alasan hewan dapat memakan rumput

elysetiawan.com halo kawan semuanya, kali ini saya akan membagikan artikel alasan mengapa hewan hewan dapat memakan rumput.


manusia tidak dapat makan rumput kerana dalam pencernaan manusia tidak ada proses pencernaan secara fermentatif. fermentasi merupakan proses pemecahan senyawa organik menjadi senyawa sederhana yang melibatkan mikroorganisme. didalam hewan pemakan tumbuhan terjadi proses pencernaan secara fermentatif yang terjadi didalam lambung/sekum mereka.

dedaunan atau rumput mengandung serat kasar atau selulosa. selulosa tidak dapat dicerna oleh manusia, sedangkan pada hewan herbifora dapat mencerna rumpt atau daun yang mengandung serat kasar dengan proses pencernaan fermentatif. pencernaan fermentatif yaitu proses pencernaan yang memanfaatkan mikroorganisme.

dinding sel tumbuhan atau serat kasar tubuhan
dinding sel tumbuhan atau serat kasar tubuhan
saya contohkan adalah proses pencernaan fermentatif pada hewan ternak sapi

pencernaan fermentatif oleh rumen sapi
pencernaan fermentatif oleh rumen sapi
ternak sapi termasuk ternak ruminansia atau hewan pemamabiak. keistimewaan ternak ruminansia adalah sistim pencernaannya yang komplex. Proses pencernaan pada ternak ruminansia dapat terjadi secara mekanis di mulut, fermentatif oleh mikroba rumen dan secara hidrolis oleh enzim-enzim pencernaan.Namun pencernaan ternak ruminansia lebih banyak ditentukan oleh pencernaan fermentatif didalam rumen. 

Karena, selain kapasitas rumen paling tinggi yakni kurang lebih 70% dari kapasitas saluran pencernaan secara keseluruhan juga ekosistem dalam rumen itu sendiri.
pada hewan pemamabiak/ruminansia Makanan akan pertama kali memasuki tubuh melalui mulut. Di dalam mulut makanan rerumputan akan dikunyah secara kasar oleh gigi yang membantu pencernaan secara mekanik. Sementara itu kelenjar ludah akan mensekresikan ludah yang mengandung enzim amilase guna memecah amilum pada makanan. setelah itu masuk kekerongkongan dan menuju rumen.

ini uniknya makanan yang masih kasar akan dikembalikan/dimuntahkan kembali menuju mulut, untuk dikunyah kembali atau istilah ruminasi sedangkan orang jawa menyebutnya ngganyem. itulah alasan kenapa sapi selalu menggerakan mulutnya.
anatomy pencernaan sapi
anatomy pencernaan sapi
setelah makanan lembut maka dimasukan kembali didalam rumen . didalam rumen terdapat mikroba yang menyebabkan proses fermentasi yang mencerna selulosa menjadi karbohidrat yang lebih pendek.
gambar rumen sapi
gambar rumen sapi
Makanan yang berasal dari rumen akan masuk ke retikulum atau lambung kedua pada ruminansia yang terletak di depan bagian bawah rumen. Di dalamnya masih berlangsung pencernaan yang dibantu oleh mikroorganisme selulolitik dari dalam rumen.

 makananyang sudah tercerna retikulum bisa disebut dengan bolus yang selanjutnya menuju omasum.

Di dalam omasum atau lambung ketiga bolus akan dicerna secara mekanik dengan bantuan kontraksi otot lambung yakni otot polos. Setelah itu, bolus akan diteruskan ke lambung keempat atau Abomasum untuk dicerna kembali.

Abomasum merupakan lambung yang sebenarnya, Lambung keempat ini memiliki struktur dan fungsi yang sama dengan lambung manusia. Sel penyusun dinding – dinding bagian dalam abomsum akan mensekresikan getah lambung yang mengandung berbagai senyawa kimia yang membantu dalam pencernaan secara kimiawi.
semoga bermanfaat

Leave a Reply to "alasan hewan dapat memakan rumput"

Post a Comment

silakan berkomentar dengan sopan yah :)

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2