semua tentang tanaman kecubung (Datura metel L)

pasti ngga aneh kan sama yang namanya tanaman kecubung ? Tanaman kecubung  yang difikiran masyarakat luas itu adalah sebuah tanaman yang berbahaya bagi tubuh , Ya, rupanya itu bukan hanya mitos belaka, kecubung ternyata benar-benar bikin mabuk orang yang mengonsumsinya istilah nya sih “ngefly”. itulah mengapa orang tua kita dulu sangat mewanti-wanti agar jangan pernah mendekati tanaman kecubung.
Mengenal tanaman kecubung
Mengenal tanaman kecubung

Tanaman  Kecubung  (Datura metel L)


Tanaman  Kecubung  (Datura metel L)
Tanaman  Kecubung  (Datura metel L)
Kecubung adalah tumbuhan berbunga anggota suku Solanaceae, tumbuhan ini masih sekerabat dengan datura, tumbuhan hias dengan bunga berbentuk terompet yang besar. Kecubung biasanya berbunga putih dan atau ungu, namun hibridanya berbunga aneka warna.
Karena bentuknya yang seperti terompet ditambah konotasi negatif, masyarakat Amerika dan Eropa kemudian menyebutnya sebagai devil trumpet. Kecubung banyak dijumpai di daerah berhawa sejuk. Di beberapa daerah, kecubung dinamai dengan kucubung (Sunda) dan kacubung (Madura).

 Tanaman kecubung sudah tau berbahaya tetapi anehnya anak muda sekarang bukannya menjauh dari kecubung, malah berburu untuk mendapatkannya.kecubung ini malah digunakan bagi mereka yang ingin mabuk dengan biaya murah. :( Penyalahgunaan tersebut sebenarnya berasal dari kebiasaan sebuah kelompok masyarakat di India yang menggunakan kecubung untuk membius korban persembahan bagi dewa.

senyawa yang terkandung dalam kecubung

tanaman kecubung mengandung bahan senyawa seperti atropin, hiosiamin, dan skopolamin yang bersifat antikholinergik. Kecubung juga mengandung hiosin, zat lemak, kalsium oksalat, meteloidina, norhiosiamina, norskopolamina, kuskohigrina, dan nikotina.  kandunganzat tersebu,  mengakibatkan orang yang mengonsumsinya akan halusinasi parah “ngefly” dan efek kesenangan sesaat. metil kristalin yang mempunyai efek relaksasi pada otot lurik.

Bagian kecubung yang memabukkan

bagian kecubung yang beracun
bagian kecubung yang beracun
Umumnya bagian kecubung yang digunakan untuk mabuk “ngefly” adalah bunganya. Ya, biasanya anak mudah mencampurkan bunga terompet/ kecubung dengan rebusan mie atau pun kopi. Namun ada juga yang mencampurkannya dengan rokok. Meskipun begitu, rupanya tidak hanya bunganya saja yang memiliki efek memabukkan karena buah maupun daunnya pun bisa membuat orang bisa jadi kehilangan kesadaran.
 Kecubung berbunga putih dianggap paling beracun dibandingkan dengan jenis lain yang juga mengandung zat alkaloid. Senyawa alkaloid ini terdapat di semua bagian tumbuhan kecubung, mulai dari akar, tangkai, daun, bunga, buah, hingga bijinya. Namun, kandungan terbesar terdapat pada akar dan biji.

Manfaat kecubung

manfaat tamanan kecubung
manfaat kecubung
meskipun berbahaya tanaman kecubung bukan berarti  tidak memiliki manfaat. selain sebagai sebagai tanaman pembius,  kecubung mempunyai Khasiat lain yang bisa didapat dari kecubung ternyata cukup banyak. Beberapa di antaranya adalah sebagai obat sakit gigi dan asma. biji kecubung  Di India dimanfaatkan dengan cara dihaluskan dan dicampur lemak menjadi obat luar bagi penderita impotensi. Selain itu, obat tersebut dipercaya mampu menambah daya tahan seksual. Manfaat lain dari kecubung, selain untuk mengatasi flu dan impotensi, juga baik untuk meredakan asma dan sakit gigi.

DiTionghoa atau china menggunakan kecubung sebagai obat selesma. Bisa jadi, efek pedas, pahit, dan menghangatkan inilah yang membuat kecubung dimanfaatkan untuk obat flu.
selain itu Dalam situs Ilmu Pengetahuan dan Teknologi disebutkan bahwa kecubung mengandung senyawa kimia alkaloid. Senyawa alkaloid tersebut terdiri dari atropin, hiosiamin, dan skopolamin yang bersifat antikholinergik. Kecubung juga mengandung hiosin, zat lemak, kalsium oksalat, meteloidina, norhiosiamina, norskopolamina, kuskohigrina, dan nikotina. dr Setiawan Dalimartha, menjelaskan bahwa zat yang bermanfaat sebagai pereda asma adalah hipociamin dan skopolamin yang besifat antikholinergik. Efek dari zat tersebut sangat meringankan penderita asma.
Alkaloid dapat melebarkan kembali saluran pernapasan yang menyempit akibat serangan asma. Lalu, skopolamin juga mempunyai aktivitas depresan untuk susunan saraf pusat sehingga kerap digunakan sebagai obat antimabuk.

Tips jika keracunan

Bila keracunan ramuan kecubung, usahakan jangan sampai tertidur. Minumlah kopi yang keras dan jangan lupakan untuk menghirup udara segar sebanyak-banyaknya.

Bijak memanfaatkan kecubung

Harus hati-hati Yang perlu diperhatikan, penggunaan kecubung bisa berefek samping. Keracunan bisa saja terjadi. Menurut Endah Lasmadiwati, ahli tanaman obat dari Taman Sringanis Bogor, penggunaan daun kecubung yang hanya diremas dan ditempelkan pada dahi bisa membuat orang mabuk. Itu sebabnya, kita harus sangat hati-hati dalam penggunaan kecubung. Paling tidak, berkonsultasilah dengan ahli tanaman obat atau dokter sebelum menggunakan ramuan kecubung.

(Di rangkum dari berbagai sumber)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "semua tentang tanaman kecubung (Datura metel L)"

Post a Comment

silakan berkomentar dengan sopan yah :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel