link expr:href='data:blog.url' hreflang='x-default' rel='alternate'/>

Boleh Saja kita Bercanda Tetapi Apakah Kita Tahu Adab-Adabnya ?

Bercanda,  tentu setiap orang pasti pernah melakukannya. baik kepada teman teman terdekat maupun kepada sahabat  kita. Bercanda berarti melakukan sesuatu yang bukan kewajiban tapi kemauan yang dilakukan dengan maksud bersenda gurau untuk bergembira bukan sebagai bahan yang serius. Bercanda menjadi sesuatu yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sosial kita. Ketika berkumpul bersama teman-teman, pasti kita semua suka bercanda hehehe,

bercanda bersama teman dan sahabat terdekat
bercanda bersama teman dan sahabat
Tetapi terkadang candaan juga bisa membuat orang yang disekitar merasa sakit hati dengan candaan kita. Sebaiknya kita menghindari hal seperti itu. kita harus ingat Ada saatnya bercanda dan harus ada saat kita serius, dan juga menjaga perasaan orang lain.

Adab-Adab Bercanda dalam islam


Nah, dalam islam sendiri dalam bercanda juga terdapat beberapa adabnya. Di bawah ini akan mas ely jelaskan secara ringkas beberapa adab dalam bercanda, semoga bermanfaat :


adab adab bercanda dalam islam
adab adab bercanda

1. Jangan jadikan candaan itu sebagai kegiatan sehari-hari sebagai hukum asal.

Artinya seseorang tidaklah kita bertemu dengan dia kecuali kita bercanda dan ini sangat tidak benar. Karena kalau bercanda terus menerus dan berlebih-lebihan terkadang seseorang akan keras hatinya karena sering terlalu tertawa.

2. Seseorang tidak boleh berdusta atau berbohong.

Bahkan ada larangan keras dalam hal ini. Rasulullah dalam suatu hadits bersabda,

"Celaka bagi seseorang yang menyampaikan sesuatu pembicaraan agar membuat suatu kaum tertawa dengan dia berdusta celaka dia celaka dia." (HR. Abu Daud)

Sebaliknya syariat memberikan semangat bagi orang-orang agar tatkala bercanda tidak berdusta. Rasulullah berkata,

"Aku menjadi istana di tengah surga bagi seorang yang meninggalkan dusta meskipun dalam kondisi bercanda." (HR. Abu Daud)

3. Tidak boleh bercanda dengan menakut-nakuti saudaranya.

Dalam suatu hadits Rasulullah bersabda,

"Tidak boleh salah seorang dari kalian mengambil barang milik saudaranya dalam kondisi bercanda atau serius." (HR. Abu Daud)

Ada juga candaan yang diharamkan Allah, ada yang mengatakan misalnya jenggot dikatakan jenggot kambing. Sebagai apa ? sebagai bahan candaan dan itu haram. Ini adalah bentuk candaan yang sangat berbahaya karena penghinaan kepada syariat Rasulullah dan juga ada bentuk dari kedustaan.

Oleh karena itu, silakan kawan kawan mas ely bercanda, tapi harus ingat canda sesuai Sunnah Rasululllah dan tetap berhati hati menjaga perasaan orang lain,

Semoga yang mas ely bagikan kali ini Bermanfaat. jangan lupa tinggalkan komenyar yah :)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Boleh Saja kita Bercanda Tetapi Apakah Kita Tahu Adab-Adabnya ?"

Post a Comment

silakan berkomentar dengan sopan yah :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel