sejarah nenek moyang Madagaskar yang erat dengan indonesia

halo kawan kawan semuanya, kali ini saya akan menulis tenang negara Madagaskar,.
Madagasikara, adalah sebuah negara pulau di Samudra Hindia, lepas pesisir timur Afrika. jika kita lihat dipeta sangat mudah ditemukan kerana merupakan pulau yang dekat sekali dengan afrika
negara Madagasikara
negara Madagaskar

Sejak dihuni pertamakali 1200 tahun lalu oleh pendatang asal nusantara, kini Madagaskar memiliki identitas sendiri yang banyak terpengaruh budaya lain, semisal Arab, Afrika, Bantu dan bahkan Perancis. menurut sejarah, nenek moyang bangsa Madagaskar berasal dari indonesia, oleh kerana itu negara Madagasikara banyak kemiripan dengan Indonesia. berikut adalah infonya.
jika dari gambar diatas negara Madagasikara berada 8000 Kilometer ke Barat dari indonesia
nenek moyang negara Madagasikara berasal dari indonesia.
negara Madagasikar
bukti yang dapat kita temui adalah pada relif candi borobudur ditemukan felif kapal.Kapal Borobudur adalah kapal layar bercadik ganda terbuat dari kayu yang berasal dari abad ke-8 di Nusantara yang digambarkan dalam beberapa relief Borobudur
relif kapal di candi borobudur
relif kapal di candi borobudur

sebuah Teka Teki Besar  bagaimana kapal asal Indonesia saat itu bisa berlayar 8000 kilometer tanpa kompas dan peta, sampai sekarang pun masih belum terjawab.

sedangkan Menurut catatan sejarah, pulau Madagaskar pertama kali dihuni oleh pendatang asal Indonesia. Mereka diyakini berlayar sejauh 8000 kilometer dari Kalimantan dan Sulawesi. Ilmuwan sejauh ini memang belum menemukan bukti fisik, kecuali hasil uji Mitokondria DNA yang mengungkap garis keturunan penduduk Madagaskar berasal dari Indonesia.

uji tes dna nenek moyang penduduk Madagaskar
Peneliti Universitas Massey, Selandia Baru, menganalisa DNA milik 266 orang. Dalam kelompok tersebut, mereka menemukan bahwa 22 persen memiliki tanda genetik “orang Indonesia”. Jika sampel DNA ini benar, diperkirakan ada sekitar 30 perempuan Indonesia yang ikut membentuk populasi awal di Madagaskar.

menurut Pai dkk. dalam makalah berjudul "Malagasy Genetic Ancestry Comes from an Historical Malay Trading Post in Southeast Borneo". menemukan gen orang Madagaskar punya komposisi 68 persen gen Afrika dan 32 persen gen Asia.  Secara lebih rinci, Pai mengemukakan sebanyak 37 persen gen orang Madagaskar memuat gen orang Banjar. Sedangkan 63 persen lainnya adalah gen suku Bantu.

Bukti lain pengaruh nusantara di Madagaskar bisa ditemui pada bidang pertanian yang banyak menggunakan metode dan teknologi yang serupa dengan di Indonesia. Menurut catatan sejarah, pendatang baru itu mulai menanami padi dan talas di dataran tinggi Madagaskar sejak abad ke-enam. Mereka disebut Vazimba yang jika diterjemahkan langsung berarti orang rimba.
pertanian di Madagasikar yang mirip dengan indonesia
pertanian di Madagasikar

Rumah Kotak

rumah penduduk asli Madagaskar lebih menyerupai suku-suku di Asia Tenggara, hal ini Tidak seperti rumah tradisional Afrika pada umumnya yang berbentuk bulat. rumah penduduk asli Madagaskar berbentuk kotak dengan atap segitiga. Penduduk asli Madagaskar juga mengenakan pakaian yang terbuat dari serat tanaman, berbeda dengan Afrika yang lebih menyukai kulit binatang.
rumah penduduk asli Madagaskar yang mirip indonesia
rumah penduduk asli Madagaskar

Bahasa Nusantara

meskipun Madagaskar bahasa yang dominan adalah Bahasa Perancis, penduduk Madagaskar masih memelihara bahasa sendiri, yakni bahasa Malagasi yang masih termasuk rumpun Bahasa Melayu-Polinesia.
Di dalamnya terkandung pengaruh bahasa lokal di Indonesia, yakni Barito Timur, Jawa dan Melayu. Tangan misalnya menjadi tanan? atau nusa menjadi nosy. Bahasa Malagasi juga mengadopsi kata kulit dan putih dari bahasa melayu.
bahasa di Madagasikar yang mirip indonesia
bahasa di Madagasikar

Pengaruh indonesia dalam Tradisi Madagaskar

Nasi adalah makanan pokok penduduk Madagaskar. Tradisi kuliner di pulau tersebut juga ditengarai banyak dipengaruhi pemukim pertama yang berasal dari kawasan nusantara.

makanan di Madagasikar
Nasi biasanya ditemani laoka alias lauk, yakni sayur dan daging yang ditumis dengan saus tomat atau santan.


selain itu masih ada lagi pengaruh budaya indonesia di seperti penggunaan siter dari bambu valiha seruling bambu, gerabah, budidaya sukun dll.


sumber
 https://www.dw.com/id/madagaskar-yang-sangat-indonesia/g-18599767
https://tirto.id/ada-jejak-nusantara-pada-gen-orang-madagaskar-cEPw

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "sejarah nenek moyang Madagaskar yang erat dengan indonesia"

Post a Comment

silakan berkomentar dengan sopan yah :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel