kandungan nutrisi limbah jagung

jagung

Tanaman jagung merupakan salah satu tanaman serelia yang tumbuh hampir di seluruh dunia dan tergolong spesies dengan pariabilitas geneticte besar. Di indonesia jagung merupakan bahan makanan pokok kedua setelah padi. banyak daerah di indonesia yang berbudaya mengkonsumsi jagung,antara lain madura, sogyakarta, Sulalesi Selatan, maluku Utara, susaTenggara Timur, dll.


tanaman jagung
tanaman jagung

Faktor utama penentu keberhasilan dalam usaha peternakan adalah penyediaan pakan. Salah satu penyediaan pakan bagi ternak ruminansia adalahdengan pemanfaatan pakan asal sisa hasil pertanian, perkebunan maupunagroindustri. Salah satu sisa tanaman pangan dan perkebunan yang mempunyai potensi cukup besar adalah jagung.

limbah jerami jagung
limbah jerami jagung
Kendala utama penggunaan atau pemanfaatan jerami jagung sebagai pakan ternak adalah kandungan protein yang rendah dan tinggi serat kasar sehingga perlu diberi perlakuan untuk meningkatkan nilai nutrisinya.

limbah jagung

limbah yang dihasilkan diantaranya adalah jerami, klobot, dan tongkol jagung yang biasanya tidak dipergunakan lagi ataupun nilai ekonominya sangat rendah.
limbah pertanian jagung
limbah pertanian jagung
 BERIKUT ADALAH BEBERAPA ISTILAH LIMBAH JAGUNG

 tebon jagung

tebon jagung adalah seluruh tanaman jagung termasuk batang, daun dan buah jagung muda yang umumnya dipanen pada umur tanaman 45-46 hari

 Jerarami jagung atau brangkasan

 adalah bagian batang dan daun jagung yangtelah dibiarkan mengering di ladang dan dipanen ketika tongkol jagung dipetik. jerami jagung seperti ini banyak diperoleh di daerah sentra tanaman jagung yang ditujukan untuk menghasilkan jagung bibit atau jagung untuk keperluan industri pakan bukan untuk dikonsumsi sebagai sayur.

kulit buah jagung/klobot

adalah kulit luar buah jagung yang biasanya dibuang. kulit jagung manis sangat potensial untuk dijadikan silasekarena kadar gulanya cukup tinggi

tongkol jagung atau jenggel 

adalah limbah yang diperoleh ketika biji jagungdirontokkan dari buahnya. Akan diperoleh jagung pipilan sebagai produk utamanya dan sisa buah yang disebut tongkol atau janggel

tumpi jagung adalah hasil samping yang dihasilkan pada saat pemipilan dan perontokan biji jagung selain tongkol dan merupakan bagian pangkal dari biji jagung. Tumpi bersifat kamba (bulky)

kandungan nutrisi limbah jagung

kandungan nutrsi limbah jagung dapat dilihat pada tabel berikut
kandungan nutrsi limbah jagung
kandungan nutrsi limbah jagung

pengolahan limbah jagung

beberapa teknologi pengolahan limbah jagung yang telah dikenal antara lain

pembuatan hay

 Di indonesia, hay dengan mudah dibuat dengan membiarkan sisa panen jagung di bawah terik matahari sehingga diperoleh jerami jagung yang kering, Diluar negeri yang jumlah limbahnya setelah panen sangat melimpah dan waktu panen sudah mendekati musim dingin, maka pembuatan
hay harus menggunakanmesin pengering. Setelah kering,
hay dikumpulkan dan dipadatkan menyerupaigelondongan kemudian ditutup dengan plastik agar tidak kehujanan untuk digunakan sebagai persediaan pakan ternak selama musim dingin. Penyimpanan hay di tempat kering merupakan hal yang harus dipraktekkan. kondisi yang panas dan lembab di indonesia sangat memudahkan tumbuhnya jamur pada hay yang menjadi basah bila penyimpanannya kurang baik.

Pembuatan silase

Pembuatan silasen Jerami jagung dipotong-potong dengan ukuran 3-5 cm, di atasnya ditaburkan pollard dan molases sesuai perlakuan. Campur semua bahan secara merata, kemudian dimasukkan ke dalam kantong plastik, ditekan dan dimampatkan sampai tidak ada udara di dalam  kantong plastik sehingga tercipta keadaan anaerob. Selanjutnya diikat erat dan disimpan di tempat yang sejuk dan tidak terkena matahari. Analisa laboratorium dilakukan setelah pemeraman berlangsung selama 21 hari.

kandungan nutrisi jerami jagung

kandungan nutrsi silase jagung dapat dilihat pada tabel berikut
kandungan nutrisi limbah jagung
kandungan nutrisi silase limbah jagung


Leave a Reply to "kandungan nutrisi limbah jagung"

Post a Comment

silakan berkomentar dengan sopan yah :)

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2