Pakan Terbaik untuk Kelinci

pakan terbaik dan utama untuk ternak kelinci

pakan terbaik dan utama untuk ternak kelinci adalah pakan alami rumput rumputan atau hijauan. akan tetapi makanan seiring kemajuan zaman pakan sudam mulai ada campuur tangan manusia.

Selain pakan utama yaitu hijauan atau rumput rumputan,kelinci juga membutuhkan pakan tambahan dan vitamin,apalagi jika untuk kelinci pedaging,jika makanan yang kita berikan kurang dan tidak sesuai,mungkin akan membuat kelinci kekurangan gizi dan menjadi tingkat produktifitas menjadi menurun baik kualitas daging dan Reproduksinya..

Hijauan Pakan Kelinci

pakan untuk ternak kelinci
pakan untuk ternak kelinci

berikut adalah Kandungan Protein dan Lemak Kasar dari macam-macam jenis tanaman hijauan yang dapat digunakan sebagai pakan kelinci:
BahanProtein (%)Lemak (%)
Daun Lamtoro126,5
Rumput Kalamenta10,261,46
Daun Kacang Tanah16,592,90
Daun Pisang16,815,90
Daun Dadap27,152,91
Daun Turi Merah31,687,05
Daun Duri Putih40,625,65
Jerami Jagung5,571,25
Rumput Jampang8,291,01
Rumput Cakar Ayam8,441,47
Rumput Ginting8,671,22
Jerami Padi9,832,15

limbah pertanian


Makanan dari limbah pertanian yang saya maksud adalah dari jenis misal,wortel,selada,bayam,singkong dll yang merupakan pakan alami kelinci.Jika kita menoleh di habitat liar kelinci,jenis pakan inilah yang di makan sebagai makanan tambahan untuk melengkapi gizi yang di butuhkan.

Sebab jika hanya mengandalkan pakan dari jenis rumput dan sayuran saja,kandungan gizi lain mungkin tidak akan di dapatkan oleh sang kelinci tersebut.misal kandungan karbohidrat,vitamin A,B dan k yang banyak terkandung di pakan limbah pertanian seperti singkong.


Intinya jenis pakan limbah pertanian ini hanya sebagai pakan tambahan saja,Bukan pakan utama,pakan utama kelinci tetap,yaitu sayuran hijauan bisa berupa rumput,sayuran dll

pakan pelet

Panduan dasar ternak kelinci
pakan pelet kelinci
pakan ini biasanya di berikan pada jenis kelinci hias,untuk kelinci pedaging,jika ada lebih modal,juga malah bagus untuk di berikan.Pakan pelet lebih mudah dan higienis membuat kandang kelinci lebih bersih dan kandungan gizi lebih komplit jika kita bandingkan dengan pakan lain.

Pelet untuk kelinci juga bisa kita buat sendiri asalkan anda di rumah sudah memiliki mesin pencetaknya,bahan yang di butuhkan juga tergolong mudah di cara dan teknik membuatnya cukup mudah.cukup mencampurkan beberapa bahan lalu di aduk dan di cetak,maka pelet sudah siap untuk kita berikan pada kelinci baik pedaging maupun kelici hias.

Pakan Kelinci Jenis Biji-Bijian dan Umbi-umbian

Pakan kelinci yang berbentuk biji-bijian seperti jagung, padi, gandum, kedelai, kacang tanah, dan kacang hijau. Pakan biji-bijian ini termasuk dalam salah satu pakan terbaik kelinci karena pakan jenis ini mempunyai protein tinggi.

Jika harga cukup mahal, kita dapat menggantinya dengan pakan alternatif seperti bungkil kelapa, dedak, bekatul, bungkil tahu, atau bungkil kacang tanah.

Cara pemberian jenis pakan ini sebaiknya ditumbuk terlebih dahulu, setelah itu baru diberikan ke kelinci sebanyak 150-250 gram per ekor dalam satu hari.

Jenis pakan kelinci berupa umbi-umbian merupakan salah satu alternatif pakan kelinci terbaik. Jenis pakan ini termasuk di antaranya talas, ubi jalar, singkong rebus, dan jenis umbi-umbian lainnya. Pakan jenis ini juga juga oleh peternak kelinci sebagai pakan tambahan.

Pakan Kelinci Buatan, Konsentrat

Pakan konsentrat berfungsi meningkatkan nilai gizi dan penguat pakan pokok kelinci yang berupa hijauan. Keuntungan jenis pakan ini yakni mudah didapatkan di pasaran. Pakan konsentrat ini terdiri dari pelet atau pakan pabrikan, bekatul, bungkil kelapa, ampas tahu, ampas tapioca, atau bungkil kacang tanah. Jika nutrisi dalam pelet sudah mencukupi kebutuhan kelinci, pakan hijauan tidak perlu lagi diberikan. Dengan menggunakan pakan konsentrat ini memang pemeliharaan kelinci menjadi lebih praktis karena pemberian pakan dan ukurannya jadi lebih mudah. Sedikit sekali pakan yang terbuang jika kita menggunakan konsentrat apabila dibandingkan dengan pakan terbuang dari jenis hijauan.

Pakan Untuk Anak Kelinci.

 Air susu induk merupakan pakan alami terbaik karena memiliki zat paling lengkap serta cocok dan tepat untuk anak kelinci yang masih menyusu. Air susu induk lebih bagus jika dibandingkan dengan susu sapi, air susu induk memiliki kandungan bahan kering lebih banyak dua kali lipat, lemak dan protein empat kali lebih besar, abu / mineral lebih banyak tiga kali lipat. Selain itu, laktosa hanya satu per enam (1/6) dari air susu sapi.
Kelinci dialam bebas adalah pemakan segala jenis hijauan seperti daun-daunan dan rumput-rumputan sehingga pakan terbaik secara alami untuk ternak kelinci adalah berupa hijauan. Sedangkan pakan pelengkap jika kelinci dimanfaatkan untuk usaha penggemukan barulah digunakan pakan konsentrat agar kelinci cepat berkembang dan bobot badannya cepat naik sehingga bisa cepat dipanen untuk bisa di replace lagi dengan kelinci baru sehingga perputaran cash flow dalam usaha peternakan kelinci bisa lancar dan berkelanjutan.


Leave a Reply to "Pakan Terbaik untuk Kelinci "

Post a Comment

silakan berkomentar dengan sopan yah :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel