binatang ternak dalam al-quran bukan untuk indonesia ?

dalam al-quran disebut ada delapan ekor hewan yang berpasangan (4 pasang). hewan tersebut adalah  dua ekor ( sepasang) domba, sepasang kambing, sepasang unta dan sepasang sapi.  apa pengaruh ayat ini untuk indonesia ?
 Badan pangan dunia FAO mengeluarkan statistiknya, faktanya kawan yang sangat menyedihkan untuk kita, tetapi mungkin tidak ada pihak yang berwenang di negeri ini  indonesia yang mendalami data tersebut – sehingga kita cuek bebek :v .

delapan ekor hewan yang berpasangan dari binatang ternak DALAM AL-QURAN
delapan ekor hewan yang berpasangan dari binatang ternak DALAM AL-QURAN
Data tersebut adalah tentang konsumsi daging per kapita per tahun untuk dekade pertama di millennium ke 3 (2000-2009). Dimana menyedihkannya ? Menurut data itu kita hanya mengkonsumsi daging 10 kg per tahun per kapita, sementara tetangga-tetangga kita seperti Timor 36.51 kg; Malaysia 48.93 kg; Brunei 63.87 kg dan Australia 111.72 kg !
Data fao konsumsi daging indonesia

kenapa saya bilang ini menyedihkan ? kerana  konsumsi daging ini berhubungan dan terkait langsung dengan protein yang sangat penting untuk pertumbuhan dan kecerdasan (keturunan) kita, maka sudah seharusnya rakyat dan pemerintah negeri ini punya perhatian serius terhadap tingkat konsumsi daging tersebut jangan sampai rakyat ini bodoh.
 
Bisa saja data tersebut keliru, tidak akurat, misleading dlsb. tetapi punyakah kita data pembanding yang lebih akurat ?, bila tidak – maka sudah seharusnya kita berinstrospeksi diri rame-rame – agar kita tidak meninggalkan generasi yang lemah di belakang kita (QS 4 : 9)
Bahkan ada janji Allah bahwa bersamaan dengan diciptakannya diri kita, diturunkan pula delapan hewan yang berpasangan untuk kita !
“Dia menciptakan kamu dari diri yang satu kemudian Dia jadikan dari padanya istri dan Dia menurunkan untuk kamu delapan ekor hewan yang berpasangan dari binatang ternak…” (QS 39 :6).
Dalam ayat lain (QS 6 : 143-144), delapan ekor hewan yang berpasangan (4 pasang) tersebut adalah dua ekor ( sepasang) domba, sepasang kambing, sepasang unta dan sepasang sapi.
 
Dari ayat-ayat tersebut saya menangkap satu pesan yang sangat jelas bahwa sesungguhnya disediakan sumber-sumber daging yang sangat cukup untuk kehidupan kita di bumi ini. Disediakan olehNya dalam pasangan-pasangan untuk menjamin kelangsungan keturunannya, untuk sejalan dengan pertumbuhan kebutuhan manusia yang menjadi sangat banyak.
 
Jadi jumlah penduduk yang banyak tidak bisa kita jadikan alasan terus kita tidak bisa makan daging yang cukup. Lantas mengapa kita tidak atau belum mampu mengkonsumi daging yang cukup seperti negeri-negeri yang lain ?
 
Barangkali kita belum melaksanakan perintahNya untuk memakmurkan bumi ini ! (QS 11:61). Padahal semua resourcesnya ada di kita dan petunjuk cara-cara memakmurkan bumi ini juga begitu jelas dan detil.
 
Illustrasi berikut menggambarkan bahwa tiga komponen untuk memakmurkan bumi – bahkan dari kondisi ekstremnya (bumi yang matipun) – semua ada di kita. Biji-bijian, hujan dan ternak – semuanya ada. Bahkan dari empat pasang hewan ternak yang disebutkan di Al-Qur’an tersebut di atas tiga diantaranya yaitu domba, kambing dan sapi sudah sangat familiar di kita.Terpadunya petunjuk untuk menggunakan ketiga unsur tersebut dalam memakmurkan bumi dapat kita lihat di ayat berikut :
“Dia-lah, Yang telah menurunkan air hujan dari langit untuk kamu, sebagiannya menjadi minuman dan sebagiannya (menyuburkan) tumbuh tumbuhan, yang pada (tempat tumbuhnya) kamu menggembalakan ternakmu.” (Qs 16:10) 
Sangat bisa jadi kita tidak bisa makan daging secara cukup tersebut karena kita meninggalkan petunjuk yang sangat jelas dala al quran tersebut. Kita punya hujan banyak, tanaman hijauan-pun juga masih sangat banyak. Tetapi siapa di antara kita yang masih menggembala ternaknya ?  bukankan indonesia punya syarat syatat tersebut ?

Sosialisasi konsep menggembala ini harus kembali menjadi ‘pelajaran’ bagi generasi kini dan nanti, ini sunnah para nabi – mengapa kita tidak berusaha mengikutinya ? Empat pasang hewan ternak tersebut memang diturunkan Allah untuk kita,  mengapa kita nyaris tidak kebagian ?

mari berfikir dan mulailah jadi peternak. semoga tulisan ini brmanfaat :)

0 Response to "binatang ternak dalam al-quran bukan untuk indonesia ?"

Post a Comment

silakan berkomentar dengan sopan yah :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel