link expr:href='data:blog.url' hreflang='x-default' rel='alternate'/>

Pemberian Pakan ternak domba yang Terbaik untu penggemukan

Hewan ternak yang mendapat cukup pakan setiap harinya akan cepat mengalami kenaikan bobot dan menjadi gemuk sehingga pada saat panen bobot hewan ternak menjadi seperti yang diharapkan. 
domba sedang makan

Perlu diketahui bahwa, pemberian pakan merupakan faktor yang penting yang berperan  untuk meningkatkan bobot hewan ternak.  Domba yang berasal dari jenis unggul belum tentu akan memberikan kenaikan bobot yang maksimal apabila jenis pakan dan cara pemberian pakan salah. Hal yang pertama yang harus diperhatikan adalah jenis pakan yang digunakan terdapat tiga macam jenis pakan untuk domba yaitu,
  • Pakan Hijauan
Jumlah pakan hijauan yang diberikan sebaiknya sekitar 10% dari berat badan domba atau sekitar 4,5—5 kg/ekor/hari. Pakan hijauan diberikan sedikit demi sedikit sebanyak 2 sampai 3 kali sehari. Hal ini bertujuannya adalah agar zat yang terkandung dalam hijauan dapat terserap oleh tubuh domba sekaligus memberi kesempatan pada domba untuk beristirahat dan memamah biak.
  • Pakan Kering
Pakan Kering cenderung mudah didapat dan berasal dari bahan sisa seperti ampas tahu, ampas singkong, ampas kedelai, kulit kacang hijau, beketul, dan konsentrat. Pakan ini diberikan untuk menambah nutrisi bagi domba dan juga sebagai pelengkap pakan hijauan.
  • Air dan Garam
Pemberian air sebaiknya selalu tersedia terus selama 24 jam karena domba membutuhkan air yang banyak. Selain itu pemberian garam juga dibutuhkan sebagai sumber mineral bagi domba. Garam sebaiknya diberikan sebanyak 7 g/ekor/hari jika tidak bisa dengan menyediakan garam bata pada setiap ruang kandang yang ditaruh pada kotak kecil sehingga kandungan NaCl dapat terpenuhi dengan menjilati garam bata. 

Hal yang diperhatikan selanjutnya adalah mengenai pola pemberian pakan. Pola ini diperlukan untuk menggabungkan antara pemberi pakan hijauan dan pakan tambahan. Pola makan 2 kali sehari yaitu dengan pemberian pakan tambahan pada pagi dan siang hari kemudian sore harinya pemberian pakan hijauan sebagai serat. Pola makan 3 kali sehari dilakukan pada jam 8-9 pagi untuk pakan tambahan, jam 3 sore pemberian pakan hijauan, dan pada jam 8 malam kembali diberi pakan hijauan. Pola yang terakhir adalah pola peberian pakan 4 kali sehari dengan pola pada saat pagi pemberian pakan tambahan, siang pemberian pakan hijauan, jam 4 diberi makan tambahan, dan pada malam hari diberi pakan hijauan lagi. Semakin banyak pola pemberian pakan porsi makan yang diberikan juga semakin sedikit tujuannya untuk memberi waktu bagi domba memamah biak.  Setelah itu hal terakhir yang perlu diperhatikan adalah metode pemberian pakan jika metode yang digunakan salah maka pemberian pakan akan menjadi tidak maksimal.
  1. Pemberian pakan kering seperti konsentrat dan bekatul sebaiknya diberikan secara terpisah.
  2. Pemberian pakan hijauan dalam keadaan sudah tercacah menjadi kecil-kecil sebelum diberikan kepada domba tujuannya untuk mempercepat proses pencernaan pada perut domba.
  3. Pakan komboran atau pakan basah dicampur dengan pakan kering dan diberi air akan pakannya menjadi basah.
  4. Pakan hijauan dan pakan kering dapat dicampur secara bersama-sama sebelum diberikan kepada domba.
Demikian cara pemberian pakan terbaik untuk penggemukan domba. Intinya adalah dengan pemberian secara rutin dan dengan pola yang teratur setiap hari maka domba akan mengalami kenaikan bobot sesuai dengan yang diharapkan. 

sumber http://angon.id/cara-pemberian-pakan-terbaik-dalam-menggemukkan-domba/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pemberian Pakan ternak domba yang Terbaik untu penggemukan"

Post a Comment

silakan berkomentar dengan sopan yah :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel