presiden dengan tantangan terberat sepanjang sejarah Indonesia

halo kawan kawan semuanya kali ini saya akan membagikan posting tentang presiden indonesia dengan tantangan terberat sepanjang sejarah Indonesia.
berikut adalah ulasannya.

presiden dengan tantangan terberat sepanjang sejarah Indonesia

Soekarno.

siapa rakyat indonesia yang tidak mengetahui presiden Soekarno. beliau ini adalah presiden pertama  sekaligus proklamator kemerdekaan indonesia. ketika beliau memimpin indonesia yang baru keluar dari belenggu penjajahan, Menangani Indonesia yang baru lahir, diperlukan kemampuan diplomatik yang luar biasa agar negara ini mau bersatu, dan agar negara ini diakui sebagai sebuah “negara”.
 
presiden pertama indonesia Soekarno
presiden Soekarno




saat soekarno dilantik sebagai presiden,  90 % penduduk indonesia masih dililit buta huruf (10 % sisanya, sebagian besar hanya tamat sampai sekolah dasar).  selain itu Mayoritas rakyat indonesia masih dalam keadaan miskin, sungguh berat bukan. bahkan mengalami darurat kekurangan bahan pangan, akibat diperas habis-habisan jiwa-raga-harta bendanya oleh Jepang.

zaman penjajahan jepang
zaman penjajahan jepang
Setelah jadi presiden indonesia adalah negeri yang baru merdeka,tentu belanda tidak rela negara jajahannnya lepas, Dengan kekuatan militernya Belanda menduduki kota-kota besar diindonesia. dengan agresi agresi militernya.
agresi militer belanda
agresi militer belanda
 Tantangan itu yang harus dihadapi Bung Karno dan pemimpin lain di masa Revolusi Nasional 1945–1949. kehebatan beliau tidaklah dipungkiri lagi selain membawa indonesia mereka dari belenggu penjajahan juga mempertahankan kemerdekaan dari serangan penjajah. selain itu kehebatan beliau adalah berani mementang segala bentuk kolonialisme dan iprialisme sehingga dulu indonesia sangat disegaini oleh negara negara barat. 


B.J. Habibie.

nama aslinya adalah Baharuddin Jusuf Habibie. selain sebagai presiden ke 3 republik indonesia beliau adalah salah satu orang terpintar di indonesia.
presiden B.J. Habibie.
presiden B.J. Habibie.
 buktinya adalah beliau dapat membuat pesawat terbang pesawat terbang pertama buatan Indonesia CN-235 dan N-250.  selain pintar beliau adalah orang yang hebat. kita tentu tau krisis ekonomi  setelah suharto mundur, dimana indonesia dibawah jurang kehancuran.


  saat itu Negara hampir kolaps karena krisis moneter. Hutang sangat besar yang mencapai 57,7% dari PDB pada saat Soeharto lengser. saat pemerintahan Habibie rasionya bertambah hingga mencapai angka 85,4% karena harus melakukan bailout demi menyelamatkan sistem keuangan kita.

B.J. Habibie pencipta pesawat indonesia
B.J. Habibie pencipta pesawat indonesia
 Zaman pak Habibie itu, tidak semudah sekarang partner ekonomi asing mau berbondong-bondong datang untuk membantu pembangunan. Jadi kalau ditanya presiden dengan tantangan terberat ya beliau. selain itu Banyaknya kerusuhan membuat negara tidak stabil. Demo-demo mahasiswa maupun umum hampir setiap hari terjadi. Pembakaran dan penjarahan massal toko-toko yang dianggap bukan milik pribumi, pembunuhan dan perkosaan massal pada orang-orang etnis Tionghoa juga memperburuk keadaan yang ada.
kehebatan B.J. Habibie dalam bidang ekonomi
kehebatan B.J. Habibie

Di bidang ekonomi, yang sangat terkenal adalah   berhasil memotong nilai tukar rupiah terhadap dollar masih berkisar antara Rp 10.000 – Rp 15.000. Namun pada akhir pemerintahannya, terutama setelah pertanggungjawabannya ditolak MPR, nilai tukar rupiah meroket naik pada level Rp 6500 per dolar AS nilai yang tidak akan pernah dicapai lagi di era pemerintahan selanjutnya.
 
Perlu kita ingat bahwa pada masa pemerintahannya Prof. Habibie tidak memiliki Wapres. Dia sendirian, dimusuhi banyak rakyat yang pro reformasi karena di cap sebagai bagian dari Orba yang masih melekat di pemerintahan, dan menurut cerita Prof. Habibie, dirinya hampir dikudeta oleh Prabowo (walaupun pada akhirnya Prabowo adalah pihak yang kalah).



semoga bermanfaat :)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "presiden dengan tantangan terberat sepanjang sejarah Indonesia"

Post a Comment

silakan berkomentar dengan sopan yah :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel