Menjaga Sapi/Kambing agar Tetap Sehat sejak beli

perlakuan setelah membeli hewan dari pasar

Menjaga Sapi atau Kambing agar Tetap Sehat sejak pertama kali beli dipasar hewan atau peternak Sebenarnya gampang gampang susah, berikut adalah kuncinya perlakuan setelah membeli hewan dari pasar secara sederhana :

1. Saat baru beli sapi/kambing

memberi minum hewan ternak setelah membeli dari pasar
memberi minum hewan ternak

Kita sebagai peternak harus pastikan sapi/kambing tidak dehidrasi. Karena dehidrasi adalah awal dari terganggunya semua fisiologis. Ingat, sapi/kambing itu 80% dari tubuhnya adalah air. Jadi kalo kadar air tubuhnya berkurang, ya pasti mulai banyak masalah... caranya, berikan air minum yang dicampur oralit saat sapi/kambing baru masuk kandang sebanyak yang dia mau.

2. Pastikan sapi/kambing Anda tidak stress.


perlakuan setelah membeli kambing atau sapi dari pasar
perlakuan setelah membeli kambing atau sapi dari pasar
Kalo stress, sapi/kambing akan lebih cenderung diam dan tidak mengunyah. Nah, Kalo sudah tidak mengunyah... asam lambung tidak terkendali dan ini adalah awal dari semua masalah. Caranya, berikan hanya hijauan segar saat sapi/kambing baru masuk kandang agar bisa segera mengunyah. Konsentrat boleh diberikan setelah 2 hari di kandang.

3. Pastikan sapi/kambing berada dalam level energi tinggi 5 hari setelah masuk kandang.

memberi suplemen pada ternak
memberi suplemen pada ternak

3. 5 hari pertama adalah masa paling kritis

Kalo energi nya kacau, pasti sapi/kambing Anda akan banyak masalah. Caranya, berikan suplemen energi instan di air minumnya selama 5 hari berturut2. Kalo 5 pertama ini sudah aman, InsyaAlloh akan aman dalam waktu lama.

4. Jangan diberikan suntikan apapun selama 48 jam pertama sejak masuk kandang.


menyuntik ternak sapi
menyuntik ternak
 Ingat, sapi baru datang selalu stress... paling tidak stress tempat baru. Jadi jangan ditambah stress nya dengan macem2 suntikan. Kalo mau ngasih suntikan, sebaiknya diberikan setelah 2 hari.


5. Baca lagi artikel saya tentang FRESH COW ANOMALY.

artikel FRESH COW ANOMALY. InsyaAlloh akan sangat membantu anda dalam membantu sapi/kambing baru anda tetap dalam kondisi sehat. Kondisi fisiologis sapi baru masuk kandang itu mirip seperti sapi baru melahirkan, banyak anomaly..

sumber artikel

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Menjaga Sapi/Kambing agar Tetap Sehat sejak beli "

Post a Comment

silakan berkomentar dengan sopan yah :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel