cara mengganti blogspot.com menjadi .com

Mengganti Domain Blogspot menjadi .Com  atau istilah kerennya adalah Custome Domain sebenarnya sangat mudah kawan.   Bagi kawan kawan semuanya yang mendaftar atau membuat blog di blogspot pasti risi rasanya ada embel embel blogspot dibelakang nama blog kawan kawan semuanya,  tetapi tidak perlu risau subdomain yang menempel di blog kita tersebut,  bisa kita hapus loh lalu, dan kita ganti dengan .com .net .org .id dlll. . Dengan cara mengganti domain blogspot menjadi .com  dan sebagainya maka alamat blog Anda dapat terlihat lebih keren bahkan lebih profesional dan terlihat terpercaya. berikut adalah caranya.


kawan kawan  hanya perlu membeli domain terlebih dahulu. domain yang umum dibeli adalah .com .net .org .id dll atau biasa disebut dengan TDL/ Top domain level.

Banyak penyedia domain dari dalam negeri  maupun luar negri. untuk penyedia dalam negri yang terkenal contohnya: niagahoster.com, rumahweb.com, masterweb.com, idhostinger.com, idwebhost.com. dll  sedangkan domain luarnegri yang terkenal contohnya www.namecheap.com/
saya dulu beli domain .com di niaga hoster sekitar 120 rb untuk 1 th. jika kawan kawan menemukan penawaran domain yang supermurah atau bahkan gratis jangan mudah percaya kerana bisa jadi jika domain sudah terkenal akan diambil alih seperti domain gratis difeenom, dll

nah tutorial kali ini Mengganti Domain Blogspot menjadi .Com

Cara Mengganti Domain Blogspot menjadi .com


 langkah pertama adalah harus membeli domain terlebih dahulu.  

jika sudah beli domain lanjut ke langkah berikutnya.

 Masuk ke dashboard blogger Anda, Klik Setelan


cara mengganti domain blogspot menjadi .com (custom domain)
cara mengganti blogspot.com menjadi .com


2. Klik "Siapkan URL pihak ke-3 untuk blog Anda"


cara mengganti domain blogspot menjadi .com


3. Selanjutnya, Masukkan domain Anda di kotak kosong yang telah tersedia. 

Domain yang dimasukkan harus ditambahkan www di depannya sehingga berbentuk seperti www.namadomain.com

mengganti domain di blogspot menjadi .com

4. Klik "Simpan"


5. Karena domain yang sudah diisikan belum terjadi pengaitan di DNS, maka akan tampil pesan kesalahan "Kami tidak dapat memverifikasi otoritas Anda untuk domain ini.....". Abaikan saja pesan kesalahan seperti itu untuk sementara waktu,

Lalu perhatikan ke bawah sedikit. Ada 2 kode yang tampil, kode inilah yang di sebut CNAME. Kode ini akan digunakan untuk melakukan setting DNS yang akan dijelaskan di bawah.


kode cname untuk mengganti domain blogspot menjadi .com


Mengelola Domain Aktif


6. Buka tab baru di browser, Kemudian lakukan login member area di https://member.idwebhost.com. Setelah masuk ke member area, Klik kotak merah bertuliskan "Domain Aktif".

7. Temukan nama domain Anda dan Klik "Kelola Domain" di samping kanan

kelola domain ~ cara mengganti domain blog

8.  Selanjutnya, Klik tab "Alat Pengelolaan" dan pilih "Kelola DNS"

9. Akan terbuka menu baru disertai kolom-kolom, Isikan kolom tersebut dengan satu tahap demi satu tahap yang akan muncul setelah meng-klik "Simpan Perubahan".

Kolom tersebut terdiri dari Nama Host, Jenis Records, Alamat dan Priority


isikan kolom tersebut dengan urutan seperti tabel di bawah ini :

1
@
A(Address)
216.239.32.21
kosongkan
2
@
A(Address)
216.239.32.21
kosongkan
3
@
A(Address)
216.239.32.21
kosongkan
4
@
A(Address)
216.239.32.21
kosongkan
5
2or17p6hxjpj
CNAME
gv-4gxsy73yvfqb5.dv.googlehosted.com
kosongkan
6
www
CNAME
ghs.google.com
kosongkan


10. setelah seluruhnya sudah terisi, Klik tab "Nameserver", Lakukan pengisian Nameserver dengan kode ns1.idwebhost.id dan ns2.idwebhost.id  dan klik "Ubah Nameservers" ( Lihat gambar di bawah ini )


setting nameserver untuk mengganti domain blogspot

Setelah seluruh settingan selesai, tunggu proses propagasi perubahan DNS lebih kurang 6-8 jam. Kemudian lakukan penyettingan ulang dari langkah 1-4 hingga tidak ada lagi pesan error saat simpan domain ke blogspot.

Setting Pengalihan Domain


Cara mengganti domain blogspot menjadi .com akan lebih sempurna lagi bila dilakukan pengalihan domain. Oleh karena itu, Jangan lupa lakukan setting pengalihan domain dari non www menjadi www. Fungsinya agar domain tersebut dapat di akses dengan www.domain.com dan domain.com.

Sebagai contoh : ketika ada pengunjung yang mengetikkan alamat url http://contohdomain.com atau http://www.contohdomain.com tetap akan dapat mengunjungi blog yang dimaksud..

caranya ialah :

a. masuk ke dashboard blog
b. klik setelan
c. pada bagian alamat blog, centang alihkan domain..... ( seperti tampak gambar di bawah ini )
d. klik simpan

pengalihan domain untuk mengganti domain blogspot

Nah, itulah cara mengganti domain blogspot menjadi .com atau bahasa kerennya custom domain, semoga dapat memberikan manfaat.  sekian dan terimakasih. salam sukses.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "cara mengganti blogspot.com menjadi .com"

Post a Comment

silakan berkomentar dengan sopan yah :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel