Fresh Cow Anomaly

Fresh Cow Anomaly


fresh cow anomaly  pada ternak mamalia
fresh cow anomaly


ternak mamalia terutama Sapi yang baru melahirkan ( FRESH COW) mengalami 5 anomali fisiologis yang ternyata dimulai sekitar 2 minggu sebelum melahirkan mempersiapkan kelahiran.  fase fase ini juga berlaku untuk semua makhluk menyusui termasuk kambing perah, domba dll atau biasa disebut FRESH DRENCH. pada ternak sapiatau Fresh Cow Anomaly tersebut adalah :

1. ACIDOTIC STRESSED. 

Sapi mengalami acidosis dan stres, menahan rasa sakit dan banyak peradangan.

2. LOW ENERGY INTAKE

 karena nafsu makan menurun dan sapi menjadi selalu lapar (tapi tetap tidak nafsu makan). atau disebut #negativeenergybalance

3. IMBALANCE BLOOD ELECTROLYTE. 

Sapi kehilangan cairan tubuh yang luar biasa saat melahirkan.

4. RUMEN MICROBE MORTALITY. 

Mikroba rumen banyak yang mati karena stress dan asidosis.

5. LOW BLOOD CALCIUM-MAGNESIUM LEVEL.

 Kadar kalsium tukang dan kalsium darah turun karena sapi harus melakukan refleks mobilisasi kalsium tulang setelah melahirka untuk menghasilkan susu.

Secara umum anomali ini menyebabkan daya tahan sapi menurun dan normalnya, sapi membutuhkan waktu 2 minggu untuk me recovery dirinya sendiri. Masalahnya, justru pada saat ini kebutuhan sapi meningkat terutama setelah melahirkan karena sapi mengalami perubahan pola kehidupan luar biasa. Dia harus menghasilkan susu, merawat pedet, menyiapkan kebuntingan berikutnya, merawat dirinya sendiri dll. Maka kita sering mengamati puncak produksi sapi mulai dicapai 2 minggu pasca melahirkan.

yang Kita bisa lalkuak untuk membantu sang indukme recovery kondisi anomali ini adalah memberikan SUPLEMENTASI pada 3 hari pertama berturut2 sejak melahirkan untuk sapi2 yang baru melahirkan sesuai dengan anomali tadi yaitu mengatasi asidosis dan stress, memberikan energi instan dan memastikan perut sapi penuh, menambah elektrolit oral, menambah kalsium-magnesium, menambah mikroba rumen (saya lebih suka YEAST) dan yang terpenting semua suplemen tadi harus dalam bentuk instan dan bisa diberikan cepat beberapa saat setelah sapi melahirkan.

Di negara2 maju seperti New Zealand, Australia, USA, Kanada dan banyak negara Eropa, cara ini sudah lumrah dilakukan. Mereka menyebutnya FRESH DRENCH (bahasa kita di cekok'i). Efeknya -ketika anomali teratasi- performa puncak sapi bisa dicapai lebih awal. Waktu recovery yang tadinya butuh paling sedikit 2 minggu, sekarang hanya butuh 4-5 hari. Tentu saja sapi senang dan peternak juga senang. Saya sudah membuktikannya, sekarang giliran Anda...

0 Response to "Fresh Cow Anomaly"

Post a Comment

silakan berkomentar dengan sopan yah :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel