butir telur. Hal itu dilakukan karena Ciung Wanara bukan anak dari permaisuri raja yang sah.
cerita dan legenda ayam sentul
legenda ayam sentul
Singkat cerita, dia ditemukan dan dibesaran oleh Aki Balangantrang. Ciung Wanara dan ayam itu tumbuh bersama. Ayam yang menetas dari telur tersebut, kemudian diberi nama Si Jelug. Ayam ini selalu berjaya di arena sabung ayam dan terkenal di seantero Tatar Galuh. Di arena sabung ayam jelata maupun arena sabung ayam bangsawan, Si Jelug selalu jadi kampiun. Hingga akhirnya sang Raja Galuh menantang Si Jelug untuk diadu dengan ayam miliknya dengan taruhan yang cukup fantastis. Jika Si Jelug menang maka Ciung Wanara akan diberi kekuasaan sebagian wilayah kerajaan Galuh. Ternyata Si Jelug menang, dan Ciung Wanara dinobatkan menjadi raja. Jejak kisah ini bisa ditemukan di situs budaya Karangkamulyan, Ciamis.
AKA = Ayam Kamping Asli.
AKS = Ayam Kampung Silangan.

semoga bermanfaat
Mas Ely
Ely setiawan asal banyumas, seorang mahasiswa peternakan, pemilik blog elysetiawan.com dan elyjawa.blogspot.com

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter