rangkaian langkah seleksi Bibit Sapi perah

langkah langkah rangka seleksi Bibit Sapi perah

menyambung postingan saya yang sebelumnya yaitu proses Seleksi Bibit sapi perah dan potong

langkah seleksi sapi perah
langkah seleksi sapi perah
Dalam rangka seleksi Bibit Sapi perah, untuk tujuan produksi bibit, perlu ditetapkan terlebih dahulu kriteria seleksi, rekording dan analisis data serta sumber data yang dapat dipergunakan, hal-hal yang dilakukan adalah sebagai berikut:

1. Penetapan Kriteria Seleksi ternak sapi perah

 Hal-hal yang termasuk kedalam Kriteria Seleksi adalah :
 a. Produksi dan kualitas susu (protein dan lemak). dengan sumber data individu yang bersangkutan atau data-data tetuanya (induk, ayah, dilegkapi data kakek dan nenek) dan pertumbuhan.
 b. Data-data tambahan yang berkaitan dengan umur, kesehatan, reproduksi dan kondisi fisik.

2. Pelaksanaan Seleksi

 Seleksi dilakukan mulai dan Pedet umur 0-6 bulan, Dara muda umur 6 bulan sampai  beranak, Induk Dewasa laktasi dan pelaksanaanya adalah sebagai berikut:

a. Seleksi Pedet

 Tahapan yang berkaitan dengan seleksi Pedet Bibit Sapi Perah meliputi Rekording, Analisis Data dan Penggabungan Data, yaitu :
(1) Penggambaran sketsa ternak atau photo, pencantuman nomor telinga, tanggal lahir dan pengisian silsilah sampai 2 (dua) generasi keatas sampai kakek dan nenek pada Kartu Sapi Perah untuk individu yang bersangkutan.
(2) Memasukkan data produksi susu, lemak dan protein susu induk yang sudah dikoreksi (305 hari; 2X perah; ME) untuk laktasi pertama kedalam file komputer individu yang bersangkutan.
(3) Pengisian data potensi tetua ayah, yang memuat kemampuan menurunkan produktivitas kepada keturunannya (PD, NP).
(4) Menggabungkan data produksi susu induk laktasi pertama (305 hari; 2X pemerahan; ME) dengan data potensi ayah, baru kemudian diurutkan.
(5) Mengumpulkan dan menganalisa data pertumbuhan pedet (0-6 bulan) sampai dara (>6-18 bulan).

Pelaksanaan Seleksi Pedet 
Kegiatan yang berkaitan dengan seleksi pedet adalah sebagai berikut:
 Lakukan seleksi tahap pertama, yaitu memilih pedet-pedet dari keturunan induk yang produksinya pada laktasi pertama termasuk kedalam kelompok :
  •  produksi diatas 6.000 kg / laktasi. 
  •  produksi 5.001 - 6.000 kg / laktasi 
  •  produksi 4.000 - 5.000 kg / laktasi.

 Dengan ketentuan ayah dari individu tersebut minimal berasal dari tetua yang memiliki rataan produksi sama dengan tetua induk individu yang bersangkutan seperti tersebut diatas. Pedet-pedet yang termasuk dalam kelompok tersebut diatas telah dianggap lulus pada tahap pertama, kemudian perlu dilakukan seleksi tahap kedua dengan kritena seleksi.
  • berat lahir minimal 35 kg dan berat sapih umur 6 bulan minimal  120 kg. 
  • bukan free martin,  tidak cacat fisik. 
  •  bebas dari penyakit menular 
Pelaksanaan Sertifikasi dan Registrasi
 Kegiatan yang  berkaitan  dengan  Sertifikasi  dan  Registrasi, adalah 
(1) Pedet yang sudah lulus seleksi, kemudian di foto untuk pembuatan sertifikat.
(2) Sebelum diberi sertifikat, maka pedet-pedet tersebut dicatat kedalam Buku Induk Registrasi Sapi Perah (BIRSA).
(3) Kegiatan-kegiatan tersebut harus sesuai dengan SOP Rekording, Analisis Data dan Seleksi dalam Pemeliharaan Pedet Bibit Sapi Perah

b. Seleksi sapi Dara 

Seleksi pada Sapi dara bibit merupakan kelanjutan dari seleksi Pedet Bibit yang sudah diberi sertifikat. Oleh karena itu, Seleksi Dara Bibit sebenarnya hanya melanjutkan kepada hasil evaluasi pertumbuhan sapi dara pada umur 6-18 bulan dengan berat minimal umur 18 bulan adalah 300 kg, sesuai dengan fase umur sapi dara bibit yang bersangkutan memiliki bobot badan minimal pada umur 6 bulan 120 kg, umur 1 tahun 220 kg, umur 15 bulan 270 kg.

c. Seleksi Induk 

Seleksi pada sapi induk bibit sapi perah pada dasarnya merupakan kelanjutan dan seleksi Dara Bibit dengan penekanan kondisi fisik, keadaan reproduksi dan produksi susunya. Namun karena sapi induk sudah berproduksi, maka seleksi yang paling baik adalah menggunakan data produksi individu yang bersangkutan sekaligus sebagai bahan evaluasi produktivitasnya sesuai dengan harapan seperti prestasi yang telah dicapai tetuanya dan telah dicantumkan dalam Sertifikat

Pelaksanaan Seleksi Induk Bibit 

Kegiatan yang berkaitan dengan seleksi Induk adalah sebagai berikut:
(1) Tahap pertama
 lakukan pengelompokan induk yaitu memilih induk berdasarkan kelompok produksi yang telah ditetapkan antara lain : Produksi susu laktasi pertama, termasuk kedalam kelompok.  - produksi diatas 6000 kg/laktasi. - produksi 5001 - 6000 kg/laktasi. - produksi 4000 - 5000 kg/laktasi. Pengelompokan tersebut bertujuan untuk sertifikasi keturunannya

(2)Tahap kedua 

tahap kedua adalah seleksi calon tetua untuk tujuan peningkatan mutu bagi generasi berikutnya dan akan lebih baik menggunakan Nilai Pemuliaan (NP) dan data yang digunakan sampai laktasi ke 3. Seleksi menggunakan Nilai Pemuliaan akan lebih cermat karena faktor kemampuan menurunkan potensi kepada keturunannya (h2) dan kemampuan mengulang produksi yang sama ( r ) serta penggunaan data yang lebih banyak akan meningkatkan kecermatan seleksi dan persistency produktivitas.
Sapi-sapi yang telah lulus seleksi pada tahap pertama, kemudian perlu dilakukan seleksi tahap kedua dengan kriteria seleksi sebagai berikut :
  • Nilai Pemuliaan (NP) dipilih dari urutan tertinggi.
  •  tidak cacat fisik. 
  •  bebas dari penyakit menular. 
  • umur maksimum 8 tahun bagi sapi-sapi yang produksinya antara 4000 s/d 5000 kg/laktasi, dan maksimum 10 tahun bagi sapi-sapi yang produksinya diatas 5000 kg/laktasi. 
  •  reproduksi normal. 
  •  puting maksimum mati 1 (satu) buah untuk sapi-sapi yang produksinya 4000 s/d 5000 kg/laktasi, dan maksimum mati 2 (dua) buah untuk sapi-sapi yang produksinya diatas 5000 kg/laktasi. 
  •  Body Condition Score (BCS) maksimum 3,5 dan minimum 2,75 bagi sapi-sapi yang sedang laktasi. 
postingan saya yang seanjutnya adalah  BIRSA (Buku Induk Registrasi Sapi Perah) 

0 Response to "rangkaian langkah seleksi Bibit Sapi perah"

Post a Comment

silakan berkomentar dengan sopan yah :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel