link expr:href='data:blog.url' hreflang='x-default' rel='alternate'/>

kisah Andi Nata Sumari peternak domba yang sukses

halo kawan kali ini saya akan membagikan kisah pemuda bernama Andi Nata Sumari  atau yang biasa  dikenal dengan nama Andi Domba.yang sukses berbisnis  ternak domba,  yang saya rangkum dari berbagai sumber.
foto andi nata sumari peternak muda yang sukses
foto andi nata sumari peternak yang sukses

Andi Nata Sumari adalah seorang  pemuda kelahiran Cirebon, 7 Januari 1989. kisah suksesnya tentu tidak datang begitu saja. latar belakangnya adalah musibah yang dialami keluarga  memulai berbisnis demi meringankan beban ekonomi keluarganya tesebut.  Pada 2007, ayahnya mengalami kecelakaan kerja sehingga harus dioperasi. Keluarga pun harus menyediakan dana besar untuk biaya pengobatan ayah. Ketika itu ia baru menginjak tahun pertama perkuliahan. "Ketika itu saya pun berpikir bagaimana mencari beasiswa dan berbisnis,"

Bisnis ternak domba pun dipilih. Ia beralasan, bisnis tersebut sepi pesaing, tak mudah ditiru, dan banyak mengandalkan kearifan lokal jika ingin berhasil. Sembari mempelajari teknis berbisnis di bidang ternak, ia mulai mengumpulkan modal.Bisnis ternak hanya dengan modal Rp 1 juta. Modal itu digunakan untuk membeli domba dan kebutuhan lain untuk pemasaran.

Dengan modal hasil pinjaman tersebut, ia memulai usaha dengan memasarkan ternak domba peternak di Jawa Barat, Melalui kerjasama  dengan sejumlah rekan, ia bisa mengembangkan modal pinjaman menjadi Rp 10 juta

strategi yang perlu kita tiru nih ,  menawarkan domba kepada orang tua teman-teman di kampus pada saat momentum Idul Adha sehingga tawarannya pun direspons banyak calon pembeli.

foto andi nata sumari peternak yang sukses
andi nata sumari peternak yang sukses
Tidak memiliki latar belakang pendidikan dibidang pertanian/ peternakan, membuat harus belajar terus belajar dari peternak-peternak sukses dan komunitas peternakan. Andi kemudian memulai usaha peternakan dombanya dengan membeli 4 ekor domba betina dan 1 ekor jantan. Untuk ikut memberdayakan masyarakat dan peternak lokal, ia menerapkan pola bisnis dimana domba-nya dirawat oleh peternak lokal di sekitar rumahnya.

Kalau dapat menjual lima ekor saja, kita bisa dapat untung Rp 7 juta," katanya.

Keuntungan tersebut lantas diputar kembali untuk modal beternak domba. Pada prinsipnya, semua uang yang ia dapat di masa perintisan usaha harus diputar guna mendukung pengembangan usaha selanjutnya.

Modal itu ia gunakan untuk membayar 50 persen dari harga domba peternak yang akan dijual. Setelah domba tersebut berhasil terjual, ia melunasi pembayaran kepada peternak. Ia memperoleh keuntungan sebagai perantara penjualan.

prestas yang pernah diraihnya adalah  menyelesaikan tur 18 kota pada Desember 2015 bersama Kementerian Koperasi dan UKM. Di awal Januari 2016 ia juga menjadi pembicara seputar entrepreneur di Amerika Serikat. pemenang Wirausaha Muda dalam program UI Young & Smart Entrepreneur Program 2009, Penerima penghargaan Wirausaha Sukses Bidang Usaha Peternakan Domba Garut dari kementrian koperasi dan UKM 2012, menerima Global Student Entrepreneur Award in Malaysia dan Washington DC 2013. dan masih banyak lagi

selainitu juga kawan, iya kini juga mengurus bisnis penggemukan yang merambah ke usaha penggemukan sapi yang dikhususkan pada musim qurban.

jika ingin menghubungi beliau bisa  melalui
Alamat website :
- www.andinata.com
-www.raja-aqiqah.com

Facebook: salamproduktif@yahoo.com
Twitter: @andinatasumari @raja_aqiqah
- Nomor kontak: 0812-8412-6458 wa: 0877-8173-0388
- PIN BBM: 53F1B5D9

kata kata motifasi dari mas Andi untuk kita sebagai generasi muda  "saya ingin kampanye, mengajak, yuk menggembala sapi, yuk beternak". Cita-citanya ingin membebaskan ketergantungan Indonesia atas daging impor".

"Bisnis ada naik turun tetapi saya jalani saja tanpa mengeluh dan tetap positive thinking. Yang penting rezeki itu berkah, jadi terasa nikmatnya,”

sekian kawan semoga info ini bermanfaat bagi kita semua, dan semakin memotifasi kita untuk menjadi pengusaha dibidang peternakan.

samal cinta dari ujung kandang. 
hidup peternakan indonesia !!!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

2 Responses to "kisah Andi Nata Sumari peternak domba yang sukses"

silakan berkomentar dengan sopan yah :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel