istilah istilah kambing boer

pada posting sebelumnya saya telah membuat Prospek Usaha Kambing boer kali ini saya akan membagikan definisi kambing boer yang sesuai dengan aturan registrasi IBGA. berikut adalah definisi kambing boer yang sesuai dengan aturan registrasi IBGA 
  1. Kambing boer murni (fullblood) – kambing boer yang berasal dari keturunan 100% kambing boer berdarah murni dan tidak memiliki satupun kambing non boer (bukan boer) dalam catatan silsilah nenek moyangnya (pedigree). Pada kenyataannya kambing boer murni hanya didapatkan dari kambing boer yang diimpor langsung dari Afrika Selatan
  2. Kambing boer peranakan (purebreed) – kambing boer betina peranakan dedifinisikan memiliki 15/16 (93,75%) darah kambing boer yang berasal dari keturunan kambing boer murni atau peranakan yang telah teregistrasi dan tercatat oleh IBGA. kambing boer jantan peranakan didefinisikan memiliki 31/32 (96,88%) darah kambing boer yang berasal dari kambing keturunan kambing boer murni atau peranakan yang telah teregistrasi dan tercatat oleh IBGA.
  3. Kambing boer campuran (percentage) – kambing boer yang memiliki 1/2 (50%) darah kambing boer. Kambing boer campuran dapat berasal dari keturunan pejantan boer murni (fullblood) dengan indukan bukan boer atau indukan boer murni dengan pejantan bukan boer.
sertifikat kambing boer
sertifikat registrasi kambing boer

Kawin Silang (Cross Breeding)

Lalu pertanyaannya bagaimana mendapatkan nilai persentase darah keturunan seekor kambing boer? Aturan kawin silang (crossbreeding) kambing boer adalah acuannya. Aturan ini mensyaratkan dua hal
  1. Pejantan yang dikawinkan harus murni (pureblood).
  2. Pencatatan silsilah (pedigree) harus konsisten dilakukan untuk menandai nilai persentase seekor kambing boer
Jika syarat diatas tidak dapat terpenuhi maka aturan kawin silang pun tidak berlaku.
Berikut adalah aturan kawin silang kambing boer. “F” disini menunjukkan persentase kemurnian kambing boer yang dihasilkan dari kawin silang pejantan kambing boer murni (fullblood) dengan indukan kambing yang lain.
  • F1 : 1/2 kambing boer (pejantan kambing boer murni, indukan kambing jenis lain)
  • F2 : 3/4 kambing boer (pejantan kambing boer murni, indukan F1)
  • F3 : 7/8 kambing boer (pejantan kambing boer murni, indukan F2)
  • F4 : 15/16 kambing boer (pejantan kambing boer murni, indukan F3)
  • F5 : 31/32 kambing boer (pejantan kambing boer murni, indukan F4)
diagram kawin silang kambing boer goat cross breeding
diagram kawin silang kambing boer
Perlu dicatat jika hasil kawin silang diatas tidak akan pernah menghasilkan keturunan murni (fullblood). Yang dihasilkan hanyalah kambing boer peranakan (purebreed). IBGA menyediakan jasa tes DNA untuk mengetahui persentase kemurnian seekor kambing boer sebagai pembuktian genetis

Kambing Etawa Asli

Lalu pertanyaan timbul bagaimana dengan kambing etawa? Seperti yang telah disepakati jika kambing etawa adalah turunan dari kambing Jamnapari dari India. Berikut adalah karakteristik kambing Jamnapari mengacu pada makalah resmi yang dipublikasikan oleh Food and Agriculture Organization (FAO) milik PBB.
“Hewan besar. Terdapat variasi dalam warna bulu, tetapi warna bulu umumnya putih dengan bercak coklat (tan patches) di kepala dan leher . Karakter khasnya adalah garis hidung sangat cembung dengan seikat rambut, menghasilkan tampilan mirip paruh kakak tua. Telinga sangat panjang, datar dan terkulai; telinga panjang: 26,79 ± 0,21 cm (216). Kedua jenis kelamin yang bertanduk; panjang tanduk: 8,69 ± 0,27 cm (108). Ekor tipis dan pendek. Sebuah pertumbuhan rambut tebal di pantat, yang dikenal sebagai bulu (jembrak), menutupi ambing jika dilihat dari belakang. Ambing ini berkembang dengan baik, bulat, dengan puting kerucut besar.”
Berikut adalah foto-foto kambing jamnapari yang diambil di tempatnya di India
kambing jamnapari india
kambing jamnapari india
kambing jamnapari india
kambing jamnapari india
Deskripsi penampilan fisik kambing jamnapari diatas agak sedikit berbeda dengan beberapa pandangan peternak. Ada beberapa referensi yang berusaha mendefinisikan ciri kambing etawa. Namun ini bukan merupakan ciri kambing jamnapari yang asli.
kambing etawa super jamnapari
Sayangnya belum ada penelitian genetis yang membandingkan DNA kambing etawa Indonesia dengan kambing jamnapari India. Lebih lanjut tidak adanya catatan yang menyimpan silsilah (pedigree) secara sistematis mulai dari kambing Jamnapari datang ke Indonesia sampai pada keturunannya membuat sulit untuk untuk mengetahui tingkat kemurnian kambing etawa Indonesia. Besar kemungkinan kambing etawa yang di Indonesia adalah kawin silang (cross breeding) dengan kambing lokal. Karena itu dinamakan kambing peranakan etawa (PE)

semoga artikel ini memberi manfaat untuk kita semuanya :)

sumber  refrensi 
http://www.intlboergoat.org/pdf/2010/feb16/RULES_AND_REGULATIONS_FOR_REGISTRATION.pdf
http://www.boergoats.com/clean/articleads.php?art=35
http://www.intlboergoat.org/aboutus.php
http://www.fao.org/DOCREP/004/X6532E/X6532E00.HTM
http://www.dairygoatjournal.com/issues/82/82-3/PK_Rout.html

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "istilah istilah kambing boer"

Post a Comment

silakan berkomentar dengan sopan yah :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel