Latest Posts

Perawatan anakan cempe yang baik dan benar

Perawatan cempe yang baik dan benar

halo kawan kawan semuanya, kali ini mas ely akan share bagaimana Perawatan cempe yang baik dan benar. cempe adalah anak kambing atau domba, Kelahiran cempe merupakan saat yang ditunggu oleh peternak. Kelahiran ini merupakan hal yang sangat menguntungkan bagi peternak kambing domba karena terbayang berapa keuntungan yang akan didapat hehehe.
 Namun, perlu diperhatikan dalam perawatan cempe setelah dilahirkan karena penanganan yang salah justru akan membuat cempe tidak dapat bertahan lama. Oleh karena itu, disini saya akan mencoba sedikit membahas hal – hal yang terkait dengan Perawatan pada anakan cempe.


perawatan pada anakan cempe yang benar
perawatan pada anakan cempe

Perawatan Saat Cempe Lahir

 1. Setelah cempe lahir, segera sisihkan dari induk (menghindari cempe terinjak). Lap bagian mulut, hidung dan mata serta badan dengan handuk bersih dan kering. Kemudian biarkan induk menjilati anaknya 
Perawatan Saat Cempe Lahir yang benar
Perawatan Saat Cempe Lahir yang benar

2. Potong tali pusar dengan alat yang steril dan higenis Beri antiseptic/alcohol/betadine yang berfungsi untuk menghindari lalat juga mencegah tetanus.
 3. Pastikan cempe langsung menyusu ke induk untuk mendapatkan kolostrum. Fungsi kolostrum untuk kekebalan tubuh cempe.
 4. Pisahkan cempe dengan induk agar tidak terinjak dan juga anak masih belum tegak berdiri selama 7 hari (kecuali jika akan menyusu).
 5. Usahakan cempe menyusu pada induk 1 hari 4-5 kali (sebisanya dan bukan menjadi patokan) dengan syarat perlu diawasi agar semua cempe mendapatkan porsi dan waktu yang sama.
 6. Perhatikan kondisi kandang. Kendang harus nyaman, diberi alas kendang, tidak terlalu dingin saat malam dan cahaya matahari masih bisa masuk saat pagi.
7. Kesehatan indukan juga perlu diperhatikan, agar dapat maksimal dalam merawat anaknya dan kebutuhan nutrisinya tercukupi pasca melahirkan yaitu bisa dengan pemberian pakan nutrisi tinggi dan juga pemberian SOC. Fungsi SOC untuk membantu PENYERAPAN NUTRISI dari pakan, sehingga meningkatkan PRODUKSI SUSU pada indukan, serta meningkatkan DAYA TAHAN tubuh indukan. Jadi, produksi susu yang dihasilkan untuk anakan menjadi LEBIH BAIK.

 Perawatan Saat Cempe Lepas Sapih

 1. Untuk cempe yang sehat, proses lepas sapih bisa dilakukan sekitar UMUR 1 BULAN.
 Perawatan Saat Cempe Lepas Sapih yang benar
 Perawatan Saat Cempe Lepas Sapih yang benar
 2. Pemberian SUSU PENGGANTI sudah dianjurkan. Susu pengganti bisa berupa susu sapi segar, atau susu bubuk khusus anakan yang banyak dijual di pasaran. Pemberian ini merupakan proses adaptasi dari cempe setelah lepas dari induk dan tidak menyusu ke induk.
3. Pakan selain susu yang dapat diberikan yaitu HIJAUAN, KONSENTRAT, OBAT CACING DAN SOC.
4. HIJAUAN yang diberikan cukup sedikit saja, untuk merangsang kerja rumen agar terbiasa dengan pakan berserat. Semakin bertambah umur bisa ditambah juga porsi hijauannya.
5. KONSENTRAT yang dapat diberikan yaitu comboran dari ampas tahu dengan katul. Bisa dengan formula yang lainnya.
6. Pemberian OBAT CACING bisa diberikan setelah cempe lepas sapih untuk menghindari cacingan yang dapat mengakibatkan cempe diare dan pertambahan bobot badan tidak maksimal. 7. Fungsi SOC ini untuk meningkatkan DAYA TAHAN tubuh anakan sehingga terhindar dari paparan PENYAKIT.

  Perawatan Cempe Yang Tidak Dirawat Indukan

1. Setelah cempe lahir, segera SISIHKAN dari induk (menghindari cempe terinjak). Lap bagian mulut, hidung dan mata serta badan dengan handuk bersih dan kering.
2. Potong tali pusar dengan alat yang STERIL & HIGENIS. Beri antiseptic/alcohol/betadine yang berfungsi untuk menghindari lalat juga mencegah tetanus.
3. Jika induk masih ada tapi tidak mau menyusui, bisa dengan cara induk DIPEGANG/DIIKAT kemudian pegangi cempe untuk menyusu ke induk agar mendapatkan kolostrum.  Bisa juga dengan memeras kolostrum dari induk kemudian dimasukkan ke dalam dot dan disusukan ke cempe.
4. Jika induk sudah tidak ada, kolostrum bisa didapatkan dari INDUKAN LAIN. Bisa menyusui langsung ataupun melalui dot.
5. Untuk konsumsi susu pada cempe, lebih disarankan dari susu induknya dibanding susu pengganti. Bila induk tidak ada, bisa dicarikan dari indukan lain yang memproduksi susu. Jika tidak ada indukan lain bisa dengan susu pengganti.
 Perawatan cempe tanpa indukan yang benar
 Perawatan cempe tanpa indukan yang benar
6. Pemberian susu pengganti sebaiknya SEDIKIT-SEDIKIT saja tetapi SERING. Pemberian terlalu banyak dalam sekali minum akan menyebabkan diare yang dapat berujung kematian.
7. Cempe harus diletakkan di tempat khusus bisa box plastic atau kayu. Hal ini juga mempermudah dalam proses perawatan cempe. 8. Hal ini dilakukan sampai cempe bisa hidup mandiri, sekitar umur 1-2 bulan. Pada umur tersebut cempe akan diperkenalkan pakan penguat dan hijauan. Dapat juga diberikan obat cacing.
Mas Ely
Ely setiawan asal banyumas, seorang mahasiswa peternakan, pemilik blog elysetiawan.com dan elyjawa.blogspot.com

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter