perbandingan Limousin dan Simental ?

perbandingan Sapi Metal dan Limousin, Mana Yang Terbaik?

Sapi-sapi potong yang umum dipelihara peternak lokal pada awalnya hanya mengenal sapi PO, SO, Sapi Bali, sapi Madura dan sapi FH tetapi seiring perkembangan waktu dan jaman,  pemerintah mulai mendatangkan sapi dari eropa.  kin i sapi potong dari eropa merupakan jenis yang paling digemari peternak maupun jagal yaitu bangsa sapi sub tropis jenis limousin dan simental.

Ada berbagai tipe peternak, yang satu lebih menyukai sapi limousin tetapi banyak pula yang lebih senang menggemukkan sapi metal atau simental. Sebenarnya antara sapi limousin dan simental masing-masing memiliki keunggulan dan juga kelemahan dan untuk mengetahuinya sebaiknya dibandingkan antara karakteristik Limousin dan Simental terlebih dahulu.
karakteristik keunggulan Limousin dan Simental
karakteristik Limousin dan Simental

karakteristik Limousin dan Simental

Sapi Simmental

menurut sejarahnya Sapi Simmental berasal dari Swiss, dipublikasikan pertama kali pada tahun 1806. Pada tahun 1990 bulu sapi Simmental berwarna kuning, merah dan putih. Pada dewasa ini kebanyakan berwarna hitam. Peternak berkeyakinan sapi hitam mempunyai harga yang lebih baik.

Sapi Simmental adalah jenis sapi jinak dan mudah dikelola, dan dikenal dengan pola daging yang ekstrim. Sapi yang asli badannya besar dengan tulang iga yang dangkal, tetapi akhir-akhir ini tubuh yang sedang lebih disenangi. Sapi jantan beratnya 1000 – 1400 kg, sedang betina 600 – 850 kg. Masa produksi sapi betina 10 – 12 tahun.

Sapi limousine

Sapi limousine merupakan sapi keturunan eropa yang berkembang di Prancis. Tingkat pertambahan bobot badan yang tinggi perharinya 1,1 kg. ukuran tubuhnya besar dan panjang serta dadanya lebar dan berdaging tebal. Bulunya berwarna merah mulus, sorot matanya tajam, kaki tegap dengan warna pada bagian lututke bawah berwarna terang tanduk pada sapi jantan tumbuh keluar dan agak melengkung, bobot sapi jantan 850 kg dan betina 650 kg.

contoh jenis Sapi Limousin Unggul
contoh Sapi Limousin Unggul

Ciri-ciri dan Keunggulan Sapi Limousin

Setelah mengetahui beberapa ciri sapi bakalan yang bagus, berikut ini yang juga perlu diketahui adalah ciri utama sapi jenis limousin agar anda tidak bingung saat membeli jenis sapi limousin di pasar hewan. Beberapa ciri khas dan keunggulan sapi limousin antara lain:
  1. Secara umum memliliki warna coklat muda, kuning agak kelabu
  2. Bentuk tubuh besar, panjang, kompak dan padat.
  3. Cocok di daerah yang mempunyai curah hujan tinggi.
  4. Sangat cocok dipelihara di daerah dengan iklim sedang.
  5. Tidak begitu bagus dikembangkan didaerah beriklim panas
  6. Pertumbuhan badan sangat cepat
  7. Berat jantan dewasa mencapai lebih 1.200 kg
  8. Kualitas daging tinggi
  9. Kualitas Karkas Bagus
  10. Pertumbuhan berat badan perhari bisa diatas 1 - 1,5 kg lebih dengan dukungan pakan yang bagus

Ciri - Ciri dan Keunggulan Sapi Simental

  1. Bulunya berwarna kuning hingga kecokelatan
  2. Bentuk badan sapi ini panjang, kompak dan tentunya padat
  3. Kepala sapi simental umumnya bewarn putih pada bagian atasnya.
  4. Bobot tubuh sapi Simental jantan dewasa mampu mencapai 1.400 kg
  5. Sapi ini memang tegolong dalam sapi yang berukuran besar, baki pada waktu melahirkan, penyapihan hingga sapi dewasa
  6. Sapi Simental Betina dewasa 600-800 kg
  7. Pertambahan bobotnya mencapai 1,5-2,1 kg/hari

Keunggulan sapi simmental

  1. Jenis sapi potong unggul dengan bobot badan dewasa dapat mencapai 1.400 kg
  2. Pertambahan bobot harian dapat mencapai 2,1 kg per/hari
  3. Persentase karkas daging sapi simemntal cukup tinggi, lemaknya tidak banyak atau sedikit, sapi ini bisa untuk sapi perah ataupun sapi potong. Keperluan masyarakat kita terhadap susu dan daging sangat tinggi, maka kita usaha beternak sapi simental sangat potensial. Apalagi samai saat ini negara kita belum mampu mencukupi kebutuhan daging nasional, untuk memenuhipun daging sapi masih di impor dari Australia dan India.
contoh Jenis Sapi pedaging Simental Unggul
contoh Jenis Sapi Simental Unggul
catatan sapi yang berasal dari eropa adalah sapi yang tidak begitu tahan terhadap panas yang menyengat atau ekstrim. Kondisi ini sering ditunjukkan saat cuaca sangat panas maka sapi akan cenderung gelisah dan panting atau ngos-ngosan sebagai upaya tubuhnya untuk mereduksi panas.

Kelemahan sapi bangsa eropa

Kelemahan sapi yang tidak tahan terhadap cuaca yang terlalu panas ini bisa diminimalisir dengan konstruksi kandang yang bisa mereduksi panas matahari, sirkulasi udara yang lancar dan bahkan jika perlu dipasang blower atau kipas angn besar dalam kandang saat cuaca terlalu panas. Pemberian elektrolit dan juga sodium bicarbonat juga bisa membantu mengatasi stress panas dari sapi limo maupun metal ini.

Kelemahan lain dari kedua jenis sapi ini adalah tidak bisa berkembang baik dengan pakan yang berkualitas rendah, beda dengan sapi Madura dan sapi PO yang disamping tahan cuaca panas juga bisa bertahan dengan baik saat diberikan pakan dengan kualitas rendah. Sapi limousin dan simental bisa berkembang bagus hingga mencapai bobot leboh dari 1 ton saat kualitas dan kuantitas pakan yang diberikan memenuhi syarat kecukupan nutrisi disamping tentunya jumlah yang mencukupi.

semua sapi diatas mempunyai kelebihan dan juga kelemahan, mana yang paling unggul dan lebih disukai? itu Tergantung dari  selera masing-masing peternak.

0 Response to "perbandingan Limousin dan Simental ? "

Post a Comment

silakan berkomentar dengan sopan yah :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel