Pakan Comboran untuk ternak dan Cara Membuatnya

pakan comboran

pengertian pakan comboran

Pakan comboran yaitu  pakan campuran beberapa bahan pakan yang diberikan kepada ternak, yang kandungan utamanya adalah protein. Pemberian pakan comboran biasanya diberikan oleh peternak terutama untuk proses penggemukan ternak. metode ini banyak diaplikasikan oleh peternak terutama didaerah pedesaan.
pemberin comboran sangat penting terutama untuk peternak peternak di pedesaan yang sehari hari mengandalkan hijauan pakan  hasil “ngarit”. memberikan pakan comboran untuk ternak  sapi sangat perlu dilakukan agar perkembangan sapinya lebih cepat dan lebih bagus dan maksimal.
cata membuat pakan sapi comboran
pakan sapi comboran
 
Pakan untuk ternak yang baik adalah yang dapat memenuhi kebutuhan hidupnya seperti protein, karbohidrat, lemak, vitamin, dan mineral. Protein berfungsi untuk mengganti sel-sel yang telah rusak, membentuk sel-sel tubuh baru dan sumber energi. Karbohidrat berfungsi sebagai sumber energi dan pembentukan lemak tubuh. Lemak berfungsi untuk pembawa vitamin A,D,E,K dan juga sebagai sumber energi.
 
 pakan comboran sapi dan Cara Membuatnya
Pakan Comboran untuk ternak

bahan pakan comboran

Jenis-jenis bahan pakan yang bisa dipakai sebagai comboran terutama ternak ruminansia seperti sapi sebenarnya beraneka ragam. bahan yang digunakan untuk comboran ternak yang biasa digunakan seperti sisa industri pertanian, ampas tahu, ampas bir, onggok atau ampas gamblong dll dapat dimanfaatkan untuk bahan campuran pakan comboran ruminansia atau ternak sapi.

Dan dibawah ini hanyalah sebagian kecil contoh cara membuat pakan comboran sapi dengan bantuan bahan tambahan starbio untuk meningkatkan kualitas dan kandungan gizi pakan comboran yang akan diberikan pada ternak sapi.

Membuat Pakan Sapi Comboran

  1. Siapkan ember besar,air ,dedak halus ¨katul¨,garam dan star bio atau dapat diganti dengan Bossdext, bioplus, veterna dll yang berfungsi untuk mempercepat proses fermentasi.. 
  2. bahan dedak atau katul dapat diganti dengan  sisa industri pertanian,seperti ampas tahu, ampas bir, onggok atau ampas gamblong dll yang terpenting adalah kandungan proteinnya tinggi.
  3.  langkah berikutnya adalah siapkan ember besar lalu dedak halus ¨katul¨ di masukan,ukuran 25 liter ari,membutuhkan dedak halus ¨katul¨ 1 kg. Setelah dedak di masukan lalu garam,kurang lebih 2 sendok makan.
  4. Sesudah itu lalu star bio di masukan,ukurannya 2 sendok makan.
  5.  Setelah dedak,garam,dan starbio di masukan kedalam ember besar baru di larutkan dengan air sumur yang sudah di sediakan.
  6.  Aduk sampai rata dan siap di berikan pada sapi.
  7.  Pemberian komboran pada sapi sebaiknya 1 hari 2kali,yaitu pagi dan sore setelah sapi selesai makan
Jika ada salah satu bahan comboran tidak ada bisa diganti dengan bahan lain yang agak mirip atau serupa kandungan nutrisinya, yang penting adalah kandungan proteinnya tinggi.  Jangan terpaku pada satu dua jenis pakan tertentu karena banyak bahan-bahan pakan ternak sapi yang memiliki manfaat hampir sama baik sebagai sumber karbohidrat dan juga sumber protein.

Contoh bahan pakan untuk Comboran ternak sapi lainnya

  • Dedak
  • Ampas bir
  • Brand polar (dedak gandum)
  • Ampas tahu basah
  • Ampas tempe
  • Parutan telo afkir
  • Air tempe
  • bekatul kasar 
  •  Kulit kacang halus
  •  Tumpi kedelai 
  • dll
semoga bermanfaat :)
diolah dari berbagai sumber

0 Response to "Pakan Comboran untuk ternak dan Cara Membuatnya"

Post a Comment

silakan berkomentar dengan sopan yah :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel