Latest Posts

Cara Membuat Telur Asin Yang Berminyak

Cara Membuat Telur Asin Yang Berminyak sebenarnya gampang gampang susah, kita harus mempersiapkan  Tahapan - Tahapan Sebelum Proses Pembuatan Telur Asin .


cara membuat telur asin masir berminyak
telur asin masir berminyak



Telur asin yang baik adalah kuning telur berwarna agak kemerahan dan berminyak tidak terlalu asin dan tidak berbau amis  ataun istilahnya adalah masir.Telur asin yang memiliki kriteria diatas biasanya disebut dengan telur asin masir .

 Proses pembuatan telur asin masir atau berminyak adalah sebagai berukut


 Pemilihan Telur bebek
perhatikan bentuk serta ukuran dari si telurnya itu. Telur bebek kualitas unggul biasanya telur bebek pelari yang bahasa latinnya adalah anas  platyrhynchos domesticus ,penghasil telur bebekseperti indramayu, brebes, dll.
telur itik yang baik untuk telur asin
telur itik yang baik
 Menentukan layak tidaknya telur bebek
Tahapan selanjutnya sebelum proses pembuatan telur asin adalah melakukan pengujian terhadap telur yang layak digunakan dan tidak layak . cara menguji layak atau tidak telur bebek dibuat telur asin adalah degan masukan telur kedalam wadah yang sudah diisi penuh oleh air, rendam semua telur bebeknya yang ada ,jika telur itu tenggelam berarti  layak digunakan untuk membuat telur asin, tetapi kalau telur bebeknya melayang dipermukaan air sebaiknya jangan digunakan  selain itu jangan menggunakan telur yang retak kerana akan busuk.

 membersihkan telur bebek
telur yang akan digunakan untuk telur asin haruslah dibersihkan terlebih dahulu dengan dicuci sampai bersih dan setelah itu lalu sobat lap telurnya sampai kering benar,  itu sangat penting karena kalau tidak bersih dan kering akan berpengaruh nanti pada telur asin yang dihasilkannya, diantaranya nantinya telur  tidak akan tahan lama dan biasanya telur asinnya berek tidak bagus alias bau.
pemberishan telur asin agar masir dan berminyak
pemberishan telur asin

Setelah telur itu bersih dan kering lalu kita amplas ya sobat, ini bertujuan agar pori - pori dari si telur itu terbuka .


Cara Membuat Telur Asin Masir atau berminyak

Bahan - bahan yang diperlukan :

    200 butir telur asin
     3 kg garam kasar
    7 kg batu bata yang sudah ditumbuk
    Abu gosok ( optional )
    Ember platik kotak persegi untuk menampung proses proses pemeraman.
proses pembuatan telur asin masir berminyak
proses pembuatan telur asin masir berminyak
    Pembuatan adonan batu bata

pembuatan adonan telur asin agar masir dan berminyak
pembuatan adonan telur asin
Kita siapkan batu batanya terlebih dahulu ya, lalu ditumbuk sampai halus, biasanya saya tambahkan abu gosok kedalam adonan tersebut, tetapi kalau abu gosoknya tidak ada ya cukup dipakai batu batanya saja tidak apa - apa , ada juga pakai tanah liat itu juga bisa sobat gunakan menurut saya opsional saja. Setelah itukita tambahkan air jangan sampai kebanyakan airnya nanti encer

    Proses penggaraman

Tahapan selanjutnya sebelum membuat telur asin masir ,sobat harus mempersiapkan garam kasar untuk proses penggaraman.Setelah selesai proses pembuatan adonan batu bata, lalu kita memberikan garam kasarnya ke dalam adonan tersebut dan diberi airnya sedikit demi sedikit. telur yang sudah di cuci, dibersikan dan kering , kemudian telur bebek tersebut dibungkus atau dibalut dengan  adonan bata yang sudah kita buat setebal kira - kira 1 cm , dalam proses membungkusnya juga harus terbungkus semuanya kulit telur bebeknya .

    Proses pemeraman

Setelah selesai membungkus semua telur bebeknya dengan adonan batu bata dan garam lalu kita sediakan ember atau kotak kayu besar untuk tempat pemeramannya , dan susun agar serapi mungkin agar tidak pecah dan simpan di tempat terbuka dan tentunya udara yang sejuk untuk menghasilkan telur asin masir.
proses pemeraman telur asin agar masir dan berminyak
proses pemeraman telur asin

 ,pemeraman dilakukan selama kurang lebih dua minggu agar menghasilkan telur asin yang berminyak dan tahan lama.  ini adalah rahasia pembuatan telur asin yang masih dan berminyak, biasanya sebelum direbus balutan telur dibuka lalu diangin anginkan agar telur masir dan berminyak.

    Proses perebusan

Proses selanjutnya adalah dengan mengukus telur asin, ada juga yang dengan cara direbus, tetapi saya tidak menyarankan kerana akan membuat telur gampang pecah. Rebuslah telur asin tadi dengan api yang sedang jangan dengan api yang besar karena akan membuat telur asin matangnya tidak merata dan di jamin tidak tahan lama .Waktu yang diperlukan untuk merebus  tergantung dengan banyak sedikitnya telur asinnya perebusan telur asin dilakukan kira - kira satu jam dengan api yang sedang .
Setelah diretas taruh telur asin tadi di wadah mangkuk plastik dan diangin - anginkan biar keringnya

Mas Ely
Ely setiawan asal banyumas, seorang mahasiswa peternakan, pemilik blog elysetiawan.com dan elyjawa.blogspot.com

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter