link expr:href='data:blog.url' hreflang='x-default' rel='alternate'/>

Bukti Sayap burung evolusi dari kaki depan.

anatomi evolusi sayap unggas
anatomi evolusi sayap unggas

Gambar diatas adalah gambar anatomi tulang sayap seekor ayam. sumber http://heritance.me/anatomy-of-chicken-wing-bones/anatomy-of-chicken-wing-bones-lab-mrs-raileanu-s-science
Tampak ada tulang ulna, radius dan tulang-tulang lain yang homolog dengan tulang bernama sama pada vertebrata termasuk manusia.

 Tapi apa buktinya bahwa sayap berkembang dari kaki depan? Jika memang sayap unggas awalnya adalah kaki depan atau semacam lengan, maka tentulah ada bentuk antara di mana sayap sudah terbentuk tetapi fungsi sebagai kaki depan atau lengan masih tampak. berikut adalah salah satu bukti yang masih tersisa sampai sekarang.

anatomi evolusi sayap unggas pada burung hoatzin
burung Hoatzin
Evolusi sayap burung bisa kita lihat jejaknya  pada burung Hoatzin.  burung Hoatzi biasa ditemukan di wilayah utara hutan Amazon. Ketika burung ini baru lahir sampai berusia beberapa hari, masih terdapat bagian sayap yang menyerupai cakar. Bagian sayap ini berguna sebagai lengan depan yang membantu anak burung Hoatzin memanjat pohon sebelum dapat terbang. Setelah mampu terbang, bagian ini akan mengecil dan tidak dipakai lagi.

berikut adalah vidio singkatnya bagaimana sayap burung sebelum dapat terbang


sekian postingan kali ini semoga bermanfaatbagi kita semuanya :)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Bukti Sayap burung evolusi dari kaki depan."

Post a Comment

silakan berkomentar dengan sopan yah :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel