perbandingan Sapi Friesian Holstein FH dan Sapi Jersey

 perbandingan produksi susu Sapi Jersey dan Sapi FH Friesian Holstein (FH)

sapi termasuk hewan ruminansia yang memakan rumput. alasan sapi memakan rumput adalah kerana anatomi dan fisiologi rumen yang komplex berikut ini adalah perbandingan Sapiperah  Friesian Holstein FH dengan  Sapi perah Jersey

Sapi Friesian Holstein (FH) 

Sapi Friesian Holstein (FH) adalah Sapi yang berasal berasal dari Belanda yaitu di Provinsi North Holand dan West Friesland yang memiliki padang rumput yang sangat luas. sapi ini lebih dikenal nama lain seperti Friesian Holstein (FH) sedangkan di Amerika Serikat disebut Holstein Friesian atau disingkat Holstein Sedangkan di Europa disebut Friesian. sebagai informasi Bangsa sapi perah yang banyak dipelihara di Indonesia adalah  jenis bangsa sapi perah peranakan Friesian Holstein (PFH)
baca juga proses seleksi sapi perah
keunggulan Sapi FH Friesian Holstein (FH)
keunggulan Sapi FH Friesian Holstein (FH)

 keunggulan Sapi Friesian Holstein FH yaitu beberapa keunggulan, salah satunya yaitu jinak, tidak tahan panas tetapi sapi ini mudah menyesuaikan diri dengan keadaan lingkungan sekitar.

Menurut Rustamadji (2004), 

ciri-ciri sapi peranakan Friesian Holstein FH PFH

ciri-ciri sapi peranakan Friesian Holstein FH PFH adalah: Sebagai berikut
  1. warna bulunya belang hitam dan putih; 
  2.  mempunyai ukuran tubuh yang besar dan beratnya hampir sama dengan sapi Friesian Holstein FH ;  mempunyai kadar lemak susu yang juga rendah;
  3. produksi susu dapat mencapai 15-20 liter per hari per masa laktasi; 
  4. mempunyai sifat tenang dan jinak sesuai dengan induknya;
  5. lebih tahan panas jika dibandingkan dengan sapi FH, sehingga lebih cocok di daerah tropis;
  6.  mudah beradaptasi di lingkungan barunya. 
proses pemerahan susu sapi akan efektif jika menggunakan mesin perah susu sapi

prduksi susu Sapi Friesian Holstein FH 

Sapi Friesian Holstein (FH) adalah sapi perah yang produksi susunya tertinggi, dibandingkan bangsa-bangsa sapi perah  yang sudah dikenal lama di indonesia,   Produksi susu FH tertinggi diantara bangsa sapi perah lainnya namun kadar lemaknya  relatif  rendah. Warna lemaknya kuning dengan butiran-butiran  (globula) lemaknya kecil sehingga baik untuk konsumsi susu segar dengan kadar lemak susu yang rendah rata-rata 3,7%. Di Indonesia sapi jenis FH ini dapat menghasilkan susu 20 liter/hari, tetapi rata-rata produksi 10 liter/hari atau 3.050 kg susu 1 kali masa laktasi. Sapi jantan jenis FH ini dapat mencapai berat badan 1.000 kg, dan berat badan ideal betina adalah 635 kg. Di Amerika sapi FH ini dapat memproduksi lebih dari 7.000 kg susu dalam 1 kali masa laktasi (Sudono dkk., 2003). 

Sapi Jersey 

sapi jersey masih belum sepopuler sapi FH sebagai sapi perah yang sudah lama dibudidayakan dinegara kita. Sapi Sapi Jersey  berasal dari  pulau Jersey yang terletak di Selat Channel antara  Prancis dan Inggris ( terletak di negara Inggris bagian selatan). Nenek moyang dari sapi Jersey adalah sapi liar Bos (Taurus) Typicus Longifrons yang kemudian dikawin silangkan dengan sapi di Paris dan Normandia (Prancis).
keunggulan Sapi perah jersey
keunggulan Sapi jersey
Belakangan ini sapi Jersey mulai banyak dibicarakan, dengan dibukanya sebuah peternakan sapi perah dengan kapasitas ribuan ekor di daerah Blitar Jawa Timur yang memelihara jenis sapi Jersey.

Ciri-ciri fisik sapi Jersey : 

  1.  Warnanya tidak uniform ( seragam) ada yang berwarna kuning sampai hitam, ada pula yang berwarna merah sampai merah tua, tetapi pada bagian tertentu kadang ada  warna putihnya.       Warna yang  umum adalah coklat muda dan  warna sapi yang  jantan lebih  tua. 
  2. Tanduk menjurus ke atas, lebih panjang daripada tanduk sapi FH Friesian Holstein
  3.  Berat badan sapi dewasa : jantan  625 kg ,  Betina  425 kg d. Produksi susu 2500 liter per  laktasi dengan kadar lemak  5,2 % Lemaknya berwarna kuning, dengan butr-butir lemaknya besar sehingga mudah dibuat mentega. Oleh karena itu sapi jersey banyak ditemukan di derah penghasil mentega.
  4.  Badan  Sapi  Jersey  adalah  terkecil diantara bangsa sapi  perah lainnya tetapi bentuk badanya paling bagus di antara bangsa-bangsa sapi perah  lainnya. Perutnya  tampak besar dibandingkan badannya dan ambingnya besar serta  bagus sehingga bentuk segi tiga badannya jelas sekali. 
  5. Sapi Jersey terkenal cepat dalam beradaptasi dengan lingkungan barunya
  6. Daya tahan terhadap cuaca karena sapi ini tahan terhadap perubahan suhu panas dan dingin
  7. Memiliki kecepatan pertumbuhan yang bagus
  8. Mudah di budidayakan dan diternakkan oleh masyarakat umum
  9. Pemeliharaan mudah dan sederhana

Karakteristik Sapi Jersey 

  1. Sangat peka dan kurang tenang  
  2.  Sifatnya tidak tenang sehingga mudah terganggu oleh perubahan-perubahan di sekitarnya 
  3.  Lebih tahan panas d. Kemampuan merumput ( Grassing ability ) bagus.
  4.  Tidak begiti jinak.  Sapi Jersey jantan lebih ganas
  5.  Memiliki sifat nerveous atau gelisah dan bereaksi cepat terhadap rangsangan 
  6. Cepat dewasa 
baca juga prospek dan perhitungan usaha sapi perah

Ciri-ciri Jersey Unggul Untuk Pejantan (Jersey Bull)

  1. Gerakan lincah dan gesit
  2. Pertumbuhan cepat
  3. Sudah layak kawin, berumur 1-1,5 tahun
  4. Berwarna gelap di bandingkan betina
  5. Produksi spermatozoid berkualitas
  6. Tidak dalam kecacatan ( abnormal ) 

Ciri-Ciri Calon Indukan Betina Unggul

  1. Gerakan lincah
  2. Pertumbuhan cepat
  3. Sudah layak kawin, berumur 6 bulan hingga 1 tahun
  4. Berwarna terang
  5. Produksi sel telur berkualitas
  6. Tidak dalam kecacatan ( abnormal )

kelebihan prduksi susu Sapi perah Jersey

Sapi perah Jersey ini tergolong sapi perah yang kecil, susu sapi Jersey mempunyai kandungan yang lebih baik. Kandungan lemaknya lebih tinggi, sehingga bagus untuk dibuat mentega atau keju. Berdasarkan American Jersey Cattle Association (AJCA), susu sapi Jersey mempunyai kandungan protein 15-20 persen lebih tinggi, mempunyai kandungan kalsium 15-18 persen lebih tinggi, mempunyai kandungan fosfor 10-12 persen lebih tinggi dibanding susu sapi yang lain termasuk kandungan vitamin B12. kelebihan lainnnya sapi jersey yaitu  Kebutuhan pakan sapi perah Jersey ini hanya 80 persen dari kebutuhan pakan sapi perah FH Friesian Holstein

baca juga artikel sapi yang tahan terhada susu extrim

Sapi Jersey memproduksi susu jauh lebih tinggi perkilogram berat badannya dibanding sapi perah lain. Sapi perah Jersey ini mampu mencapai produksi susu  Produksi susu 2500 liter per laktasi. karena ukuran badannya kecil, dengan jumlah pakan yang lebih sedikit sapi perah Jersey memproduksi susu lebih banyak bila dibandingkan dengan sapi perah lain. Kebutuhan pakan sapi perah Jersey ini hanya 80 persen dari kebutuhan pakan sapi perah FH.

kesimpulan secara prodksi susu sapi lebih unggul sapi Friesian Holstein (FH), tetapi untuk kadar lemak susu lebih banyak sapi jersey. secara konsumsi pakan lebih efisien sapi jersey. tetapi sapi jersey mempunyai kelemahan yaitu Sifatnya tidak tenang sehingga mudah terganggu sehingga kemungkinan stres lebih tinggi dibanding  Friesian Holstein (FH). hal ini yang akan berpengaruh kepada produksi susu, selain itu sapi jersey belum terkenal di indonesia.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "perbandingan Sapi Friesian Holstein FH dan Sapi Jersey"

Post a Comment

silakan berkomentar dengan sopan yah :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel