Latest Posts

21 fakta kelinci

halo kawan kawan semuanya, kali ini saya akan membahas fakta fakta unik tentang kelinci.
Kelinci adalah hewan mamalia dari famili Leporidae, yang dapat ditemukan di banyak bagian bumi. Kelinci berkembangbiak dengan cara beranak yang disebut vivipar.


fakta ternak kelinci
fakta ternak kelinci
 oke kawan kawan semuanya berikut adalah 21 fakta kelinci, semoga bermanfaat 
 
1. Kelinci, terwelu, dan pika (hewan yang menyerupai tikus) adalah anggota dari ordo Lagomorpha.
2. Setelah kucing dan anjing, kelinci adalah hewan peliharaan paling popular ketiga di Amerika Serikat dan juga hewan peliharaan yang paling sering ditelantarkan.
3. Jika anda menemukan simbol kelinci dalam sebuah kemasan produk, artinya produk tersebut tidak di tes terlebih dahulu pada hewan.
4. Istilah “Doe” di dunia peternakan tidak hanya merujuk pada kambing dan rusa betina, namun juga kelinci betina. Sebaliknya, seperti rusa dan kambing jantan, kelinci jantan juga disebut “Buck”
5. Kelinci memiliki morfologi mata, gigi, dan kepala yang mirip dengan kuda. Selain itu tingkah laku dan pakan mereka pun mirip. Bisa dikatakan, kelinci adalah kuda dalam bentuk dan ukuran yang berbeda.
6. Anak kelinci lahir dalam keadaan buta dan menghabiskan beberapa hari di awal kehidupan mereka di dalam sarang yang dibuat dari bulu ibunya dan tumbuhan kering.
fakta kelinci
fakta kelinci

7. Bedanya dengan kelinci, bayi terwelu sudah dapat melihat dan memiliki bulu sejak lahir.
8. Kelinci sangat terkenal akan fertilitas mereka. Kelinci betina yang memiliki masa gestasi kurang lebih 30 hari dan dapat melahirkan 4 sampai 12 bayi kelinci. Kelinci juga mencapai dewasa kelamin yang cukup cepat yaitu 4 bulan.
9. Selama hidupnya, kelinci betina dapat melahirkan hingga 800 anak kelinci.
10. Faktanya, melakukan steril pada kelinci jantan dapat memperpanjang umur mereka 10 hingga 12 tahun.
11. Gigi kelinci tidak pernah berhenti tumbuh. Karena itu mereka harus selalu mengerat atau mengunyah sesuatu .
12. Seperti kucing, kelinci bisa dilatih untuk menggunakan litter box
13. Kelinci juga bisa dilatih untuk membersihkan diri mereka sendiri (grooming)
14. Anak kelinci tidak mempunyai kemampuan untuk memuntahkan makanan. Karena itu, pakan mereka harus selalu dijaga agar tetap aman, sehat dan cocok dengan saluran pencernaannya.
15. Kelinci melakukan coprophagy (memakan kembali kotoran mereka). Kotoran yang bisa dimakan adalah cecotroph yaitu feses yang asih lunak dan baru dicerna sekali.
16.Ketika merasa bahagia, kelinci akan melompat lompat dan berputar di udara. Tingkah laku ini disebut “binky”
17.Kelinci yang bahagia juga bisa menggeram lembut dan mengeluarkan suara “purr” seperti kucing, hanya saja, kelinci mengeluarkan suara terseut dengan gigi mereka.
18.Kelinci peliharaan membutuhkan setidaknya 4 jam untuk melakukan “exercise” dan bermain. Hal ini bisa mencegah stress dan penyakit osteoporosis pada mereka.
19.Telinga kelinci bisa berfungsi sebagai antenna dan menerima suara dari dua arah sekaligus.
20. Sarang kelinci liar disebut “burrows”. Di Eropa, ditemukan satu “burrow” bisa berisi hingga 450 ekor kelinci dan memiliki 2000 pintu masuk menuju “burrow” tersebut.
21.Kelinci bisa melakukan fostering, artinya mereka bisa merawat anak kelinci lain seperti anak mereka sendiri. selama anak-anak angkat itu disatukan ketika mereka masih bayi dan dalam umur yang sama.

    Mas Ely
    Ely setiawan asal banyumas, seorang mahasiswa peternakan, pemilik blog elysetiawan.com dan elyjawa.blogspot.com

    Related Posts

    Post a Comment

    Subscribe Our Newsletter