link expr:href='data:blog.url' hreflang='x-default' rel='alternate'/>

mending jadi youtuber atau blogger ?

mencari uang dari internet akhir akhir ini menjadi tren. salah satu cara yang paling populer adalah dengan youtube dan blogger. dari kedua cara tersebut manakah yang paling mudah menghasilkan uang ? saya akan bahas berdasarkan pengalaman saya pribadi.

1.youtuber

ilustrasi youtuber
youtuber


 syarat sebuah chanel youtube

jujur dari pengalaman saya syarat sebuah chanel youtube agar dapat di Monetisasi(menghailkan uang) semakin berat saja. bagaimana tidak, sebelum 28 febuari 2018 cuma butuh 10rb view/penayangan, tetpi sekarang ditambah dengan 1rb subscriber dan 4000 jam tonton dalam satu tahun. tentu aturan ini dibuat oleh pihak youtube tentu bukan tanpa maksud. google sebagai perusahaan induk bermaksud untuk mencegah YouTube di isi oleh konten-konten "sampah".
syarat youtuber
syarat youtuber


Dengan aturan tersebut yang paling susah menurut saya adalah mencari subcribe. sehingga banyak yang saya temui di grup grup khusus youtberr untuk saling subcribe atau istilahnya Subs4sub seperti pada gambar berikut.
mencari subs youtube instan
mencari subcribe instan

tentu dengan cara tersebut dibutuhkan ketelatenan dan juga kesabaran untuk mencapai 1000 sub.  selain itu cara ini sebenarnya melanggar kebijakan youtube. selain cara saling sub juga ada cara instan sub yaitu membeli subcribe. tntu cara ini tidak saya sarankan kerna menggunakan boot. berikut adalah cuplikan gambarnya.

setelah memperoleh sub pun, kadang kadang ada"bocah" yang melakukan unsub, ya ini sebenarnya sangat membuat kita sebagai seorang youtuber kesal.

jenis akunn adsense


bila kita menggunakan youtube maka akun yang akan kita dapatkan adalah akun adsense hosted. Kekurangan dari akun ini yaitu  tidak bisa dipasang di platform lainnya. berikut adalah tabel perbandingannnya 

tabel perbedaan akun google asdense
tabel perbedaan akun asdense

kemudahan  youtube


tentu dari sekian rumit dunia youtuber tentu ada kemudahan yaitu YouTube jauh lebih  mudah ditemukan mesin pencari atau istilahnnya SEO mudah keranakita hanya perlu memasukkan kategori, tag, deskripsi, judul video, dan thumbnail dengan keyword yang tepat, sisanya kita hanya perlu promosikan video dengan sosial media marketing dan lain-lain. thumbnai yang menarik juga akan membuat vidio kita diklik dan ditonton.

 views di YouTube jauh lebih mudah ketimbang mendapatkan views di blog, karena YouTube sudah memiliki base audience yang sangat besar, penonton sudah bertebaran, terlebih jika salah satu video kita masuk trending, halaman homepage/featured video, suggested videos, search keyword, maka video kita bisa tiba-tiba viral mendapat puluhan-ratusan ribu views bahkan sampai jutaan,

kekurangan youtube

  • bagi hasil atau Revenue share AdSense YouTube jauh lebih kecil ketimbang AdSense di blog yaitu hanya 55/45, 55% untuk kita dan 45% untuk YouTube
  • iklan tidak selalu muncul dari setiap vidio. Dengan jumlah views yang sama (1.000 views video vs 1.000 views artikel blog) penghasilan di YouTube masih jauh lebih kecil, karena walau CPM nya sama/lebih tinggi, tidak semua views di YouTube termonetize atau ada iklannya, mungkin hanya setengah audience kita yang melihat iklan, berbeda dengan blog yang pasti 100% iklannya muncul. 
  • Membuat konten video tentu jauh lebih sulit daripada konten berupa artikel, ada proses syuting/pembuatan video, editing, sampai proses upload dan pasang thumbnail, itu semua memerlukan usaha yang lebih keras dan jauh lebih lama ketimbang menulis artikel, belum lagi kalau diperlukan biaya untuk keperluan sketsa atau peralatan-peralatan pendukung lain, jadi sebenarnya biaya nge-youtube jauh lebih tinggi daripada ngeblog, bahkan banyak konten kreator di YouTube yang ga balik modal (penghasilan AdSense < biaya produksi), kecuali kalau konten yang kita buat hanya berupa daily vlog, video gaming, challenge, Q&A, dan reaction video. 

pelanggaran hak cipta

pelanggaran hak cipta youtube
pelanggaran hak cipta

nah ini momok paling menakutkan, kerana  vidio di chanel bisa tidak menghasilkan uang dan yang paling parah dibanned dari youtube. hak cipa adalah ketika seseorang membuat karya asli yang ditetapkan dalam media fisik, ia otomatis memiliki hak cipta atas karya tersebut. Sebagai pemilik hak cipta, ia memiliki hak eksklusif untuk menggunakan karya tersebut. Biasanya, hanya pemilik hak cipta yang dapat menentukan apakah orang lain diizinkan untuk menggunakan karya tersebut atau tidak.
 dalam dunia youtube yang memiliki hak cipta adalah sebagai berikut
  • Karya audio visual, misalnya acara TV, film, dan video online
  • Rekaman suara dan komposisi musik
  • Karya tulis, misalnya bahan kuliah, artikel, buku, dan komposisi musik
  • Karya visual, misalnya lukisan, poster, dan iklan
  • Video game dan software komputer
  • Karya dramatis, misalnya drama dan musikal

konten reupload

konten youtube reupload vs original
konten reupload vs original

banyak youtuber pemula yang ingin cepat mendapatkan uang, sehingga membuatnya gelap mata. salah satu yang paling sering adalah mereupload karya orang lain.  sebenarnya hal itu tidak salah, tetapi kita harus meminta izin dulu kepada yang mempunyai konten tersebut. masalahnya youtuber pemula sering tidak mminta izin kepada yang mempunyai vidio, mereka pun menghalalkan berbagai cara agar konten tersebut terlihat "berbeda dengan aslinya" salah satunya dengan mengedit vidio tersebut.

oleh kerana itulah kita dalam menjadi youtuber harus membuat konten original. karya original.

2.blogger

ilustrasi blogger
blogger

 sekilas tentang blogger


Blog adalah jenis situsnya, blogger adalah orang yang menulis di situs tersebut dan
blogger.com adalah salah satu layanan penyedia untuk pembuatan situs blog.  Layanan blog yang paling umum dan populer digunakan saat ini adalah Blogger.com dan CMS Wordpress dan juga Worpdress.com. tentu masing masing memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing. bagi pemula saya sarankan menggunakan blogger kerana mudah dan tanpa modal banyak. sedangkan bagi yang sudah profesional maka  lberalih ke Wordpress self host dengan menggunakaan CMS dari Worpdress dan install di hosting milik sendiri. saya saat ini masih menggunakan blogger sebagai platfom ngeblok kerana saya masih newbie :V

syarat adsense di blooger

dari pengalaman saya pribadi mendaftar adsense susah susah gampang, sebsnarnya secara umum mendaftar google adsense harus memenuhi syarat berikut
  • Anda harus memiliki blog atau website.
  • Anda harus berusia di atas 18 tahun, atau jika usia Anda masih dibawah 18 tahun maka Anda bisa menggunakan data saudara atau orang tua Anda.
  • Anda harus memiliki email Google atau Gmail

 yang paling menjengkelkan adalah saatkita menunggu email dari google adsense dan yang didapat adalah email penolakan dari google
gambar email penolakan adsense
email penolakan adsense



Kelebihan AdSense blog / blogger:


    Pertama jelas revenue share yang lebih tinggi 68/32, 68% untuk kita dan 32% untuk Google, karena kita menggunakan platform sendiri (website sendiri) tentu Google akan mengambil porsi yang lebih sedikit.
    Proses pembuatan konten yang jauh lebih mudah ketimbang video, kalau saya mau saya bisa membuat artikel cuma dalam waktu 2 jam (walau kemungkinan besar kualitasnya rendah).
    Biaya yang lebih murah, mungkin kamu merasa youtuber jauh lebih hemat biaya ketimbang blogger karena ga perlu sewa domain & hosting, memang youtuber yang uploadnya sekedar video game dan vlogging biasanya budgetnya lebih murah, namun coba dipikir-pikir lagi selain domain/hosting apalagi biaya yang harus dikeluarkan seorang blogger? Hampir tidak ada sama sekali, paling-paling hanya biaya update hosting di tahun-tahun berikutnya.

Kekurangan AdSense blog / blogger:


    Proses approve AdSense sangat sulit (10x lebih sulit ketimbang YouTube) dan semakin tahun akan semakin sulit, faktanya Google hanya menerima <10% jumlah publisher yang mendaftar, saya sendiri perlu waktu sampai setahun lebih dan ditolak sampai 3x baru akhirnya bisa mendapat approval dan diterima sebagai salah satu publisher Google AdSense.
diterima google adsense
diterima adsense

   

kendala dalam blogger


trafik sulit

Marketing dan SEO yang jauh lebih ribet, kita perlu optimasi halaman website, bangun audience dari nol, memarketingkan website baru yang sama sekali tidak ada pengunjungnya, tentu effort yang diperlukan jauh lebih sulit dan biasanya SEO baru memberikan hasil yang signifikan setelah 6 bulan. Kita juga harus rajin-rajin promosi via sosial media, forum, blogwalking, dll untuk bisa mendapatkan trafik diawal.

malas nulis

ini nih penyakit seorang blogger adalah malas menulis. sebagai seorang blogger kita dituntut untuk menulis artikelyang berguna untukm menambah wawasan pembaca. masalah sering terjadi pada seorang blogger adalah saat kehabisan inspirasi hal apa yang akan ditulis. jalan pintasnya adalah terpaksa membeli artikel dari seorang penulis artikel.

terkena bot jingling

jingling
jingling



ada banyak  software boot trafik pengunjing. salah satu yang terkenal adalah Jingling. jingling  adalah salah satu software auto visitor yang berasal dari China.  software auto visitor yang memungkinkan website mendapatkan banyak trafik secara instan . Jika website  banyak pengunjungnya, secara logika traffic website. tetapi ingat walaupun website  banyak pengunjungnya, tetapi  Tidak ada komentar, tidak ada reaksi, Apakah ini sangat menguntungkan bagi website? tettu tidak Website Akan Dihapus Oleh Google dan dianggap sampah oleh google. perlu diingat 60 persen dari semua traffic website adalah boot.

 refrensi http://internetmarketing.co.id/perbedaan-akun-adsense-hosted-dan-non-hosted/
https://solusik.com/penghasilan-adsense-youtuber-blogger/


Berlangganan update artikel terbaru via email:

5 Responses to "mending jadi youtuber atau blogger ?"

  1. bermanfaat ini artikel, lanjutkan

    ReplyDelete
  2. Kalo saya pribadi keduanya juga saya lakukan, namun untuk Youtube Channel Youtube.com/Firmanzy (punya saya) belum layak monetasi hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul, tp youtube makin lama makin sulit

      Delete
  3. Mending 22nya kalau bisa, sekarang sih saya lagi fokus di blog, nanti InsyaAllah pengen jadi yutuber juga :D

    ReplyDelete

silakan berkomentar dengan sopan yah :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel