link expr:href='data:blog.url' hreflang='x-default' rel='alternate'/>

industri peternakan memasuki era 4.0

Dunia teknologi dalam bidang industri sekarang semakin pesat saja dalam berkembang.  mari simak vidio ini kawan.


Tren  perkembangan ini biasa disebut dengan tren industri 4.0 . Industri 4.0 adalah nama tren otomasi dan pertukaran data terkini dalam teknologi pabrik. Istilah ini mencakup sistem siber-fisik, internet untuk segala, komputasi awan, dan komputasi kognitif. Industri 4.0 menghasilkan "pabrik cerdas".

gambaran perkembangan dunia industri peternakan
gambaran perkembangan dunia industri
dari 4 gambar tersebut, sebetulnya saya sedang mencoba menjelaskan bahwa industri sebelum 4.0 itu , tentu ada 3.0, 2.0, dan 1.0.

 tren teknologi ini juga sudah mulai merambah kebidang peternakan, industri 4.0 saya pribadi menjulukinya "The Number of Change".  atau agen perubahan. 
salah salah satu bidang peternakan yang mulai menerapkan teknologi ini adalah 
RPA (Rumah potong ayam) moderen,
industri 4.0 dalam bidang unggas
industri 4.0 dalam bidang unggas
 cara kerja mesin digerakan oleh listrik, jaman sekarang sih untuk menyembelih "Bismillah" nya pas klik.  tapi tidak berarti manusia tidak membantu.saat parting daging, tetap dilakukan manual menggunakan pisau. 


Selain bidang unggas yang sudah mulai menerapkan bidang ternak ruminansia juga sudah mulai menerapkan, salah satunya dalam proses pemerahan ternak sapi, menggunakan (Milking Machine)

industri 4.0 dalam bidang ruminansia sapi
industri 4.0 dalam bidang ruminansia


Sistem Parlour atau bangsal adalah sistem pemerahan dimana sapi yang akan diperah dikumpulkan di tempat yang sudah dipersiapkan (bangsal pemerahan) untuk diperah. Sapi yang akan diperah digiring ke bangsal pemerah melalui suatu ternpat (holding area). Selanjutnya sapi yang sudah siap diperah masuk ke bangsal pemerahan satu persatu dan diposisikan agar alat perah bisa menjangkau puting. Mesin perah dipasangkan pada masing-masing puting lalu mesin dijalankan. Susu hasil perahan langsung dialirkan menuju cooling unit sesudah melalui tabung pegukur produksi yang terdapat pada setiap mesin.

Cara kerja pemerahan menggunakan mesin perah hampir sama dengan pemerahan manual, bedanya hanya ada pada tenaga pemerahnya. Adapun kelebihan dan kekurangan pemerahan menggunakan mesin yaitu sebagai berikut:
Kelebihan  sistim ini adalah
–          Hasil pemerahan lebih optimal karena susu tidak tercecer.
–          Waktu untuk pemerahan lebih efisien/cepat.
–          Pemerah tidak terlalu berat dalam melaksanakan pemerahan.
–          Susu lebih bersih dan dampak tercemarnya mikroba lebih kecil.
untuk lebih jelasnya simak vidio berikut ini 

sistim ini juga bisa terhubung dengan komputer dan jaringan internet.
di sistim komputer juga ada recording, database, (sapi ini anak siapa, biasa ngeluarin berapa liter laktasi keberapa, dll ) spengatur blower, heater, suhu, dll pada close house poultry

dalam bidang pertanian juga tidak mau kalah ini adalah sistim Water wheel di porosnya ada wifi (semacam wifi). dikendalikan  smartphone maupun komputer.


Sebenarnya sudah banyak aplikasi industri 4.0 ibidang peternakan, ilustrasi ditas hanyalah gambaran saja. Nah kaan dari semua gambaran kemajuan teknologi diatas semuanya terhubung dengan integrasi koneksi internet atau biasa disebut Internet of Things (IoT). Internet of Things (IoT) adalah sebuah konsep dimana suatu objek yang memiliki kemampuan untuk mentransfer data melalui jaringan tanpa memerlukan interaksi manusia ke manusia atau manusia ke komputer. IoT telah berkembang dari konvergensi teknologi nirkabel, micro-electromechanical systems (MEMS), dan Internet.

 “A Things” pada Internet of Things dapat didefinisikan sebagai subjek misalkan orang dengan monitor implant jantung, hewan peternakan dengan transponder biochip, dan sebuah mobil yang telah dilengkapi built-in sensor untuk memperingatkan pengemudi ketika tekanan ban rendah. Semua industri 4.0 berdasarkan pada database juga, jadi mesin betul bekerja secara fully automatic dikendalikan 1 inti, sisanya kerja berdasarkan intermitten yg diatur oleh inti sama kayak inti sel, inti sel memberi perintah, mitokondria, ribosom, lisosom, dkk. ngeiyain. Inti sel tidak  harus pindah lokasi  tetap berdiri di tengah.


untu itu kawan bersiaplah menghadapi INDUSTRI 4.0 .  INDUSTRI 4.0 akan terjadi karena industri yg ada sekarang aja udah superior. ditambah adanya perkembangan teknologi komputerisasai dan internet yang sangat cepat. sekin kawan semoga informasi yang saya bagikan bermanfaat, sekian dan terimakasih semoga bermanfaat :)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

3 Responses to "industri peternakan memasuki era 4.0"

  1. Wah gimana jadinya yak indonesia mendatang. Moga makin menguntungkan dan bisa diambil pundi pundi dadi sektor pertaninnnya

    ReplyDelete

silakan berkomentar dengan sopan yah :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel