link expr:href='data:blog.url' hreflang='x-default' rel='alternate'/>

cerita Praktikum Ilmu Produksi Sapi Potong

ceritaku Praktikum Ilmu Produksi Sapi Potong


kuliahan Fakultas Peternakan sangatlah menyenangkan kalian akan merasakan sensasi menjadi mahasiswa peternakan sesungguhnya, wkwkwkwk,
kuliah dijurusan peternakan kalian di ajarkan untuk bekerja keras, Disiplin, Menejemen diri serata manajemen diri. Kita akan di ajarkan bagianmana cara bekerja di lapang sesungguhnya, tidak ada lagi kata manja-manjaan, malas,  tidak ada lagi kata saya takut darah dan saya takut kotoran ternak, tidak ada lagi kata jiji ataupun kotor.


contoh mahasiswa peternakan unwiku :)
contoh mahasiswa peternakan unwiku :)


Salah satu praktikum yang paling seru dan menantang adalah Praktikum Ilmu Produksi sapi Potong.
Salah satu praktikum  kita akan berkunjung dan tentu saja berinteraksi di Rumah potong Hewan, ataupun diPasar Hewan

Praktikum di Rumah Potong Hewan

Praktikum di Rumah Potong Hewan peternakan unwiku
Praktikum di Rumah Potong Hewan

Pada sesi ini kita akan belajar bagaimana manajemen sistem pemotongan hewan, Kalian harus siap-siap begadang semalaman untuk praktikum, jangan lupa bawa alat yang diperlukan yah.
Pada awalnya kita akan mendengarkan pengarahan dari pimpinan rumah potong hewan tentang rumah potong hewan dan manajemennya.

Setelah Pengarahan selesai team kita akan di bagi menjadi beberapa bagian, untuk bagian menggambar denah lokasi, Memfoto, mewancari jagal atau petugas rumah potong. Jangan santai-santai di sesi ini karena asisten bisa saja melihat kita dan menyai kita tentang pertanyan-pertanyaan yang mengarah ke materi.
Praktikum di Rumah Potong Hewan peternakan unwiku
Praktikum di Rumah Potong Hewan rph

Sistem Pemotongan di RPH untuk Ternak sapi akan di Potong dari jam 1 hingga jam 4 Pagi, para jagal harus membayar sebesar Retribusi untuk ternak yang akan potong.

pemerintah dalam hal ini Dinas terkait memfasilitasi tempat pemotongan dan pengolahan limbah fungsinya adalah untuk pencegahan penyakit Zoonisi dapat di cegah sejak dini jika terdekteksi pada salah satu ternak serta mencegah adanya pemotongan ternak betina produktif.

Praktikum di Pasar Hewan tradisional


Praktikum yang satu ini juga tidak kalah memberikan sensasi lain lagi, kita harus berangkat pagi-pagi (jangan lupa sarapan) terus kordinasi sama teman teman agar tidak sendirian dipasar, wkwkwk .
tujuan kiat kepasar hewan adakah untuk melihat bagian keadaan pasar sapi. praktikum ini adalah bagaimana kita mampu untuk membedakan jenis-jenis ternak potong, pendugaan umur ternak, pendugaan bobot ternak dan juga bagaiaman kita belajar berinteraksi dengan para Blantik.


ets apa sih itu belantik, mungkin kawan kawan agak asing. cara mudahnya yaitu calao atau juragan seperti diterminal bus.
Blantik ternak merupakan salah satu kebudayaan peternakan indonesia yang tidak bisa kita ppungkiri keberadaanya.
Praktikum di Pasar Hewan tradisional peternakan unwiku
Praktikum di Pasar Hewan tradisional

Keberadaanya memiliki nilai positif dan negatif, di sisi positif mereka membantu peternak dalam menjual dan mencari ternak dengan mudah, sisi negatif pasar hewan ibaratkan sudah di kuasai oleh para blantik sehingga para peternak harus pasrah bahwa harga ternak mereka yang menentukan mereka. Sehingga harga ternak di tingkat peternak tidak di pungkiri harganya sangat murah.

Praktikum di Pasar swalayan

Praktikum di Pasar swalayan peternakan unwiku
Praktikum di Pasar swalayan

praktikum disini cukup menantang kerana mencari daftar harga untuk bagian bagian daging sapi dan kerana tidak meminta ijin dari pihak swalayan akhirnya diusir deh :v

Yaps itulah pengalaman yang luar biasa yang dapat aku shere ke kalian semuanya, oh ada yang lupa nih setelah praktikum juga kita harus buat laporan wkwkw,
mengerjakan laporan
intinya kuliah dipeternakan sangatlah menyenangkan, wkwkwk inilah sepenggal kisahku sebagai mahasiswa eternakan unwiku, semoga kisahku ini dapat menginspirsi kawan kawan semuanya amin....

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "cerita Praktikum Ilmu Produksi Sapi Potong"

Post a Comment

silakan berkomentar dengan sopan yah :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel