Kebutuhan Air Minum Sapi Per Hari

Kebutuhan Air Minum ternak sapi Setiap Hari

Tubuh ternak penyusun terbesarnya adalah air, sekitar 70-75% penyusunnya adalah air. jika tubuh kekurangan air maka akan berdampak negatif pada ternak dan yang lebih parah adalah kematian ternak.. Air memiliki peranan yang sangat penting bagi ternak, terutama untuk proses metabolisme tubuh, seperti,  untuk mengatur suhu tubuh, membantu proses pencernaan, mengangkat zat-zat pakan, dan yang paling penting adalah mengeluarkan bahan-bahan yang sudah tidak berguna dari dalam tubuh sapi.
gambar ternak sapi
ternak sapi

Hewan ternak harus diberikan minum setiap saat, baik secara diangkut ke kandang, pada tempat hewan diikat ataupun di padang rumput. Kekurangan air minum mengakibatkan hewan tidak makan sehingga produksi maksimum tidak tercapai.

Seekor sapi setiap hari rata-rata membutuhkan air antara 3-6 liter/1Kg pakan kering. Oleh sebab itu, air harus cukup tersedia di kandang apabila menginginkan pertumbuhan sapi yang baik. jika dihitung ternak Sapi dan kerbau memerlukan 25 sampai 40 liter air per ekor per hari. tetapi patokan ini tidak mutlak, ada baiknya kita menyediakan air yang selalu tersedia atau adlibitum.

 Kebutuhan air ternak sapi umumnya  tergantung kepada beberapa faktor seperti dari jenis apa sapi tersebut, kondisi iklim, tempat bermukim sapi tersebut, umur sapi dan jenis pakan yang di berikan. Sapi yang berumur lebih muda cenderung lebih banyak membutuhkan air dibandingkan dengan yang lebih tua.

Kebutuhan sapi akan air dapat diberikan dari berbagai cara. Pemenuhan kebutuhan air dapat dilakukan melalui air minum. air yang terkandung didalam pakan atau melalui air yang berasal dari metabolisme zat yang terkandung didalam pakan.

Pada dasarnya semua bahan pakan mengandung unsur air. Untuk bahan pakan kasar seperti hijauan segar atau rerumputan tropis kandungan airnya cukup tinggi, hingga 85 %.  Oleh sebab itu, hewan ternak tropis, seperti sapi dapat bertahan hidup tanpa air minum dengan mengandalkan air dari pakan hijauan yang dikonsumsinya. Namun, untuk bahan pakan berupa biji-bijian, kandungan airnya lebih sedikit sekitar 10-25 % saja.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Kebutuhan Air Minum Sapi Per Hari"

Post a Comment

silakan berkomentar dengan sopan yah :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel